Social Icons

27 Nov 2015

Senam Yoga sebagai Cara Alami Menguruskan Badan

Tahukah Anda senam yoga? Pada awal kemunculannya, ia memang sempat menjadi begitu kontroversial di Indonesia dikarenakan ia dianggap mempunyai afiliasi oleh ajaran agama yang tertentu sehingga ia tidak boleh dilakukan oleh penganut agama yang lain. Yoga awal mulanya berasal dari vedic indian yang dikembangkan di abad ke 6 serta 7 sebelum masehi, guru yoga ini pun mengenalkan yoga ke dalam dunia barat setelah itu ia menjadi populer di sana. Namun, ada yang unik dari yoga ini, ternyata yoga bisa menjadi cara alami untuk menguruskan badan.

Ada banyak sekali arti kata yoga di dalam Sansekerta, yoga bisa berarti persatuan, hubungan, metode, pertunjukan, aplikasi, serta lainnya. Makna dari yoga ini kemudian bisa diartikan sebagai salah satu gerakan olahraga yang sering sekali digunakan untuk terapi. Yoga yang disebutkan bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang akan tetapi tidak bisa menyembuhkan kesehatan. Yoga menjadi terapi alternatif yang digunakan di Amerika di tahun 2007.


Gerakan dari yoga ini begitu beragam serta ada berbagai macam gerakan badan yang bagus sebagai tips alami menguruskan badan. Penelitian menyebutkan jika yoga bisa menurunkan hormon stress serta meningkatkan sensitivitas insulin, ia adalah sinyal untuk tubuh membakar makanan sebagai bahan bakar dibandingkan menyimpannya di dalam wujud lemak.

Berikut berbagai macam gerakan yoga sebagai cara alami menguruskan badan, antara lain:

      Crescent. Cara ini dengan melakukan gerakan berdiri serta kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Kaki kiri yang Anda tekuk, bisa digunakan untuk tumpuan, untuk kaki kanan segera Anda tarik ke belakang. Selanjutnya kedua tangan diangkat sambil menarik nafas panjang, tahan nafas serta keluarkan, lakukan gerakan ini secara bergantian antara kaki kiri ke belakang,
   Hover. Gerakan untuk hover dimulai dengan posisi push up yakni tengkurap lurus dengan ujung kaki serta tangan diangkat dengan sejajar. Tubuh bertumpu kepada telapak tangan serta ujung kaki. Ketika mengeluarkan nafas, Anda bisa menurunkan dada serta tangan mendekat ke tubuh.

Manfaat Penting Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga yoga memang menjadi trend hampir 10 tahun belakangan. Olahraga yang berasal dari India ini memang terkenal akan gerakan-gerakannya yang bagi sebagian orang terbilang aneh. Namun pasti Anda belum tahu jika yoga juga menjadi cara alami menguruskan badan. Bagaimana bisa? Yoga pada dasarnya memang tidak membuat energi tubuh terkuras habis. Namun yoga pada dasarnya adalah sebuah olahraga yang memadukan antara pikiran, energi dan tubuh.

Untuk lebih jelasnya, para pakar kesehatan dan olahraga mengatakan, beberapa manfaat yoga yang bisa didapat para yogis atau Anda yang melakukan yoga secara rutin antara lain yaitu:

1.       Dapat melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh,
2.       Dapat meluruhkan lemak dan kandungan gula yang tinggi dalam darah,
3.       Menurunkan jumlah lemak jahat dan kolesterol dalam darah,
4.       Meningkatkan hormon endorphin sehingga bisa menekan terjadinya stress,
5.     Dengan lancarnya tekanan darah, turunnya kolesterol maka potensi serangan sakit jantung juga bisa menurun,
6.  Dengan yoga secara teratur dan rutin, maka meningkatkan kekuatan saraf pusat sehingga konsentrasi dan emosi lebih baik. Hal ini dikarenakan sirkulasi darah ke otak juga lebih lancar.

Namun seperti halnya jenis olahraga yang lainnya, yoga akan memberikan manfaat maksimal termasuk sebagai tips alami menguruskan badan jika dilakukan dengan kondisi tertentu, seperti misalnya:

     Secara teratur minimal seminggu 3 kali.
     Mengatur pola hidup, termasuk makan makanan sehat, membatasi jumlah protein hewani yang masuk ke dalam tubuh, tidur teratur, menghindari alkohol dan juga mengurangi rokok.
 Tidak memaksakan diri, semuanya harus dilakukan sesuai dengan tingkat keahlian yang dimiliki, karena jika salah gerakan bisa membuat cedera.

Bagi Anda yang masih belum percaya akan manfaat yoga. Maka sebenarnya yoga bisa menjadi sarana detoksifikasi atau penghilang racun melalui beberapa gerakan tertentunya. Seperti posisi twisting atau menyilangkan bagian tubuh ke atas dan ke bawah, ke kiri dan ke kanan. Dengan posisi ini, maka usus juga akan bereaksi untuk membersihkan tubuh. Akhirnya yoga bisa menjadi cara alami menguruskan badan karena kerja saluran pencernaan semakin baik dan metabolisme tubuh juga semakin meningkat.

16 comments:

  1. Kemarin sempat mau rutin Yoga. Udah download jg bbrp videonya di youtube. Tapi kemudian lupa lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha aq juga gitu mbak kalo niat senam di rumah

      Delete
  2. Mbakes udah nyoba? Aku dong pernah donlot video. Ditonton sih. Tp ga dipraktekkan :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah mbak desty, baru 2x sih, ayuk atuh dipraktekan :)

      Delete
  3. Mana mbaa poto2ne? Pengen liat hihii

    ReplyDelete
  4. ahahaha...aku pengen kurus setelah melahirkan nanti....bisa dicoba nih :)

    ReplyDelete
  5. Yoga memang banyak manfaatnya untuk raga maupun jiwa.Semoga tak hanya rajin di bulan pertama sj.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  6. senam yoga selain untuk mengruskan badan juga sangat bagus untuk kesehatan

    ReplyDelete
  7. Selain yoga ayuk lari. Biar seluruh aku hehe

    ReplyDelete
  8. Sebetulnya nggak butuh menguruskan badan, tapi butuh sehat. Sempat mikir mungkin olahraga bisa jadi alternatif buat yang malas kayak aku, tapi perlu instruktur nggak sih, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo yoga perlu instruktur afifah, takutnya salah ketarik ototnya :)

      Delete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^