Social Icons

27 Oct 2012

Kopdar Semarangan: Brengose Asli Lo


Mungkin saya yang paling akhir membuat postingan Kopdar Gambang Semarang inih. Tetapi sebagai pemegang prinsip ‘better late than never’, saya tetep posting dunk hehehe

Begitu tahu Pakdhe Cholik bakalan road show Yogya dan Semarang, saya merasa gimana gitu, membayangkan bakalan ketemu dengan Komandan Blogcamp. Jauh-jauh hari udah cerita sama Mas Budhi, berharap Mas bisa ikut kopdar. Mas Budhi, suamiku itu, termasuk blogger yang saat ini tidak aktif. Dia buat blog aja, karena saya iming-imingi terus. Sebenarnya Mas udah merasakan sensasinya menulis, tapi gak tau tuh bawaannya merasa tulisannya gak begitu bagus, Mas lebih Pede kalo cuap-cuap di depan orang banyak (kebalikan dengan saya). Sapa tahu dengan ketemu Pakdhe, Mas bisa semangat nulis lagi. Karena pertanyaan mendasarnya adalah purnawirawan kok malah memilih ngeblog ya??? Apa yang menarik dari blog bagi Pakdhe?

Setelah beredar foto-foto kopdar di Jogja, baru deh ngerasa kalo Pakdhe beneran bakalan ke Semarang. Horeee...

Sabtu siang, pulang kantor, saya mendapat sms dari Pakdhe mengenai kepastian tempat dan waktu kopdar. Saya pun meneruskan sms Pakdhe ke beberapa teman blogger di Semarang dan sekitarnya yang sudah sempet saya mintai nomer handphone-nya. Walau pun saya tahu beberapa pasti udah dapat sms serupa, tapi daripada ada yang kelewatan kan kasian.

Saya sempetin tidur siang dulu karena merasa agak pusing dan sudah pasang alarm biar gak kebablasen, malu donk kalo telat, secara dari postingan Pakde, tipikal orangnya walau suka guyon dan nggasaki tapi disiplinnya gak bisa dibuat main-main.

Begitu bangun tidur, kepala malah tambah kliyengan. Aduh, gimana nih masak gak ikutan kopdar. Gak mungkin-lah. Kudu harus kopdar. Setelah bersiap-siap, sambil nunggu magrib, nelpon Mas Budhi, ternyata Mas gak bisa datang kopdar karena masih ada urusan di luar kota. Kemudian Mami telpon. Setelah Mami tahu kalau saya berangkat sendiri, langsung deh ultimatum ‘harus’ mau dianter sama Mami Papi. Alamak, mosok dianter, tapi demi mengingat si kliyengan dan akibat ‘ultimatum’ bila dilanggar, saya iya-in aja.

Selama perjalanan ke rumah makan yang dituju, saya menerangkan tentang kopdar itu, walah Mami Papi pengen ikutan je. Dengan cara halus, saya berusaha agar mereka tidak ikut. Ntar malah bukan kopdar blogger, tapi kopdar pensiunan haha. Lain kali aja ya Mi Pi.

Saya sampai di TKP pas jam 18.30 sesuai undangan. Hati tambah dag dig dug nih *lebay. Ternyata Pakde sudah datang, duduk manis berhadapan dengan seorang pria. Saya pun berkenalan dulu. Ternyata Mas Wijaya. Setelah bersalaman dan menempati bangku di sebelah Pakde, ternyata Pakde belum ngeh kalau itu akyu T.T Katanya manglingi *lo kok malah kayak manten hihihi.

Owh..ternyata saya pas di bawah AC, bisa tambah bahaya nih si kliyengan. Langsung pamit pindah ke sisi yang lain. Masih tetep di sebelah Pakdhe, tapi ada bangku isi oleh-oleh yang ‘memisahkan’ kita. Ooooh....

Satu persatu teman-teman yang lain datang. Mulai ngobrol, ngalor-ngidul, ngetan-ngulon, gak ada juntrungnya tapi asik dan full guyon. Ada Mbak Susi dan Mas Indra, Noorma dan Mas abimanyu berikut Noofa, Mas Nandang alias blogger java, yang single ada Mas Whiz, Mas Ichink dan Chela (semoga gak ada persaingan di antara mereka hahaha). Mbak Rahmi dan suami, serta Thifa datang terakhir, karena jalanan padat dan dapat tugas khusus dari kami hehe.

Setelah hahahihi, Pakde mulai menggiring kita buat ambil makanan. Sambil makan, dilanjut hahahihi lagi. Dan begitu pula setelah makanan ludes. Tidak lupa foto-foto narsisnya tentu saja. Jam setengah 9, Pakde dengan tegas memberi komando, “Dengan ini saya putuskan kopdar dibubarkan”. Bagi-bagi coklat hahaha. Kalo gak ada komando yang tegas, emang pada gak pulang-pulang. Pada ngrunthel aja dekatnya Pakde sambil salaman, pamit, salaman lagi, pamit lagi haha. Gak rela rasanya berpisah dengan Pakde dan brengosnya ituh xixixi.

Karena Mami Papi sudah ada di depan rumah makan, dengan terpaksa saya mengakhiri pertemuan dengan teman-teman (padahal lagi seru ngobrol sama Mbak Susi), dan sepertinya setelah saya pulang masih pada ngobrol di depan rumah makan haha.

Pertemuan memang cuma sekitar 2 jam, tapi kesannya masih nempel terus di hati *eaaa. Bertatap muka dengan teman-teman di dunia maya, sungguh sensasinya luar biasa. Cukup dengan label blogger, tidak ada sekat diantara kami. So amazing.

Sedangkan kesan pribadi saya terhadap Pak Komandan, selain brengose asli *dijitak Pakde. Beliau memang sosok yang patut dijadikan panutan. Dan memang seorang pamomong (pinter ngemong), nyatanya si Chela nginthil terus hahaha. Pakde juga sampai 3 kali tanya, “Suaraku kebanteren yo (suara saya terlalu keras ya), lupa saya kalo di Jawa Tengah”. Sekali dua kali ditanya gitu, saya cuma mesem, sambil bilang, “Mboten” kompak banget sama Mbak Susi. Setelah yang pertanyaan ketiga, saya ya jawab, “Orang Jepara kalau bicara lebih keras lagi lo Dhe”. Pakdhe kaget, karena Mbak Susi kalau omong biasa aja.Yah kapan-kapan ke Jepara deh Dhe dan dengar sendiri kalau orang Jepara asli ngomong. Jeder- jeder pokoke. Untung Mas Budhi udah campuran Wonogiri ^_^

Selain itu, ingatan Pakde masih jos banget. Ingat aja kalau Mas Budhi pernah ikut kontes tapi belum memenuhi syarat. Bahkan ketika Mas menitipkan salam memakai kata-kata khusus, Pakdhe masih inget lo jaman pendidikan dulu (waktu masih kinyis-kinyis dan kenceng-kencengnya *kalimat khas Pakde). Mas cuma ketawa aja waktu saya cerita, tanggapannya Pakdhe bagaimana. “Pendidikan itu gak akan pernah dilupakan”, kata Mas.

Dan masih ada beberapa percakapan Pakde yang mungkin bagi beliau sambil lalu aja. Tetapi menurut saya, beliau orang yang punya prinsip bahkan sejak masih pendidikan. Ih, jadi pengen ketemu Budhe Ipung.

Terima kasih ya Dhe, untuk kebersamaannya yang indah. Termasuk traktirannya, buku dan coklat juga hehe. Terima kasih juga buat teman-teman yang lain, bisa nih kita agendakan kopdar berikutnya.




85 comments:

  1. Pertamax Komentar...
    Wahaha..si cheila jadi rebutan, comot-comotan makanan Mbak heheh. Siapa suruh dia di samping Jago Makan heheh

    ReplyDelete
  2. Walah, kopdar Semarang juga rame ternyataaaa

    ReplyDelete
  3. Tapi kopdar di mana-mana emang rame, yah? :)

    Jadi kapan kita kopdar, Mbak? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...
      La kapan Mbak...aq manut aja :)
      Udah pulang to Mbak?

      Delete
  4. ada persaingan kalau persaingan sehat gapapa juga kayaknya mbak hi.hi.hi..
    kopdarnya seru banget ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kita liat lanjutannya gimana Mas
      Emang seru... :)

      Delete
  5. ketemu Pakdhe itu selalu banyak tawanya ... :D

    ReplyDelete
  6. nggak ada bosan2nya kok mbak ..biarpun udah baca banyak versi ...
    sambil mengamati ntar untuk persiapan kalo kopdar dengan pak de

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Bu, cerita kopdar diman2 memang menyenangkan :)

      Delete
  7. kompliiitt ditambah cerita dari mbak Esti ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha apa iya Bun? Saya sambil merem ini nulisnya :)

      Delete
  8. iyaaaaaaaaaakkk...lagi2 aku dibahas soal ngintili pakdhe >_____<

    ReplyDelete
  9. Matur nuwun ya jeng sudah menemani saya ngobrol ngiras ngejuss selama saya di Semarang. Kalau mas Budhi ikut pasti lebih asyik karena saya bisa menggarap beliau tentang kontes itu ha ha ha.

    Harusnya PaMi diajak ikut juga siapa tahu beliau2 akan tertarik juga untuk ngeblog dan lebih rajin dari putrinya yang ayu menik2 manglingi.

    Beberapa blogger katanya juga mendadak pusing2 dan kliyengan sewaktu akan kopdar dan ketemu saya ha ha ha ha

    Cheila ngajak kopdar di Purwodadi nich he he he he

    Semoga lain kali bisa kopdar lagi, Insya Allah.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...sip lah saya juga pengen tahu gimana cara Pakdhe ngerjain Mas Budhi :)

      Iya juga ya Dhe, kalo Papi sih bisa pke kompi tapi kalo Mami kayaknya masih harus belajar lagi

      Cie cie diajak Chela kopdar
      Aamiin. InsyaAllah Dhe.

      Salam dari Semarang

      Delete
  10. aku selama ngeblog,baru sekali kopdar itu juga dekat rumah kopdar'a mba :)

    ReplyDelete
  11. waah senangnya bisa kopdaran. Semoga suatu saat nanti saya juga bisa kopdaran dengan belio dan semoga suatu saat bisa main ke Semarang biar bisa kopdar sama Mba Esti juga.. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...semoga ya Mas :)
      Sama Bul dan Aaqil jg ya

      Delete
  12. Kopdar gambang Semarang tambah semarak benderang dengan postingan Jeng Esti. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha lagi musim kopdar Bu. Salam kembali.

      Delete
  13. Kopdar Gambang Semarang menutup rangkaian kopdar safarinya Pakde ya..
    Memang seru rasanya kalo kopdar tuh ya Jenk..
    Selalu memberikan kesan yang begitu dalam..
    Apalagi kalo kopdar bareng PAkde..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Teh..padahal teteh udah sering kopdar ya :)

      Delete
  14. This is the beauty of blogging ...

    Salam saya Bu Budhi

    ReplyDelete
  15. Saya jadi ingat, sekitar tahun lalu saking pengennya kopdar saya sampe kebawa mimpi. Alhamdulillah sudah terwujud. Pastinya kopdar itu bikin nagih :D
    Pengen lagi dan lagi :)

    ReplyDelete
  16. Senangnya bisa kopdar, ramai pula :)
    Jadi ingin suatu saat bisa kopdaran dengan teman2 blogger Semarang.

    ReplyDelete
  17. kl gak di tutup kayaknya gak selesai2 saking serunya ya mbak :)

    ReplyDelete
  18. tanggal 25 nov kopdar lagi ya mbak bareng IIDN :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah Mbak...pengen banget kenalan sama Ibu2 Keren :)

      Delete
  19. Sayangnya, saya gak bisa ikut. Kapan ada lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mashakim di Semarang? Ntar dikabar2i deh :)

      Delete
  20. weee, ternyata banyak juga bloger semarang ...
    saya sendiri, pingin kopdar masih sebatas mimpi ...

    ReplyDelete
  21. telat ndak opoh sing penting kan tetep seru banget kopdar sama pakdhe :D

    Ndak ikutan royokan sama mbak cheila :D

    ReplyDelete
  22. ketemuannya memang hanya 2 jam, tapi kesannya nempeeeel teyus di hati ya....
    hehehe..., brengose asli....

    ReplyDelete
  23. asyiknya kopdaran semarangan ya mbak, jadi ketagihan kopdar ya hehehe

    ReplyDelete
  24. Saya ke Surabaya udah ditraktir dikasih buku lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...asik ya mbak. Gimana kabarnya Mbak?

      Delete
  25. Seru ya kalo kopdar sama Pakde he he ...
    Kapan2 hadir di Surabaya ya Mbak he he
    Tks :)

    ReplyDelete
  26. Hiiyyyyaaaa...ketemu kopdar Semarang lagi di sini sama pakdhe Brengos yang keren. KApan kopdar dengan saya Mbak? hehehe

    ReplyDelete
  27. wuit, ada mas whiz.. *kangen hahaha

    gak pingin kopdar sama aku mbak?

    eh sori di blogku dirimu tak kiro lanang, walhasil tak celuk mas. haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenal ya sama Mas Whiz?

      Pengen sih, tapi jauh je

      Hahaha kok bisaaaa????

      Delete
  28. Saya termasuk yg "gelo banget", karena nggak bisa ikut kopdar. Saat itu pengin ke Semarang tapi waktu dan tenaga nggak nyandhak.
    Kebetulan ada kegiatan lain
    Kapan2 kopdarnya di LPMP, sekalian nginepnya di QUAS Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pak, saya juga gelo gak ketemu Pak Mars
      InsyaAllah ada kesempatan lain

      Delete
  29. aahh,, setelah beberapa kali mampir ke blog pakde (yang dulunya tahu seh, cuma masih malu-malu aja gitu :P ) aku jadi pengen dan mupeng banget pengen kopdaran sama komandan. Kapan yak ke pontianak ini pakdenya >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah...aq juga nyangka bisa ketemu secepat ini :)

      Delete
  30. Salam buat blogger Semarang
    dari saya Blogger Bogor BLOGOR

    (Pendiri Komunitas Blogger Bogor)

    ReplyDelete
  31. waa seru ya bisa kumpul2 bareng :)

    ReplyDelete
  32. Kapan kopdar lagi mbak? hehehe......

    ReplyDelete
  33. wah asik kalau bisa kopdar kemana mana yah apalagi disemarang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup...bisa ketemu teman2 yg awalnya cuma bertegur sapa di rumah maya :)

      Delete
  34. Mba suara yang lebih jemegler lagi itu tempatku mba...hehe
    BANYUMAS ngapak.com...

    Asyik tenan...MANTAP kapan2 mungkin bisa ikut... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha saya sering lo ke banyumas..ngapak oye pokoke :)
      Aamiin semoga bisa ketemu ya Mas :)

      Delete
  35. Kopdar seru barang Pakde ya Mb Esti. Kok phsing2 sih mbak, sdg ngijdam ya? :-)

    ReplyDelete
  36. Saya nanti malem mau kopdar lagi nih sama Pakde ... mau ikut lagi ? he he

    ReplyDelete
  37. walaupun ndak menang kontes tebak nama amtina fathul latifah kemarin yang penting bu esthi bisa ikut dengan benar iyakan

    salam kenal dari jogja

    ReplyDelete
  38. Wah ada Pak Dhe Cholik yo...
    Aku kenal Semarang hanya waktu kecil
    pernah diajak nenekku ke sana. di Banyumanik

    ReplyDelete
  39. kok masih artikel Brengose Asli Lo aja ya
    Lumuten lho brengose kalau lama-lama mejeng di sini
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  40. Wahhh............... asyikk ya kopdar mbak...

    btw, kopdarnya disemarang mana?
    restonya kaya'e koq asri banget...

    ^_^

    ReplyDelete
  41. wah..ramai pisaann...asyiikk...

    silaturahmi memanjangkan rezeki

    ReplyDelete
  42. InsyaALLAH nanti kita bisa kopdar ya mba, Aamiin^^

    ReplyDelete
  43. mbak ane kok dari dulu coment artikel nya belom ganti yah sampai sekarang

    ReplyDelete
  44. asikk bgt kopdarnya, pgn deh ikutan. slm kenal yaa :)

    ReplyDelete
  45. Ternyata saya melewatkan hal ini Bu. 4 tahun saya di Semarang, belum ada seperti ini, tapi setelah pindah dan kerja di Solo malah KopDar semacam ini muncul. Belum rejeki bertemu dengan Brengos Asli Pakdhe hehehe.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^