Social Icons

19 Jun 2013

Cara Mengatasi Vertigo

Hai semuaaaa...
Lama banget gak apdet...sambil bersih-bersih pake kemoceng
Saya jadi merasa bersalah sama blog ini dan blog lainnya T.T

Setelah netbuk kesayangan opname selama 7 hari, modem gantian yang ngadat. Bisa jadi karena cuaca di Semarang yang sempet hujan plus angin kali ya. Tidak hanya itu, saya sempet merasakan pusing tujuh keliling beneran. Kalau selama ini cuma denger aja tentang si pusing tujuh keliling ini, setelah mengalaminya saya jadi tahu bagaimana rasanya.

Rasa pusing muter-muter ini biasa disebut vertigo. Ini juga pertama kalinya saya merasakannya dan mudah-mudahan cukup sekali ini. Tidak ada gejala yang bagaimana sebelum kejadian. Hanya saja memang beberapa malam saya mengalmi sulit tidur. Entah karena kecapekan atau banyak pikiran..atau malah kombinasi keduanya ya.

Dan malam itu pun saya berencana tidur lebih awal, kalau keseringan tidur larut, badan biasanya cepet ngedrop dan bisa-bisa enter wind deh (masuk angin maksudnya hehe). Dari jam 8 udah mapan di tempat tidur, eh kok tetep gak bisa tidur. Ambil buku kemudian baca-baca berharap biar cepat tidur. Sekitar jam 9 malam, tetep aja ni mata masih melek, langkah selanjutnya buka netbuk mau nulis atau online atau apa pun lah. 

Gak berapa lama, saya merasakan mulai keluar keringat dalam jumlah yang cukup banyak. Saya pikir, ah udara Semarang emang lagi panas. Saya mulai merasa mual, ketika berdiri menuju kamar mandi, pandangan mata kok gelap terang dan kepala pusing. Cepat-cepat saya membaringkan tubuh di kasur, tanpa bantal. Ah, tetapi pusing dan mual malah menjadi-jadi. Akhirnya dengan kepala pusing luar biasa, saya pun (maaf) muntah berkali-kali. Bahkan ketika perut sudah tak berisi, tetap saja seperti itu. Dan pusingnya itu lo, berputar-putar. Saya merasa dunia seperti diputarbalikan, walau sudah memejamkan mata sekalipun.

Saya langsung dibawa ke klinik terdekat, dengan baju yang basah oleh keringat, kepala berputar, dan rasa mual terus-menerus. Dan dokter yang memeriksa mengatakan saya mengalami vertigo. Setelah meminum obat dari dokter (sebelumnya ngemplok roti sedikit), kondisi saya mulai membaik. Walau semalaman tidak bisa tidur, tetapi paling tidak pusing dan mualnya berangsur-angsur hilang. Saya beristirahat total di rumah selama 3 hari, karena untuk duduk saja tidak bisa berlama-lama. Ish, kebayang gak sih 3 hari cuma tiduran. Bosen banget.

Setelah 3 hari itu bukan berarti kondisi saya 100% seperti sediakala. Kepala masih terasa berat dan lebih parahnya gak doyan makan. Badan juga rasanya lemas. Untuk aktivitas membaca dan pemakaian komputer, untuk sementara tidak saya lakukan. Karena jika melakukan dua hal itu, pusingnya balik lagi. Untung saja pekerjaan di kantor sedang senggang, padahal sehari-harinya saya gak pernah lepas dari yang namanya komputer di kantor.

Ada beberapa cara mengatasi vertigo yang ingin saya bagi di sini:
1. Jika merasakan pusing yang tidak biasa, disertai rasa mual. Segeralah berbaring tanpa bantal. Usahakan rileks dan tidak berpikir macam-macam. Saran beberapa teman, diusahakan untuk tidak muntah.
2. Jika masih merasakan pusing disertai muntah-muntah terus menerus, segera bawa ke dokter. Jangan ditunda-tunda. Kalau kelamaan bisa jadi tubuh langsung ngedrop karena kekurangan cairan.
3. Jika kondisi sudah agak membaik, makanlah makanan dalam porsi kecil. Sedikit tapi sering. Jangan membiarkan perut kosong. Karena dari pengalaman, memang gak doyan makan blas, tapi tetep kudu harus dipaksa makan ya.
4. Minumlah air anget+gula aren. Minuman gula aren ini untuk meningkatkan stamina. Saya mendapatkan cara ini dari teman-teman suami. Dan minuman ini khasiatnya langsung terasa. Karena gak doyan makan, dengan minum minuman ini, badan jadi segeran.
5. Beristirahat yang cukup dan jangan terlalu banyak pikiran. Hihihi bisa nulis begini, padahal pas ngalamin sendiri, duh, semua pikiran tumplek blek deh. Pijet mungkin bisa sedikit membantu, tapi dengan catatan pijet ketika kondisi sudah 80% sembuh.

Menurut beberapa keterangan yang saya dapat dari berbagai kalangan. Vertigo bisa disembuhkan dengan mendatangi dokter syaraf. Katanya sih, syarafnya yang kena (perlu penjelasan secara medis sepertinya, tapi sayang saya tidak berkompeten dalam hal ini). Saya cukup beruntung bisa segera sembuh dengan hanya mendatangi dokter umum.

Jika sudah pernah terkena vertigo sekali, maka ada kemungkinan mengalaminya lagi, karena itu harus berhati-hati menjaga kondisi badan. Jika sudah merasa lelah, beristirahatlah. Oh ya, dari seorang teman yang pernah mengalami, beliau menyarankan untuk membeli antimo sebagai pertolongan pertama jika kepepet. Saya juga gak tahu korelasinya apa. Tapi dia dapat cara itu dari dokternya. Vertigo yang beliau alami karena gigi yang berlubang. Jadi jika sakit berlanjut harap segera hubungi dokter ya (malah seperti iklan hehe). Karena penyebab vertigo bisa berbeda-beda tergantung fisik penderita.

Maafkan jika tulisan ini tidak banyak membantu karena hanya berdasarkan pengalaman saya saja. Jika ada yang mau berbagi, akan sangat saya hargai. Saya harap teman-teman selalu sehat. Karena sakit itu gak enak banget. Jadi inget waktu ke klinik ada tulisan "Kesehatan memang bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan, segalanya tidak berarti apa-apa".

Salam sehat ^_^

57 comments:

  1. mbak ... kangeeeeeeeenn .. akhirnya hadir lagi nih :)

    tambah wawasan nih mbak baca ttg vertigo di atas, ternyata pusing kepala bisa berarti lain ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, kangen juga *peluk

      Bener Mbak,harus hati2 banget klo udh mulai pusing2

      Delete
  2. Tips yang bermanfaat nih Mbak, soalnya beberapa kerabat saya mengalami vertigo dan selama ini mengkonsumsi obat.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Duh, migren juga sama aja ya Mbak, sama2 pusing :)

      Delete
  4. Kalo saya juga Migren bukan VErtigo, sharingannya okeh, tfs ya jeng..

    Btw, Semarang sering hujan ya>

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKhir2 ini hujan panas bergantian Mbak, klo pas hujan deres banget, klo pas panas ya panas banget
      Gemreges deh jadinya :(

      Delete
  5. welcome to vertigo's club mba hehehe... halah opo meneh to iki

    Ikutan share aja nih mba, daku juga pernah kena vertigo ini. Penyebabnya mungkin berbeda dg mb Esti. Aku kan tidak suka makan daging kambing. Nah pas lebaran haji dapet daging kambing banyak. Rencananya cuma jd petugas pembakar sate aja, eh tnyata saat liat ibu mertuaku bikin sambel sate yg tdk cuma pake kecap+brambang, tp diuleki kacang segala, koq kayaknya enak. Ikutan nyantap deh, abis sepuluh tusuk lebih. Saat itu tdk ngerasa apa2, tdk khawatir jug kena darting krn dari kecil udah darah rendah bawaan.

    Eh, paginya begitu bangun tidur, dunia langsung berputar-putar mba, padahal aq kulino klo bangun pasti langsung 'menyat'. Wah wah lgs nggledhak, begitu nyoba melek pun ternyata masih muter2. Ternyata kolesterolku naik tajam dan itu bisa menjadi salah satu pemicu vertigo.

    Obat dokter hanya mempan sedikit mba, habis itu kumat lagi, padahal jarak rumah ke kantor yg harus kutempuh dg bersepeda motor sangat jauh. Terasa mengganggu banget nih vertigo. Sebulan lebih enggak sembuh2. Akhirnya berobat ke shinse, di akupunktur mba. Hoooaaa...aku kan antipati ama yg namanya jarum. Tetapi demi 'membeli kenyamanan' yg bernama kesehatan itu lah aku pasrah. Sembuh mba, sembuh total. Salah satu tips utk tdk kumat2an lagi vertigonya, ini kata shinse ya, 1. jgn minum dingin, itu membuat 'chi' kita tidak balance, menghambat peredaran dara, 2. minimalisir penggunaan kipas angin, alasan yg sama dg point 1 tadi, dan 3. kudu sadar umur, jgn suka bobok ngglosor di lantai meski menggunakan karpet sekalipun hehehee...

    Semoga tidak kumat lagi ya mba vertigonya. coba dicek juga kolesterolnya. Selain kolesterol, gangguan di saraf telinga juga jadi pemicu vertigo. Maaf klo share-nya kepanjangan mba, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow..makasi banget sharingnya Mbak
      Akunpur, iiih ngeri banget :(

      Delete
  6. Beberapa waktu lalu aku sempat dapat kabar ayahku di Bandung vertigonya kumat dan mengalami hal serupa sampai muntah-muntah. Semoga saja ga keterusan yaa, mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Maaak, semoga ayah Mak Mira juga sehat2 saja :)

      Delete
  7. vertigo itu pusing muter muter mbak?

    selama ini yang saya tahu vertigo itu phobia ketinggian, hahha...

    Alhamdulillah belum pernah kena vertigo, cuma pusing biasa ja

    ReplyDelete
  8. Di Gurah tetes hidung aja Esty...

    ReplyDelete
  9. lho kalo pusing muter-muter disertai mual2 itu namanya vertigo ya? *malah ga tau* *nanya serius* :(

    saya biasanya kalo gejala begitu karena masuk angin dan sakit maag. tapi emang belum pernah ke dokter kalo gejala begitu, biasanya dicoba kerokan dan minum obat maag. *soktoy ini* :D

    Makasih infonya, Mak.. ^^
    Next time harus ke dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, beda lo sama masuk angin, kalo vertigo ini beneran gak bs buat berdiri lg

      Delete
  10. Mbak Esti, rupanya berliku2 sekali ya kondisi dirimu. Sekarang sdh sehat lagi kan mbak?

    Tipsnya bisa dicatat tuh. Makasih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah sehat Bun :)
      Sama2 Bun

      Delete
  11. Tanteku hampir satu bulan sekali terkena SERDAK, Mba. Serangan Mendadak, Vertigo.

    Untuk Tanteku ini, dikarenakan capek dan katanya ada faktor keturunan juga. Kalau sudah tidur, biasanya gak bisa dibangunin.

    Sehat selalu ya, Mba. . . :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, kok serem sih Dah, semoga Tante cepet sembh ya :)

      Delete
  12. makasih mbak tipsnya, moga aku enggak pernah vertigo ya

    ReplyDelete
  13. aku pernah lihat di TV cara mengatasi vertigo memang berbaring di alas tidur yang keras bisa dari kayu/balok gt supaya pusingnya reda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, setahu saya memang seperti itu, tapi klo sudah pke muntah biasanya sdh parah :)

      Delete
    2. oh gt,tapi bisa sembuh total gak mbak vertigo itu?

      Delete
  14. duh...semoga si vertigo tidak lg ya mba. Sehat selalu mba *ketjup*

    ReplyDelete
  15. aku catat juga mbak tipsnya aku juga vertigo tapi gak berat seperti itu sih :) smeoga sehat terus ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Lidya juga vertigo?
      Semoga sellau sehat juga ya Mbak :)

      Delete
  16. Kalo gak punya gula aren gitu pake apa ya?
    pas banget, saya lg pusing pas baca post ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kurang tahu ya Mas
      Gak tahu pengganti gula aren apa :)

      Delete
  17. aku pernah vertigo, rasanya ga enak banget. tapi aku tinggal tidur, udah mendingan, mba. kalo pake gula aren belum pernah. hehe. karena emang cuma sekali itu aja sih sakitnya

    ReplyDelete
  18. wah Esti vertigo yah, semoga ga kambuh lg yah :

    ReplyDelete
  19. aku jug vertigo tapi masih ringan ..thks atas tipsnya ya

    ReplyDelete
  20. Segera berbaring dan rileks itu hal pertama ya, Mbak.
    Semoga semakin sehat ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga Pak Azzet juga selalu sehat :)

      Delete
  21. Eh, siapa tahu lagi "isi" mbak *halah sok tahu ya* :)
    Sekarang dah baikan kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Minta doanya ya Mbak.
      Alhamdulillah sudah sehat Mbak :)

      Delete
  22. Mba esti, turut prihatin ya kena vertigo, sama kayak saya. Dulu pernha coba ke dokter dan dikasih obat eh malah parah. Semakin berputar-putar. Akhirnya pilih terapi air putih alis minum air putih banyak-banyak tiap hari. Kalo bisa berenang itu bagus buat vertigo katanya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi atas sarannya Mas Dani. OO terapi air putih ya. Sip sip.

      Delete
  23. Aku belum pernah mengalami vertigo, Mbak Esti. Dari membaca deskripsi rasa sakitnya, itu pasti gak enak banget ya.

    ReplyDelete
  24. Tips yang sangat bermanfaat Jeng Esti. Karena pernah merasakannya juga selalu berhenti sejenak bila gejala awal datang. Salam

    ReplyDelete
  25. saya juga pernah tuh, mana pas di sma kls 12 lg, di uks gak ada obat trus disuruh pulang dah hahaha, dikasih resep obat versilon apa vertilon gitu namanya, tapi ya gak saya beli, saya gak suka antibiotik2 gitu soalnya, alhasil dengan doyan minumin madu, agak berkurang. sebenernya kalo saya penyebabnya itu stress (gara2 mau UN soalnya). solusi mah banyak istirahat, sering2 makan buah + madu aja kalo saya mah

    ReplyDelete
  26. salam kenal, mba. sy sdg terkena vertigo, kmrn subuh diserangnya. ampun seumur hidup baru kali ini, muntah terus. berputar2 ga berhenti, tp kl sy tiduran miring kekanan, hilang vertigonya, makanya bs maen kompu. tp kl cb2 bangun, lsg muter2. ini sdh mnm obat dr spec saraf, mdh2an bisa cpt smbh. sengsara banget.

    ReplyDelete
  27. Waaah, masukan daru mbak Uniek bisa dicoba nih. Aku juga baru sekali kena Vertigo, langsung parah. Pakai mual dan muntah...ups, soriii. Nggak bisa bangun, kaki serasa agar2, lembek, hanya bisa berbaring.

    Moga cukup sekali kita mengalaminya mbak Esti :)

    ReplyDelete
  28. Terimakasih, sangat bermanfaat tips mengatasi vertigo-nya gan.

    ReplyDelete
  29. Setelah terkena vertigo 2 tahun yang lalu dan tahun ini beberapa kali kambuh, ketika tidur saya tidak dapat menghadap ke kanan atau ke kiri, karena itu akan memicu vertigo, jadi saya tidurnya selalu telentang. Saya tidak tau bagaimana cara mengatasinya.

    ReplyDelete
  30. Saya barusan di serang vertigo pas bawa motor,otomatis jatuh -_-
    Vertigo memang momok bagi saya mba,menyerang dg cara tiba"

    ReplyDelete
  31. saya juga vertigo nih mbak, barusan tadi siang. beneran pusing 7 keliling ya, selama ini cm dengar2 cerita orang dan liat kejadian yang dialami temen aja. ternyata ketika ngalami sendiri ga enak banget.

    setelah kejadian 2013, apakah mbak masih mengalami vertigo?

    mungkin ada hubungannya dengan kurang tidur ya, beberapa hari ini sy kurang tidur, tidur larut bangun pagian. ampun bgt dah pusing2 mual begini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^