Social Icons

27 Sep 2012

Cerita Tentang Sebuah Nama

Salah satu kewajiban orang tua adalah memberi nama yang baik untuk putra-putri mereka, bukan? Karena nama bisa dikatakan merupakan doa untuk si anak. Begitu pula dengan orang tua saya. Mereka memberi nama kepada saya, anak perempuan pertama mereka, Kurnia Esti Hapsari. Nama yang sangat Jawa menurut Bapak. Karena berakhiran huruf "i". Pengennya Bapak sih jangan terlalu Jawa, tapi apa mau dikata Ibu bersikeras. Ini nih alasannya:

Esti Kecil : "Ibu, yang dulu kasih namaku siapa?"
Ibu          : "Ya Ibu dong?"
Esti Kecil : "Gak bareng sama Bapak, Bu?" 
Ibu          : " Gak."
Esti Kecil : "La kenapa?"
Ibu          : "Nanti kamu dikasi nama pacarnya Bapak dulu/"
Esti Kecil : ....????

Hahahaha.....

Untuk arti kata Kurnia dan Hapsari tentu sudah banyak yang tahu. Kurnia untuk karunia dan Hapsari berarti bidadari dalam bahasa Jawa. Bagaimana dengan Esti? Waktu kita pindah ke Jawa ada teman yang tanya, "Kok namamu Esti, kan artinya Gajah?" Weladalah, apa iya toh. Waktu saya liat di primbon Jawa, yang artinya Gajah itu Hesti. Padahal nama saya kan Esti? Apa sama ya maksudnya. 

Langsung tanya ke Bapak Ibu, kata Ibu, Esti artinya "hati yang baik" sedangkan Bapak bilang Esti diambil dari kata "estu" yang artinya benar/bersungguh-sungguh. Yah, menurut mereka itu arti yang baik. Dan menurut saya juga. Ketika saya search ternyata Esti bisa juga berarti mempunyai cita-cita. Bagus juga arti nama saya *PeDe

Oh ya dulu sempet sakit waktu masih kecil, menurut orang Jawa kabotan jeneng (keberatan nama), jadi diganti jadi Tanti Murniati. Tapi di akte sudah tertulis nama awal, jadi nama resmi tetep yang itu. Hingga sekarang banyak saudara yang masih memanggil saya Tanti, sebanding deh dengan yang panggil Esti. Bahkan ada beberapa teman yang suka manggil nama Kurnia atau Hapsari. Alasan mereka, "Mantanku dulu namanya itu, Es" Aduh gak banget deh.

Saya sempat merasa kurang nyaman dengan nama saya, karena menurut saya terlalu panjang. Jadi seringnya saya singkat Kurnia Esti .H. atau K. Esti Hapsari. Nah, waktu sudah agak rajin nge-blog, saya sempet mikir pake nama apa, yang ear catching gitu. Karena nama suami belakangnya Sulistyawan (dan artinya pun "orang yang baik dan bagus") ya saya ambil saja nama panggilan saya dan nama belakang suami sebagai nama di blog. Esti Sulistyawan. Kayaknya cocok juga dijadiin nama pena hehehe


pinjem foto editannya ya Dhe?
Sejak jadi model kuis tebak nama di Blogcamp, banyak sahabat blogger yang bertandang ke rumah sederhana saya ini. Banyak yang menjawab benar tapi tidak sedikit yang menjawab dengan Esti Sulistyawan. Nama asli memang saya sematkan di facebook. Agak berbeda dengan kebanyakan orang ya? Karena menurut saya social media itu kan salah satu kegunaannya untuk mencari teman lama, la teman saya yang dulu-dulu kan taunya nama asli saya. Nyatanya di burung biru saya pakai nama Esti Sulistyawan gak ada teman lama yang ngeh *lagipula jarang pake itu juga sih ^_^

Kalo boleh tahu apa sih arti nama teman-teman?

*Terima kasih untuk Pakdhe Cholik karena sudah berkenan menjadikan saya model Blogcamp di akhir September, kenapa ya Dhe, saya merasa ada "sesuatu' gitu dengan terpilihnya saya hehe. ah tapi apa pun itu adalah "sesuatu" yang positif. Terima kasih sudah ngemong blogger pemula dari Semarang ini ^_*

67 comments:

  1. folow back yak...... thank.....

    www.keluarjalan.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. whuaaaa...
    Ternyata namanya cukup bermakna juga yah mba...
    jujur aja, sampai sekarang aku gak tahu arti namaku apaan..hihihi...
    Kata mama ku, karena bagus aja gituh...halah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pernah nanya ya Bi sama mama nya?
      Tapi emang bagus kok :)

      Delete
  3. Lha nama panggilanku di rumah juga Tanti mb... :D
    Kalau arti namaku, sudah kutulis di halaman tentangku di blog. Kalau pengen tahu, main ke sana ya mb. Haha... Padunya...
    Namaku di FB juga nama asli. Belum ada tambahan nama belakang, juga belum ada tambahan Ibu'nya bla bla bla atau Mama'nya siapa :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aq dah baca adik cantik, udah lama lo aq bacanya
      Iya ya, mungkin tar kalo udah punya anak, jadi Ibu'e bla bla :)

      Delete
  4. Kurnia Esti Hapsari
    nama yang bagus kan...
    semoga Allah memberi karunia hati yang baik, bersungguh2 dalam kebaikan dan cita-cita yang baik agar bisa jadi penghuni surga bak bidadari yang cantik luar dalamnya

    ReplyDelete
  5. selamat mba esty sudah jadi cover blogcamp.. nama memang penuh makna mba jadi jangan sembarangan :) sukses selalu untuk mba esty

    ReplyDelete
  6. Saya juga jawabnya Esty Sulistyawan... Hehehe...
    Nama yg indah mbak... Maknanya juga bagus. Menjadi doa bagi pemiliknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Termasuk salah satu yg salah donk ya :)
      Aamiin..makasi mbak :)

      Delete
  7. Arti namanya bagusss... Wah berarti aku harsu siap2 kalo Vio nanya apa arti namanya. G ada artinya hehehe...

    ReplyDelete
  8. Tuh benran toh nama nya gitu, ciyee yang jadi model niyee suitt suiitt :D

    Mbak esti yang baik hatinya, cantik deh fotonya, kok gag sama pak budhi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jan cah sitok iki

      Itu foto belum ada Pak Budhi nya yo :)

      Delete
  9. hahah bapaknya gaul dong...
    aku juga pake nama jawa untuk anak anak
    biarin lah dibilang kampungan dan ga modern juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha saya juga gak nanya bapak mau kasi nama apa
      saya juga suka nama Jawa kok Mas :)

      Delete
  10. saya juga suka nama Jawa, tapi nama saya gak Jawa bangett..hehehe

    #saya gak ikutan salah nebak namanya, lha saya gak ikutan krn blm familiar dgn Mbak Esti..

    maka sekalian SAlam kenal jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha nanti anaknya saja mbak yang dikasi nama Jawa

      Iya ya mbak rie, belum terlalu kenal kita :)
      sekarang harus lebih kenal lo :)

      Delete
    2. Iya, padahal udah beberapa kali saling bersapa ya..#dasar saya pikun neh

      Delete
  11. Kata ibu, nama Fenny dari kakek yang katanya pas lagi kerja liat artis cantik namanya Fenny Ferawati :D gak tau tuh bener apa enggak cuma kadang nama Fenny sering di plesetkan jadi peni yang dalam bahasa jawa artinya baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kakeknya bener lo kasi nama itu, nyatanya mbak fenny emang cantik :)

      Delete
  12. esti sama seperti Su pada soekarno dong ya.... sebagai sebuah penekanan... bagus namanya... wah sedangkan nama saya sendiri tidak tahu alasannya. males juga nanyanya.. biarlah tidak tahu jadi bisa dikarang sendiri artinya.. hehehe

    ReplyDelete
  13. namanya yg indah mb :)

    Kl aku gak tau namaku artinya apa..kata bapakku dulu bagus gitu aja..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya mb aku ijin link blognya mb esti kumskkan blog listku ya..trimakasih :)

      Delete
    2. Oh gitu ya :)

      Silakan mbak, anti aq juga masang punya mbak Enny :)

      Delete
  14. arti namanya bagus banget ya Esti
    memang begitulah sebaiknya seperti yg ortu kita bilang , nama adalah doa , gak seperti penyair dunia terkenal itu yg bilang :" Apalah arti sebuah nama"
    kalau bagi masyarakat kita arti sebuah nama itu penting
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Bunda :)
      Iya bun dan anaknya juga pasti seneng tahu arti namanya yang bagus
      salam kembali Bun :)

      Delete
  15. O, yaya... makna namanya dalem banget ya, Mbak. ^_^
    Kalo nama saya sih, simple, Mbak. Bapakku Fedly, ibuku Yuly, makanya namaku Fely. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, kalo Fely berarti perwujudan cinta Fedly dan Yuli yah :)

      Delete
  16. saya jadi bingung, sebenernya yg mana nama yang tercantum di buku nikah mbak? hehe
    aku sih untungnya dari dulu hingga kini namanya ttp sama ;)
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah, pengantin baru hawanya...
      Ya jelas yang di akte dong Ri :)

      Delete
  17. wow .. fotonya cantik sekali mbak :)
    selamat ya

    ReplyDelete
  18. Hooo. begitu toh namanya Mba Esti. Bagus artinya Mba.
    Meskipun orang Jawa tapi mboten ngertos arti-arti nama bahasa Jawa. Hehehe.

    Kalo saya ngasih nama anak hasil dari lihat buku, eh bukunya kumpulan nama-nama bahasa arab. Hihihi. Padahal emak bapaknya Jawa aseli.

    Tapi nama memang doa Mba, semoga bisa terkabul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ntar anaknya dikira anak orang Arab lo Mas
      Makasi :)

      Delete
  19. nama saya tuh ada SOLEH nya mbak, artinya Sosok Lelaki Humoris hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha baru tahu saya singkatan nama Soleh :)

      Delete
  20. Eheeeem2. . yang jadi model di BlogCamp. . .:D
    Esti itu ternyata beda dengan Estu ya, Mba? :D

    Arti namaku apa ya?
    Tanya dulu ke orang tua. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe :)
      Serupa tapi tak sama Idah

      Tanya ke ortu ya trus aq dibisikin :)

      Delete
  21. Arti nama saya ?

    Nanang Hernanto

    Kata ibu saya ... mengandung makna
    Nanang ... diambil dari kata Lanang ... atau lelaki
    sementara ... Nanto itu adalah dokter yang membantu kelahiran saya dulu ... (diabadikan menjadi nama belakang saya)

    Salam saya Bu Budhi

    ReplyDelete
  22. Sebagai Orang Jawa, Mbak Esti pasti juga tau arti nama saya
    Marsudi itu usaha atau upaya
    Nah kalau yanto itu ya biar ketok nek wong Jowo lanang
    Jadi Marsudiyanto = Lelaki Jawa yang (lagi) berupaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow...padahal nama pak Mars, padat singkat ternyata artinya oke ya :)

      Delete
  23. hahaha.. ada2 aja alasan ibunya mbak :D

    kl nama sy, Myra katanya org tua sy krn kedengeran cantik aja namanya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha dan memang cantik orangnya juga mbak :)

      Delete
  24. hesti dan esti tuh sama, kan ejaan hanacaraka, ha=a.. berarti he=e.. gitu! hehehe

    ReplyDelete
  25. Baru tau deh namanya mbak Esti ^_^

    Klo namaku jelas bgt artinya: putri pertama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mbak
      Oh artinya itu ya, bagus lo :)

      Delete
  26. IRMA, artinya ireng manis mba..
    banyak juga yg mlesetin nama saya

    IRMA, artinya Ikatan Remaja MAsjid
    hehehee

    ReplyDelete
  27. Nama saya Abdul Cholik-Hamba Allah, diberikan oleh Mbah Putri yang baru pulang naik haji tahun 1950.
    Nama Panggilan waktu kecil : Heru Sutimbul ha ha ha ha ha
    Terima kasih lho jeng sudah mengijinkan fotonya tak odhal-adhil
    Buku belum datang ya ?
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ganteng2 kok di panggil Timbul to Dhe *eh tapi waktu itu Timbul lg top2nya ya

      Sama2 Dhe :)
      Pagi ini sudah mendarat bukunya Dhe :)

      Delete
  28. Selamat bu esti.. uda jai model dji blogcamp.. :)

    ReplyDelete
  29. Nama saya fajar, katanyadulu saya sering sakit trus diganti jdi nama itu :)

    ReplyDelete
  30. Dibanding kelima kakak saya, nama saya paling beda sendiri. Jika kelima kakak saya masih berawalan sama ( diambil dari nama bapak ) maka saya sama sekali nda ngambil nama dari bapak maupun ibu. Nurudin adalah nama asli saya ( semoga saya bisa mewujudkan harapan orang tua ketika memberikan nama ini pada saya ), sedang di blog menggunakan nama Abi Sabila, salah satu alasannya karena saya senang menyebut nama anak saya, Sabila.
    Selamat telah menjadi model di BlogCamp. Sungguh sebuah kebahagiaan tersendiri tentunya. Semoga bisa menjadi pemicu dan pemacu semangat untuk ngeblog, berbagi kebaikan melalui tulisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin waktu Abi lahir, ortu pengen membri nama yang berbeda ya

      Iya, jadi semangat buat ngeblog, InsyaAllah saya berusaha posting hal2 yg bermanfaat :)

      Delete
  31. oalah ... pada kecele dong yg udah milih Sulistyawan :D
    gak ngira tuh pasti hehehe
    namaku yg pilih bukan orang tua hiks
    dan waktu dipilih itu ya sesuka2nya om tante aja.

    btw selamat ya udah jadi model di BlogCamp :D

    ReplyDelete
  32. ooh jadi itu toh ceritanay pemilihan nama blognya :)

    ReplyDelete
  33. Asik deh yang jadi model blogcamp :D :D
    Mbak gajah dong ya :P
    Pisss~

    ReplyDelete
  34. Nama artiku jelas pertama :)
    Hahaha aku sempat ngikin denger jawaban ibundanya soal nama mantan pacar hihihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^