Social Icons

8 Mar 2016

Rekomendasi Desa Wisata Terbaik di Bali

Bali memang menjadi sebuah destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia bahkan di dunia. Sebagian besar orang Indonesia sangat ingin mengunjungi pulau Dewata. Keindahan tempat wisata di Bali tak hanya terlihat dari pantainya, tapi juga wisata alam, budaya, maupun kuliner. Jika Anda sudah cukup bosan dengan wisata pantai, di Bali juga terdapat beberapa desa wisata yang akan membuat pengalaman liburan Anda menjadi berbeda. Desa yang tenang dan hijau tentu akan dapat menghilangkan penat Anda menghadapi hiruk pikuk kota yang memusingkan. Kali ini akan diulas beberapa desa wisata terbaik di Bali.

Tempat Wisata di Bali Berupa Desa Wisata yang Asri, Hijau dan Nyaman
Perlu diketahui bahwa Kabupaten Karangasem memang menjadi tempat wisata di Bali yang sangat populer. Salah satu kabupaten yang ada di Bali ini terkenal dengan kearifan lokal dan budayanya yang masih terjaga dengan baik. Di Kabupaten Karangasem, ada dua desa wisata terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda. Lalu, ada satu desa wisata lagi yang cukup dekat dengan pusat kota Denpasar yang wajib Anda kunjungi. Tiga desa wisata tersebut adalah sebagai berikut:




1.   Desa Pekraman Jasri
Desa Pekraman menjadi sebuah desa wisata yang paling populer di Bali. Tak hanya wisatawan domestik yang merasa nyaman tinggal di desa wisata ini, para turis asing pun sangat betah berlibur di desa dengan beragam adat istiadat yang masih terjaga dengan baik. Kearifan lokal penduduk asli Desa Pekraman menjadi salah satu daya Tarik tersendiri dari tempat wisata di Bali ini. Desa Pekraman Jasri terletak di Subangan, Kabupaten Karangasem. Desa ini tepat menghadap ke arah pantai di pesisir timur Bali. Dari pusat kota Denpasar, desa  ini berjarak sekitar 70 km ke arah timur. Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, Desa Pekraman Jasri juga memiliki pertunjukan seni dan budaya yang sangat menarik. Tradisi kuno yang unik dan masih bertahan sampai sekarang adalah tradisi “ter-teran” atau perang api yang jarang ditemui di tempat lain di Indonesia. Ritual ini biasanya digelar satu hari sebelum Nyepi. Penasaran dengan tradisi tersebut? Langsung saja datang ke tempat wisata di Bali ini.

2.   Desa Tenganan
Desa Tenganan masih termasuk dalam kawasan Kabupaten Karangasem, tepatnya di Kecamatan Manggis. Desa ini menjadi salah satu desa wisata terbaik yang ada di Pulau Dewata. Kearifan lokal dan budayanya masih sangat terjaga. Meskipun daerah tersebut tidak terisolasi dari perkembangan zaman, masyarakatnya telah terbukti mampu menjaga dengan baik adat istiadat dan budaya mereka. Berwisata ke tempatwisata di Bali yang satu ini akan membuat Anda melupakan sejenak rutinitas harian yang cukup membosankan.

3.   Desa Pengelipuran
Desa Panglipuran, Bali memiliki tagline “Kesederhanaan di dalam Kebersamaan”. Semboyan ini sudah menjadi layaknya nama dari desa tersebut. Sebagian besar pertamanan, pintu gerbang pekarangan, dan bentuk rumah memiliki desain yang seragam. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Desa Penglipuran. Sebagai salah satu desa wisata terbaik, Penglipuran cukup nyaman dan bersih untuk ditinggali. Lokasinya terletak di Kecamatan Bangli, Bali. Jaraknya dari kota Denpasar hanya 30 menit. Selain itu, keramahtamahan warga juga menjadi daya tarik tersendiri dari desa wisata tersebut. Ada banyak tempat bertema budaya yang bisa Anda kunjungi. Tata ruang kota yang dikembangkan adalah tri mandala yang membuat desa ini lebih terlihat punya konsep yang matang.

Bali memang terkenal sebagai suatu desa wisata yang sangat kental akan adat istiadat dan budaya. Masyarakat lokal juga sangat ramah dan sopan kepada setiap turis yang datang. Dengan mengunjungi sebuah desa wisata, tak hanya ketenangan yang akan Anda dapatkan, tapi Anda juga bisa belajar budaya lokal masyarakat Bali. Ini menjadi semacam paket liburan yang sangat menyenangkan. Coba saja berlibur ke tempat wisata di Bali seperti yang telah disebutkan di atas. Pasti Anda bisa membuktikan sensasinya. Sekian ulasan beberapa desa wisata terbaik di Bali. Semoga bermanfaat untuk Anda.

6 comments:

  1. Saya juga pengen banget ke Bali... cuman budgetnya belum mencukupi terus... hihi...

    ReplyDelete
  2. wahh makasih banyak informasinya mba Esti, makin siap nih kalau mau jalan2 ke Bali lagi.. :)

    ReplyDelete
  3. Berarti ke Bali idak hanya mengunjungi pantainya saja ya, biasanya kebayangnya pantai soalnya :)

    ReplyDelete
  4. Kalau pintu gerbang, bentuk rumah dll hampir sama di desa Pengelipuran, mungkin orang yang mencari alamat di sana akan sulit membedakan ya, Mbak mana rumah yang dicari :D

    ReplyDelete
  5. Bali itu memang keren, segala aspek disana kayaknya tempas wisata semua,,,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^