Social Icons

19 Oct 2015

Tips Hemat Listrik Sederhana yang Mudah Diaplikasikan

Mengetahui tips hemat listrik akan sangat membantu untuk mengelola keuangan dengan baik agar tidak berlebihan. Listrik menjadi sebuah kebutuhan pokok masyarakat zaman sekarang untuk melakukan banyak hal, terutama di sektor perusahaan maupun rumah tangga. Contoh sederhana saja, jika dulunya menanak nasi menggunakan kompor maka sekarang memanfaatkan alat elektronik yang memerlukan tenaga listrik. Ketika listrik padam maka nasi pun terlambat terhidang di meja karena tidak adanya alat bantu menanak nasi.

Bagaimana kiat menghemat pemakaian listrik?

Saking banyaknya kebutuhan pemakaian listrik terkadang biaya yang dikeluarkan jauh dari tarif normal yang diinginkan. Maka perlu dilakukan tindakan atau cara hemat listrik yang tepat, berikut kiatnya:
  • 1.       Menggunakan alat elektronik seperlunya
Keberadaan listrik seolah bisa dinikmati secara Cuma-Cuma, bahkan bisa dimanfaatkan untuk banyak perkakas yang mempermudah kehidupan. Kepanasan menyalakan kipas angin, butuh hiburan menonton televisi, dan lain sebagainya. Namun ke depannya akan dihadapkan pada tagihan listrik, besar kecilnya menyesuaikan dengan pemakaian. Ada baiknya setiap alat elektronik dibatasi jumlah dan lama pemakaian agar lebih hemat.
  • 2.       Memilih alat elektronik dengan cerdas
Satu rumah bisa memiliki banyak jenis alat elektronik yang bisa digunakan jika dialiri energi listrik yang tentunya perlu membayar. Pastikan ketika membeli peralatan elektronik tersebut memilih yang memiliki kemampuan menghemat pemakaian listrik. Dalam artian bahwa alat tersebut konsumsi daya listriknya tidak terlalu besar. Misalnya memilih lampu dengan watt kecil namun mampu menerangi ruangan yang cukup luas. Memilih mesin cuci yang menggunakan listrik dengan jumlah kecil, dan berbagai peralatan elektronik hemat listrik lainnya.
  • 3      Cabut semua bentuk hubungan arus listrik
Kita sering sekali lalai dalam menggunakan alat elektronik, semisal lebih suka membiarkan kabelnya menancap di stop kontak. Alasannya karena alat elektronik tersebut sering digunakan dan untuk lebih praktis tidak mencabutnya. Contoh sederhana ialah kabel listrik untuk perangkat televisi yang tidak setiap jam dinyalakan. Usahakan saat televisi mati mencabut kabel dari stop kontak agar tidak mengkonsumsi listrik berlebihan. Cara atau tips hemat listrik sederhana ini bisa diaplikasikan untuk mengatur keuangan lebih hemat. 

9 comments:

  1. yes..bener sekali mbak..cabut alat listrik yg nggak perlu :)

    ReplyDelete
  2. Biasanya yang suka gak dicabut itu charger HP laptop
    padahal kalo gak dicabut bisa boros listrik

    ReplyDelete
  3. makasih tipsnya, kalo pake alat penghemat listrik itu mempan ga?

    ReplyDelete
  4. pakai lampu LED juga hemat mbak :)

    ReplyDelete
  5. Wah mantapp nih tipsnya. Kedepan perlu dipraktekan lebih baik lagi ya mbak :D

    ReplyDelete
  6. di rumah suka nyalain tv padahal ga ditonton, nanti harus dimatiin deh kalau ga ada yang nnton

    ReplyDelete
  7. thanks for sharing. aku juga kalau seperti lampu kamar mandi dan dapur, meja makan, kamar kamar, kalau sudah siang dimatikan karena semi outdoor, jadi kalau siang memang terang sekali

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^