Social Icons

20 Oct 2015

Salam kenal. Saya Newbie

"Salam kenal. Saya Newbie". Pernah baca salam perkenalan seperti itu, teman? Saya sering banget, karena saya memang mengikuti beberapa komunitas blogger via Facebook. Beberapa di antaranya Warung Blogger, Kumpulan Emak Blogger, dan Blogger Semarang. Semakin hari semakin banyak yang menginginkan bergabung dengan komunitas-komunitas tersebut, alasannya beragam dari mulai mencari teman sesama blogger, menitip link blog agar pengunjung bertambah, hingga ingin belajar tentang blogging lebih jauh lagi.

Nah, ketika masuk pasti dong sesuai etika harus mengenalkan diri. Dari situ kebanyakan akan menyapa dengan mengatakan "saya warga baru di sini, salam kenal" atau dengan kalimat-kalimat sejenis. Biasanya akan ditanggapi oleh beberapa blogger yang sudah terlebih dahulu ada di komunitas yang bersangkutan.

Sering kali saya memantau komunitas-komunitas tersebut, hampir setiap hari malah, kadang ikut memberi komentar kadang juga tidak. Dan sering saya baca beberapa keluhan para newbie ini. Keluhan yang paling sering sih, 'kok gak ada yang komen di blogku ya', 'apa tulisanku gak bagus kok gak ada yang mampir ya' dan lain sebagainya.
Bahkan saya pernah membaca di salah satu dinding grup, ada yang menanyakan 'apakah untuk bergaul di grup ini sesuai senioritas, karena kalau senior yang titip link banyak banget yang komen' dan ramailah thread tersebut, ujung-ujungnya si dia yang nulis status ngaku, kalau dia sengaja nanya gitu untuk memancing komentar dari yang lain. Jujur, saya jadi tidak suka, dan saya sempet nulis komentar, 'kalo mau dikenal sama yang lain, ya situ coba dong main-main dulu ke blog lain, saya saja sudah komen beberapa kali di blog anda, gak pernah tuh dikunjungi balik' *emak-emak keluar tanduk.

Ingat dong ya, kalau kita merasa pemula (newbie), kita lah yang seharusnya mengakrabkan diri dengan teman-teman yang sudah ada di grup tersebut. Sama saja bukan, ketika kita pindah rumah, kita yang berusaha mengakrabkan diri dengan lingkungan baru. Mengapa tidak mencoba mendahului mengunjungi.

Semua pasti mengalami kok yang namanya jadi pemula. Tidak terkecuali saya. Ketika awal saya mengenalkan diri dulu, malah lebih parah, gak ada tuh yang balas komen "salam kenal balik ya". Sempet ngiri juga sama teman-teman yang mendapat sambutan luar biasa. Eh tapi itu tidak menyurutkan minat saya untuk mengakrabkan diri dengan teman-teman di komunitas. Positif thinking aja kalau mereka lagi pada sibuk. Saya mulai dengan blogwalking ke blog-blog lain. Memperkenalkan diri sudah pasti. Dari situ pelan tapi pasti, saya mulai menjalin pertemanan dengan sesama blogger. Kalau sekarang saya nitip link di wall grup-grup yang saya ikuti, saya yakin banget deh, teman-teman yang melihat dan punya waktu senggang akan dengan senang hati blogwalking ke blog saya.

Jadi, masih menunggu dikunjungi dulu? Atau menitip link sambil menulis embel-embel...follow dan komen ya..nanti aku folbek deh ^_^

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^