Social Icons

13 May 2019

Yuk, Belajar Online!

Siapa nih diantara teman-teman yang belum pernah belajar online?



Saya yakin sebagian besar pengguna sosial media pasti sudah gak asing dengan hal-hal yang berbau online. Tapi, apakah sudah menggunakan internet untuk belajar secara online? Belajar bisa dimana dan kapan saja. Termasuk ketika internet sudah menjadi kebutuhan dan bukan lagi menjadi barang mewah. Online pun tidak terbatas hanya lewat komputer akan tetapi juga sudah lebih praktis melalui handphone atau telepon genggam. Jadi, mengapa kita tidak menggunakan fasilitas yang serba mudah ini untuk menggali pengetahuan yang lebih intens?

Ada seorang teman yang sering meng-aplot kediatan belajar onlinenya via status Whatsapp atau Instagram story. Jujur, saya kagum dengan semangatnya yang tinggi. Dia belajar bahasa arab dan beberapa bahasa lain loh, padahal saat ini dia sudah berkecukupan. Katanya sih biar otak gak tumpul jadi perlu diasah.

Termotivasi oleh semangatnya, saya yang kebetulan setelah itu melihat penawaran belajar menulis secara online jadi ikut tergugah. Apa salahnya kalau ikut belajar online, waktunya pun di malam hari dan biaya terjangkau. Saya hanya tinggal menguatkan niat dan tentu saja memenej jam tidur saja haha.

Ternyata belajar secara online banyak sekali manfaatnya, antara lain:

1. Mendapat ilmu, ini pasti ya namanya belajar pasti harus ada ilmu yang kita dapat
2. Menambah teman, awalnya memang di dunia maya, lama-lama beberapa bisa akrab dan malah sering kopdar.
3. Membuka jejaring, dengan banyak teman otomatis semakin banyak orang yang mengenal saya, saya pun sering dapat job hehe.

Lalu, bagaimana sebaiknya kalau kita mau mulai belajar online? Ini ada beberapa tips belajar online yang bisa menjadi acuan kamu ya.

1. Cari yang sesuai minat dan kebutuhanmu, ini penting supaya gak sia-sia kamu sudah menyisihkan waktu, tenaga dan uang tapi kamunya malah bosan dan merasa, ah apaan sih kayak begini doang
2. Cari penyelenggara yang sudah terpercaya, suapaya jelas ilmu yang kita dapat adalah ilmu yang bermanfaat
3. Cari yang narasumbernya memang ahli di bidangnya, bagaimna pun kita harus menyelidiki ini karena  banyak juga yang menyelenggarakan belajar online Cuma abal-abal doang, ditanya malah jawabannya muter-muter
4. Sesuaikan dengan bujetmu, bukan apa, tapi sayang duitnya aja haha

Setelah Lebaran nanti, saya akan ikut kelas powerpumping yang diselenggarakan oleh komunitas eping. Untuk biaya pun tidak dipatok biaya. Sukarela kita mau bayar berapa.  Saya memilih ikut kelas tersebut karena sebagai ibu menyusui saya memang butuh. Penyelenggara terpercaya walau saya belum tahu narasumbernya siapa saja. Nah, yang begini ini yang harus jadi pertimbangan kita kalau mau ikut kelas online. 

Jadi, jangan takut ya kalau mau ikut belajar online. Kita hanya perlu menyisihkan waktu dan tenaga sedikit saja untuk meng-upgrade kemampuan kita. Ketrampilan dalam bidang apa pun, saya yakin akan berguna bagi kehidupan kita kelak.

Seperti halnya kalau kita memilih belajar online seperti apa yang akan diikuti atau memilih yang mana harganya lebih murah daripada yang lain. begitu pula kalau akan belanja online. Pastilah membandingkan di web ini dan di web itu. Capek juga sebbenarnya ya tapi namanya orang pasti pengen dapat yang lebih murah. Nah, sekarang kamu gak perlu repot lagi buka aplikasi ini dan buka web sana, cukukamu buka iPrice saja. Di iPrice kamu langsung bisa membandingkan harga dari berbagai market. Memudahkan dan simpel banget ya. Gak percaya? Coba deh buka webnya, dijamin puas. 

1 comment:

  1. saya jadi ingin ikut belajar on line nih, biar banyak jaringan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^