Social Icons

27 May 2019

5 Manfaat Ngeblog di Era Digital

Apakah kamu sudah punya blog? Kalau belum cobalah untuk membuat blog. Blognya tentang apa? Bicarakan sesuatu yang kamu sukai. Bisa tentang parenting, resep masakan, travelling, kuliner atau blog tentang kehidupan kamu yang lebih beken disebut blog lifestyle. Mengapa kamu harus blog? Karena banyak sekali yang bisa kamu dapat jika kamu ngeblog loh. Paling tidak 5 manfaat ini yang kamu dapat dari ngeblog di era digital:



1.Teman

Dari ngeblog, kamu bisa mendapat teman lho. Awlanya memang hanya kenal di dunia maya tapi para bloger punya tradisi kopi darat kalau kita berkunjung ke tempat teman bloger yang lain. Dari situ pertemanan bisa semakin erat terjalin. Terkadang malah lebih dekat karena kita bebas bercerita banyak hal tanpa beban. 

2.Buku Harian Online

Seringkali kita tidak bisa mengeluarkan uneg-uneg, nah, lewat blog kamu bebas mengeluarkan ‘sampah’ yang ingin kamu keluarkan tanpa takut dihakimi oleh orang lain. Gak percaya? Coba deh nulis, rasanya pasti lebih plong.


3.Selalu up to date
Sebagai seorang bloger, mau tidak mau kita akan selalu up to date terhadap berita terkini. Bahkan ketika kita tidak membuka internet pun, akan ada teman yang memberitahu di grup bahwa ada kejadian ini dan itu. Mengetahui berita terkini selain agar tahu tentang kondisi saat ini juga bisa memacu kita untuk menulis sesuatu yang bermafaat bagi orang lain.

4.Bermafaat bagi orang lain

Postingan saya yang paling populer itu justru menurut saya, tulisan saya paling receh loh haha. Tentang Surat untuk merekatkan hubungan LDR (Lpng Distance Relationship) dan tentang jamu penyubur kandungan.  Ada juga tentang pengalaman saya yang tidak bisa bahasa Jawa, ketika awal pindah ke Tanah Jawa. Padahal saya nulisnya iseng dan sambil lalu saja. Ternyata banyak yang baca hehe. Adalagi di blog masak, resep yang paling dicari ternyata resep membuat bakwan jagung wkwk. Jadi gak perlu ribet deh mau nulis apa. Tulis aja sesukamu. Dan biarkan pembaca yang menilai.

5.Mendapat uang

Sudah rahasia umum kan kalau bloger pun menerima job untuk review sebuah produk atau jasa. Kalau blog kamu punya reputasi yang bagus di mesin pencari, harga tulisanmu pun akan dihargai cukup tinggi. Bukan hanya dari tulisan saja blog bisa menghasilkan uang tapi juga dari iklan yang ditayangkan di blog. Lain kali deh saya nulis tentang blog yang menghasilkan uang. 

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau ngeblog itu punya banyak manfaat, tidak hanya dari segi materi tapi juga immateri, lalu bagaimana ketika kita awal mau ngeblog. Saya punya bebebrapa tips ya, yaitu:

1.Niche Blog 
Niche blog adalah konten blog seperti apa yang hendak kamu tulis. Kamu bisa memilih niche traveling yang lagi ngetren saat ini atau lifestyle blog yang berisi cerita tentang kehidupan si bloger. Kalau kamu sudah memilih satu niche tertentu kamu harus konsisten ya.

2.Platform Blog
Ada 2 platform yang terkenal saat ini, yaitu blogger dan wordpress. Kamu bisa coba dulu keduanya, kira-kira kamu nyaman memakai yang mana. Seperti saya, saya ini gaptek banget jadi lebih memilih blogger karena toolsnya cenderung lebih mudah.

3.Domain blog
Kamu harus jeli memilih domain blog, karena domain ini yang bakal diingat oleh pembaca. Cari yang unik dan mudah diingat. Kamu bisa memakai namamu untuk domain blog kamu. Seperti saya hehe. Oh ya, kalau kamu ingin mendapatkan penghasilan dari blog, ada baiknya kamu langsung membeli domain berbayar. Domain berbayar ini tidak ada embel-embel blogspot atau wordpress di namanya. Misal seperti https://www.estisulistyawan.com 

Dengan membeli domain, selain gampang diingat juga menunjukan kamu memang punya niat serius dalam ngeblog. Dan tentu saja untuk mendapat peluang job lebih besar jika blog kamu berdomain. Dimana kalau mau membeli domain? Kamu bisa berkunjung ke https://www.domainesia.com/hosting/ selain harganya bersaing, customer servicenya juga sangat membatu dan yang lebih penting di bulan Ramadhan ini lagi diskon lo hehe. Cus, tunggu apalgi. Yuk, segera bikin blog mu!

20 comments:

  1. Tadinya saya menulis blog sekadar untuk buku harian aja. Tetapi, setelah konsisten dijalanin memang banyak keuntungan lainnya. Seperti yang ditulis di artikel ini

    ReplyDelete
  2. Mulanya saya menulis di blog sebagai sarana pajang karya. Seiring waktu jadi serius karena pergaulan dengan sesama pegiat blog yang konsisten serta sukses.
    Pengen juga sesukses mereka dan jadikan blog sebagai ladang rezeki. Sedang diupayakan, nih.😍

    ReplyDelete
  3. mendapat uang adalah hal yang ga pernah saya pikirin di awal sebelumnya, sampai sekarang prioritasnya juga bukan itu yang utama, tetep menjadikan blog sebagai ajang cari temen dan media sharing :*

    ReplyDelete
  4. Awalnya saya nulis blog cuma pengin sharing aja, karena waktu itu saya ga ada teman untuk berbagi cerita. Jadi jalan satu2nya cuma bisa nulis di blog. Alhamdulillah sekarang jadi banyak teman dari mana-mana dan punya penghasilan juga dari blog. :)

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah..saya telah merasakan manfaat ngeblog, dari sekedar penyaluran hobby saja sampai ke mendapatkan keuntungan material dari ngeblog. Mendapat teman dari ngeblog? Tentu saja..itu salah satu yg terus kusyukuri..

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, saya pun gitu berasa banget manfaat dari ngeblog, penghasilan dari ngeblog luar biasa banget deh sekarang sudah bisa membiayai kebutuhan rumah, sekolah anak maupun investasi kecil2an hehe.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, saya dulu ngeblog buat nyimpen cerita tumbang anak anak sih, eh ke sini malah bisa jadi profesi.

    ReplyDelete
  8. Iya mbak, kalau keuntungan yang paling berharga yang saya dapatkan selama ini adalah punya banyak teman. Semoga blogger semakin berkembang terus. Kalau domain saya mau ulik domanesia mbak, soalnya mau beli domain baru juga hihi.

    ReplyDelete
  9. Niatnya dulu aku ngeblog karena ingin menuliskan kenangan, agar kelak menjadi bacaan untuk anak cucu. Alhamdulillah mendapat lebih dari sekedar itu, dapat teman baru, rejeki, banyak banget yaaa

    ReplyDelete
  10. Alhamdulilah ya mba banyak manfaatnya menjadi blogger meski semakin kesini sebenarnya tantangannya juga banyak, apalagi gak ada aturan atau pakemnya blogger itu harus begini begitu, bahkan untuk memahami SEO nya pun beda guru masih beda pendapat hehehe

    ReplyDelete
  11. Akhirnya aku punya blog yang memiliki niche setelah 2 blog lainnya gado-gado :)
    Padahal dulu awal ngeblog cuma buat curhat-curhat aja

    ReplyDelete
  12. Iya alhamdulillah sejauh ini bs jd blogger yak..padahal proses utk istiqomah nulis tuh perjuangan pisan awalnya

    ReplyDelete
  13. Ngeblog zaman sekarang beda banget ya dari zaman dulu mbak. Zaman skrng malah udah bisa jd profesi.
    Ya semuanya tergantung niat masing2 mau ngeblog suka2 krn suka berbagi, curhat, atau krn emang pengen dapat penghasilan dr blognya hehe

    ReplyDelete
  14. Tadinya saya juga nulis buat bikin diary online mbak. eh lama lama ternyata bisa menghasilkan ya. seneng banget rasanya kalau di rumah tapi tetep bisa produktif

    ReplyDelete
  15. Seneng deh makin banyak orang yang aktif ngeblog. Kegemaran menulis di blog ini bagus untuk dipupuk. Menulislah maka kamu akan ada, gitu sih ya kata orang bijak ;)

    ReplyDelete
  16. Sempat terpikir untuk beli domain lagi..untuk blog bukuku.
    Tapi,
    masih maju-mundur canciik...

    Takut gak konsisten mengisinya.

    ReplyDelete
  17. Sekarang persaingan ngeblog makin kompleks dan senangnya karena blog dijadikan media konten yang bermanfaat

    Bisa bayangkan ke depannya generasi kita yang akan menikmati dampak positifnya.

    ReplyDelete
  18. iyaa tujuan awal aku ngeblog tahun lalu juga karena sebagai buku diary online.
    ehhh, lama kelamaan menjadi ladang uang juga, hihihihi.

    ReplyDelete
  19. tadinya kupikir ngeblog itu hanya untuk membagikan ilmu craft yang kupunya aja sih. etapi sejalan dengan waktu rupanya bisa menghasilkan uang juga ya, seneng banget dong saya hehe

    ReplyDelete
  20. AKu percaya ngeblog itu manfaatnya banyaaak dan asli bawa banyak berkah yaa yaaa mba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^