Social Icons

27 Apr 2018

Kain Sifon, Bahan Kerudung Terbaik Favorit Selebgram

Bahan Kerudung - Setiap perempuan muslim atau muslimah diwajibkan untuk menutup aurat atau berhijab. Dalam hal ini, berhijab bukanlah hal yang berat dilakukan apabila bahan kerudung atau hijab yang dipakai terbilang nyaman. Salah satu bahan kerudung yang nyaman dan dijadikan favorit oleh banyak selebgram adalah kain sifon. 



Kain sifon ini sendiri terbilang sangat halus dan juga tipis. Tentunya tidak akan membuat pemakainya merasa gerah ataupun kepanasan. Bahan kerudung jenis ini biasanya terbuat dari kain katun, nilon, rayon, polyester, ataupun campuran. Meskipun bahan kerudung kain sifon ini agak menerawang dan tipis, Anda bisa mengakalinya dengan memberikan furing tambahan.

Untuk dijadikan bahan kerudung pashmina, bisa ditambahkan pula jarum pentul agar keadaan kerudung tidak berpindah – pindah dari posisi semula. Hal ini karena sifatnya yang agak licin, sehingga butuh pengunci untuk mengamankan posisinya. Banyak selebgram menggunakan kain sifon sebagai bahan kerudung karena sangat cantik dengan sifatnya yang langsung jatuh saat dipakai. 


Ada beberapa jenis kain sifon yang beredar di pasaran, terutama menjadi bahan baku pakaian maupun bahan kerudung wanita muslimah. Diantaranya adalah kain sifon dari serat sutra, serat katun, serat nylon, serat polyester, serat rayon dan serat campuran. Dibawah ini adalah bahasan mengenai jenis – jenis kain sifon, yaitu sebagai berikut :

Pertama, kain sifon dari serat sutera. Sesuai dengan namanya, kain sifon dari serat sutera ini memang berasal dari serat alami kepompong ulat sutera. Kain jenis ini ditemukan pada abad ke-18 yang pertama kali dibuat dan dikembangkan oleh manusia. Kain sifon dari serat sutera ini biasanya digunakan untuk pembuatan gaun pengantin, gamis, scarf ataupun kerudung yang di favoritkan oleh banyak perempuan. Hal ini karena sifatnya yang jatuh, luwes dan mengikuti gerak tubuh. Sehingga akan terlihat cantik bila dipakai. 

Kedua, kain sifon dari serat katun. Kain sifon jenis ini berasal dari serat katun yang sangat nyaman dipakai dan adem. Tidak mengherankan apabila banyak selebgram yang sering memakai kain sifon dari serat katun yang dijadikan bahan kerudung untuk berpose di depan kamera. Namun, karena lagi – lagi bahan ini terbilang cukup tipis, Anda bisa menggunakan furing tambahan supaya tidak terawang.

Ketiga, bahan kerudung selanjutnya adalah kain sifon dari serat nylon. Meskipun cukup murah dibandingkan dengan kain sifon yang berasal dari serat alami, namun bahan kerudung jenis ini sangatlah nyaman dipakai, lembut dan sangat kuat. Untu perawatannya sendiri juga terbilang cukup mudah. Sangat ekonomis sekali, bukan?

Keempat, kain sifon dari serat polyester. Bahan kerudung dari kain sifon serat polyester ini tidak jauh berbeda dengan kain sifon pada umumnya. Kainnya juga mudah dibentuk, jatuh dan tentunya nyaman dipakai. Namun, kekurangannya adalah kain ini sulit diberikan pewarnaan sehingga tidak banyak varian warna yang tersedia. 

Kelima, kain sifon dari serat rayon. Kain sifon jenis ini merupakan bahan kerudung yang semi sintetis, dimana berasal dari serat tumbuh – tumbuhan atau lebih tepatnya dari regenerasi selulosa. Karakteristik dari kain sifon dari serat rayon ini sama seperti lainnya, perbedaannya adalah pada harganya yang jauh lebih merah. 

Terakhir, kain sifon campuran yang berasal dari sutera dan polyester. Dengan perpaduan tersebut, membuat bahan kerudung dengan jenis ini jadi lebih elastis, berkilau dan jauh lebih kuat. 
Nah, demikian beberapa bahan kerudung dari kain sifon yang menjadi favorit para selebgram. Anda bisa memilih diantaranya untuk membuat tampilanmu menjadi lebih stylist dan juga tentunya menutup aurat. Carilah bahan kerudung yang sesuai dengan seleramu. Semoga bermanfaat. 

6 comments:

  1. Saya suka banget pakai kerudung dengan bahan sifon, tipis dan adem kalau dipakai.

    ReplyDelete
  2. dari semua jenis itu yang paling nyaman yang mana mbak?

    ReplyDelete
  3. Oh.. Jadi ada ya, kain sifon yang menggunakan serat kain katun. Mantab. Nanti ini dijadikan referensi istri buah pilih kain.

    ReplyDelete
  4. Ternyata sifon itu macam2 ya, saya br tau, hihi... Makasih ya

    ReplyDelete
  5. Baru tau kalau ternyata kain sifon itu macam-macam. Paling seneng sih pakai yang makainya gampang dan tidak gampang melorot

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^