Social Icons

24 Mar 2013

Tiga Obat Alami Untuk Mengobati Batuk Pilek

Cuaca akhir-akhir ini tidak menentu. Di pagi hari mentari sudah terik bersinar, bisa saja tiba-tiba hujan di siang hari. Banyak yang jatuh sakit, termasuk saya. Sekitar tiga minggu yang lalu, saya jatuh sakit. Saat itu saya benar-benar merasa sakit. Bagaimana tidak, hampir tiga hari lamanya saya tergeletak di tempat tidur. Untuk duduk saja sudah kepayahan karena merasakan pusing yang luar biasa. Ternyata pusing itu disebabkan panas yang tinggi.

Saya sudah was-was, jangan-jangan saya terkena demam berdarah atau gejala tifus. Alhamdulillah ‘cuma’ radang tenggorokan, kata Bu Dokter. Walau pun sudah ke dokter dan diberi obat, rasa pusingnya belum juga hilang. Yah, dasarnya saya tidak suka ke dokter, setelah obat habis, saya tidak ke dokter lagi. Saya pikir lebih baik memakai resep alami saja yang selama ini sudah saya gunakan ketika sakit batuk pilek. Ini nih Tiga Obat Alami untuk Mengatasi Batuk Pilek ala Saya:

1. Kunir Asem

Kunir asem lebih dikenal khasiatnya sebagai jamu galian singset atau untuk menurunkan berat badan. Padahal zat antibiotik pada kunir/kunyit bisa berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Begitu juga vitamin C yang tinggi pada asam jawa.

Cara membuatnya: Kunir di kupas kulitnya lalu diparut atau diblender (bisa juga hanya dipotong kecil-kecil), kemudian direbus dengan asam jawa dan gula jawa/gula aren. Biarkan mendidih dan air berkurang hingga seperempat dari yang Anda pakai.

Untuk pengobatan, minum hangat-hangat, sehari 4-5 kali sehari. Saya sudah membuktikan, batuk dan pilek dalam waktu 2 hari langsung hilang.

2. Kencur dan Jeruk Nipis

Kencur jeruk nipis sudah terkenal banget ya sebagai obat alami untuk batuk. Ada beberapa cara menggunakan dua obat alami ini. Yang pertama, kencur dimamah/dikunyah setelah dikupas, kalau yang tidak kuat rasa getirnya bisa memilih cara yang kedua. Yang kedua, kencur diparut dan diambil airnya, ditetesi madu. Jika tetap tidak bisa bersahabat dengan rasa kencur, Anda bisa memakai cara yang ketiga, yaitu, jeruk nipis diambil airnya, cukup satu sendok saja, kemudian ditetesi kecap/madu.

Saya mendapatkan cara yang keempat ketika sakit kemarin, kencur diparut dan diambil airnya, kemudian beri perasan air satu buah jeruk nipis. Beri sedikit garam. Ramuan ini bisa untuk menurunkan panas tubuh. Minum 4-5 kali sehari.

3. Kunir dan Jeruk Nipis

Saya pernah mengalami ketika panas dan pilek sudah sembuh, eh batuknya masih betah. Jika kencur dan jeruk nipi tidak mempan, kemungkinan terbesarnya amandel saya yang bermasalah. Dan untuk mengatasinya, saya membuat ramuan yang terdiri dari kunir dan jeruk nipis.

Cara membuat: kunir dikupas dan diparut. Ambil airnya saja. Beri perasan air satu buah jeruk nipis. Kemudian tambahkan madu sebanyak dua sendok makan dan garam sedikit, Aduk dan bisa segera dimunum.

-----000-----

Ada tiga tips agar obat alami ini bisa bekerja maksimal, yaitu:

1. Beli kunir dan kencur yang empu (ini bahasanya bakul empon-empon). Ciri-cirinya sih, bentuknya lebih besar, dan warna kuning untuk kunir lebih pekat. Pilih yang masih dalam kondisi baik ya.Jeruk nipis pilih yang kulitnya tipis, itu pertanda mengandung lebih banyak air. Sebelum digunakan pencet-pencet dulu jeruknya, supaya menghasilkan air yang banyak.

2. Makan makanan yang ‘lebih’ bergizi ketika sakit supaya cepat sembuh. Jangan lupa perbanyak juga minum air putih, buah, dan sayur. Diusahakan istrahat yang cukup, karena sakit itu juga bisa diartikan sebagai sinyal bahwa tubuh perlu istirahat.

3. Untuk batuk ada beberapa pantangan makanan yang harus ditaati, seperti makanan yang digoreng dan makanan yang rasanya pedas atau berbumbu tajam. Penyakitnya biar sembuh dulu, baru deh makan makanan itu lagi ya.

Tiga obat alami untuk mengatasi batuk pilek diatas, sudah saya praktekan dan terbukti manjur. Obat alami memang tidak langsung terasa khasiatnya dengan sekali minum, jadi memang harus sabar dan agak ribet menyiapkannya. Tapi, untuk meminimalisir masuknya obat-obat kimia ke tubuh kita, tidak ada salahnya kan kita repot sedikit?

Semoga bermanfaat




Untuk Tiga Sahabat Blogger yang sedang berbahagia, saya persembahkan tiga tulisan di tiga blog berbeda di hari ketiga pelaksanaan Giveaway tentang Tiga ini.

"POSTINGAN PENUH RASA SYUKUR INI UNTUK MEMERIAHKAN SYUKURAN RAME RAME MAMA CALVINLITTLE DIJA DAN ACACICU"



Jika berkenan, silakan berkunjung ke dua postingan yang lain:

94 comments:

  1. jeruk nipis itu bermanfaan banget ya mbak, pernah dengar juga jeruk nipis dicampur kecap bisa untuk obat batuk. Terima kasih ya mbak udah ikutan syukuran rame-rame

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kandungan Vit C nya tinggi :)
      Sama2 Mbak, semoga berkenan :)

      Delete
  2. makasih mba..bermanfaat bgt iniii

    ReplyDelete
  3. Memilih herbal memang lebih aman, tapi kadang situasi sering memaksa kita berlaku instan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih aman dan hemat, tapi agak repot makanya banyak yg milih instan :)

      Delete
  4. boleh juga nih tipsnya mbak buat ngobati batuk pilek

    good luck ya :)

    ReplyDelete
  5. kalo gue biasanya jeruk nipis dicampur kecap! hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe! Udah terkenal banget itu ya, Mas :)

      Delete
  6. jeruk nipis campur kecap, atau kunyit campur madu... tak perlu beli obat batuk lagi...

    ReplyDelete
  7. Waaaah. Kreatif sekali Mba Esti. Sukses ya Mba giveawaynya.. :)

    ReplyDelete
  8. 3 Obat yang sangat bermanfaat pastinya..:D

    ReplyDelete
  9. hebat Tiga yang bermanfaat, pas banget buat kondisi sekarang, sukses ya GAnya

    ReplyDelete
  10. Tipsnya mantap Bu Budhi ...
    Semoga bisa ditarik manfaatnya

    Salam saya Bu Budhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa bermanfaat untuk yang lain ya Om

      Salam :)

      Delete
  11. udah lama nih mba aku ga minum 'jamu2an' begini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, harus digiatkan lagi lo, Mbak :)

      Delete
  12. kereeennn..... pasti bermanfaat suatu saat nanti. aku catet nih Mbak, kalo suatu hari batuk pilek

    makasih banyaaakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa jangan sampe sakit ya Mbak
      Sama-sama :)

      Delete
  13. Ok pasti bermanfaat soalnya sekarang lagi musim flu .... doakan juga saya cepat sembuh dari flu.... trims :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Makanya saya kepikiran nulis ini, karena banyak banget yang sedang batuk pilek.
      Semoga cepat sembuh ya Mas :)

      Delete
  14. salam kenal.... :D
    kalo aku kencur sama jahe mbk di com sama air panas :D.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, itu juga bagus. Bisa ditambah Madu atau garam, Mbak.

      Salam kenal :)

      Delete
  15. aku juga pernah denger bawang putih dikasi madu bisa untuk obat batuk. banyak banget resep tradisional kita ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aq baru denger kalo yang itu, Mbak
      Banyak banget memang tapi belum dioptimalkan :)

      Delete
  16. Klo jeruk nipis itu memang betul Mbak. Malah Bapak saya kalau batuk bikin ramuan sendiri yaitu kecap di campur jeruk nipis. Dan itu terbukti manjur lho, hanya beberapa kali minum, batuknya sudah hilang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Sip banget memang :)
      Resep jadul tapi masih bermanfaat hingga sekarang

      Delete
  17. pake empu kunir ma temulawak juga mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Noor, tapi aq gak suka temulawak je :)

      Delete
  18. Wah aku jadi bisa minum obat herbal nih :)

    ReplyDelete
  19. wooh keren tipsnya... makasi ud share :)

    ReplyDelete
  20. kunjungan perdana..
    blog dan tutornya sangat menarik..
    oy blognya sudah saya follow,ditunggu ya folbacknya..

    ReplyDelete
  21. semoga menang yaa mba.. giveawaynyaaa :D

    ReplyDelete
  22. Mbak Esti, terima kasih atas partisipasinya di acara sederhana bertajuk SYUKURAN RAME-RAME.

    Penjuriannya sederhana saja, terdiri atas tiga tahap:

    1. Kesesuaian dengan tema (dan memenuhi persyaratan GA)
    2. Diksi dan penulisan
    3. Imajinasi (sudut pandang, dll)

    Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 1 April 2013

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas
      Saya tunggu pengumumannya :)

      Delete
  23. Aku seringnya klo batuk dijejelin jeruk nipis+kecap :D
    kreatif post-nya :D

    ReplyDelete
  24. memang yang tradisional ituh lebih alami dan lebih manteb yah Esti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Bi. Murah lagi *emak2 pelit :qiqiqi

      Delete
  25. sama sperti ku dong saya sampai habis puluhan minuman penyegar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh..jangan kebanyakan penyegar dong, Mas.
      Gak baik lo :)

      Delete
  26. Senada Jeng, kami juga memanfaatkan nipis-kecap, nipis-madu, atau mamah kencur. Pernah mencoba perasan bunga blimbing wuluh kukus plus gula batu, manjur pula. Trim Jeng Esti tlah berbagi, salam

    ReplyDelete
  27. Replies
    1. kompakan sama emanya nai
      aku suka dibikinin wedang jahe kalo batuk
      jahe mentah digeprek trus diseduh air panas kasih gula batu dikit aja...

      Delete
    2. Kalo jahe biasanya saya buat wedang uwuh Mas :)

      Delete
  28. terima kasih untuk sharing-nya... Obat alami ataupun dari resep dokter semuanya butuh proses kok. Apalagi kl berkaitan sama yg namanya umur ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Hihihi langsung inget umur deh

      Delete
  29. Informasi yg bermanfaat... selamat ya, sudah jadi salah satu pemenang :)

    ReplyDelete
  30. saya sudah lama kena pilek/flu minum obat tidak sembuh-sembuh. apa ramuan yang dapat menyembuhkan pilek/flu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa dicoba salah satu dari obat alami diatas Mas :)

      Delete
  31. saya sudah lama kena pilek/flu minum obat tidak sembuh-sembuh. apa ramuan yang dapat menyembuhkan pilek/flu.

    ReplyDelete
  32. Makasih infonya. Saya lagi flu; pileks ini :))

    Salam

    ReplyDelete
  33. apakah semua resep diatas aman bagi ibu hamil? maklum kehalian pertama jadi takut makan/minum yg aneh2....

    ReplyDelete
  34. sekarang saya sedang mengalami sakit seperti sakit anda 3minggu lalu. batuk pilek yang saya alami ini sampai-sampai mejalar ke paru-paru jadi saat nafas sangat sulit dan juga sakit kepala ini karena batuk dan susah nafas jadi kepala ikut sakit. sungguh sakit sekali. terimaksih atas informasinya.

    ReplyDelete
  35. terimakasih infonya gan baru tau saya kalau ternyata kunyit itu bisa mengobati batuk pilek ya.makasih gan sukses slalu.

    ReplyDelete
  36. Sangat bermanfaat..thanks infonya

    ReplyDelete
  37. Mantap Gan jangan lupa berkunjung di Obat Herbal Alami ANISHERBAL Kami juga

    Annise Herbal Aromatherapy adalah pengobatan atau perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang terdiri dari Herbal Aromaterapi yang murni yang dicampur dengan Extra Virgin Olive Oil, Wheat Germ Oil, Calendula Oil, dll. tanpa menggunakan campuran zat-zat kimia lainnya. Pengobatan dapat dilaksanakan sendiri oleh Pasien dirumah setelah konsultasi dan diberitahukan cara penggunaannya.
    Klinik Annise Herbal menggunakan lebih dari 60 macam Herbal Aromatherapy pilihan yang berasal dari berbagai Negara yang memenuhi Stardard International. Di Klinik Annise, Formula dari Produk yang diberikan berdasarkan Keluhan Klien pada saat konsultasi sehingga keluhan dapat diatasi berdasarkan hasil konsultasi yang dilakukan.
    Produk Annise Herbal terbukti mengatasi berbagai keluhan dan penyakit, seperti :
    1. Ganguan pernapasan: asma, bronkitis akut, batuk, influensa, sinusitis
    2. Gangguan otot dan persendian: rematik, sakit pinggang, pegal linu
    3. Gangguan reproduktif: gangguanmenstruasi, menopause
    4. Gangguan kulit: jerawat, eksim, jamur
    5. Gangguan sistem saraf: stress, depresi, insomnia, sakit kepala, migrain
    6. Gangguan sistem limpa: selulit, odema
    7. Daya tahan tubuh: infeksi, demam, alergi
    8. Gangguan pencernaan: konstipasi, diare, sering buang angin, mual dan muntah-muntah
    9. Perawatan kulit (skin care): kulit kering, kulit berminyak, kulit normal, kulit sensitif, dan kulit menua (keriput)
    UNTUK LEBIH JELASNYA SILAHKAN LIHAT WAWANCARA ANISHERBAL DI TVONE MENGENAI PRODAK HERBAL ALAMINYA
    www.anisherbal.com/wawancara-tvone/

    Info Kontak :
    Jl. Kejaksaan I No. 3 Kreo Larangan, Jakarta Selatan 15156
    Telp. 021 – 7088 9930 / 0815 911 8754 / 0818 758 210 / 082125352460
    Email : info@anisherbal.com / Website : www.anisherbal.com

    ReplyDelete
  38. Kalo direbus semua gimana mbak??

    ReplyDelete
  39. Maksudnya, kalo kencur, bawang putih, jahe, direbus semua.....
    Itu ramuan buat batuk + pilek, bisa ga yah mba?


    Matursuwun..

    ReplyDelete
  40. pengalaman saya:"anak2 sy sering batuk pilek(kadang disertai demam),berbagai obat sdh pernah dibrkan tp hslnya krg memuaskan,sampai sy membuat sendiri dan hslnya JOSSS!!..ini bahannya 1.madu asli 1 sendok makan 2.kuning telor 1bj.. 3.laserin 1 sendok makan..campurkan ketiganya dan aduk sampai rata beri sdkt air hangat lalu minumkan(campuran ini hny dimnmkan 1xsehari,sedang laserinnya 3xsehari)..hasilnya dalam waktu 6jam demam hilang,dlm 48 jam(2 hari) batuk +pilek berhenti total,silakan dicoba!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih nanti saya ikut nyoba resep anda

      Delete
    2. Terima kasih nanti saya ikut nyoba resep anda

      Delete
  41. oke gan akan saya coba,semoga bwerasil.trim infonya gan...

    ReplyDelete
  42. Jeruk nipis memang banyak sekali manfaat dan khasiatnya...

    ReplyDelete
  43. benar sekali obat obat diatas memang katanya bisa mengobati batuk secara alami

    ReplyDelete
  44. keren artikelnya gan
    kunjungi juga ya artikel kami
    http://monopolyindo.blogspot.com/
    Web kebanggaan monopoli online indonesia bonus berlian 50.000 http://www.indomonopoly.com/

    ReplyDelete
  45. Jeruk nipis bisa-bisa saya suka meski rasanya masam banget

    ReplyDelete
  46. jeruk nipis memang udah sangat populer banget yah... karena memang sudah terbukti khasiatnya yang alami.. hehe..

    ReplyDelete
  47. Mantap deh hujan-hujan gini minum bajigur biar memperkuat daya tahan tubuh...

    ReplyDelete
  48. Jeruk nipis sama kecap bisa di coba sis, kalo di keluarga saya sangat ampuh

    ReplyDelete
  49. boleh juga nih tipsnya mbak buat ngobati batuk pilek

    good luck ya :)

    ReplyDelete
  50. Iy bener Tuh Sis pake yang alami aja Biar badan Ini tidak Terlalu banyak Mengonsumsi bahan-bahan kimia

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^