Social Icons

9 Nov 2016

Mengapa ibu hamil harus minum susu?

Susu adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat penting yang harus dipenuhi oleh setiap ibu saat mereka hamil. Berbagai kandungan yang terdapat di dalam susu bisa membantu menjaga kesehatan ibu dan menjauhkannya dari komplikasi. Selain itu, susu yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga akan sangat bermanfaat bagi bayi yang ada di dalam kandungannya. 


Berbicara tentang ibu hamil, mereka membutuhkan kalsium dalam jumlah yang sangat banyak terutama untuk memenuhi kebutuhan bayi didalam kandungannya yang terus tumbuh. Jika ibu hamil tidak memenuhi kebutuhan kalsium harian mereka, mereka bisa saja mengalami pengeroposan pada tulang (osteoporosis) karena kalsium yang ada pada tubuh ibu akan diambil oleh bayi untuk pertumbuhan tulang dan giginya. 

Jenis susu yang dianjurkan untuk di konsumsi oleh ibu hamil adalah susu yang memang diformulasikan secara khusus untuk ibu hamil. Ada berbagai manfaat minum susu hamil yang harus diketahui oleh setiap ibu. Diantaranya adalah. 

Meningkatkan kualitas air ketuban 

Kualitas air ketuban seorang ibu hamil akan meningkat menjadi semakin baik apabila rutin mengkonsumsi susu. Sebaliknya, jarang mengkonsumsi susu dapat menyebabkan kualitas air ketuban jelek dan berpengaruh terhadap kesehatan bayi didalam kandungan.

Menjaga kesehatan organ di dalam tubuh 

Rutin mengkonsumsi susu akan mebuat ibu dan anak memiliki jaringan mata, jantung, organ hati, kulit, dan otot yang lebih baik dibandingkan dengan ibu hamil yang jarang minum susu.

Mengurangi resiko anemia 

Anemia memang sering dialami oleh wanita karena mereka sering kehilangan darah melalui menstruasi. Selama kehamilan, kadangkala anemia bisa menjadi sangat berbahaya. Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan untuk minum susu hamil agar terhindar dari anemia. 

Untuk membantu anak tumbuh lebih tinggi 

Menurut beberapa penelitian, ibu yang rajin minum susu selama hamil berpotensi memiliki anak yang lahir lebih sehat dan memiliki tubuh yang lebih tinggi. 

Bermanfaat untuk melindungi tulang dan gigi 

Bayi yang tumbuh di dalam kandungan seorang ibu membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Apabila asupan kalsium tidak terpenuhi, bayi akan mengambil kalsium dari tulang dan gigi ibunya. Dampaknya, di masa tua biasanya ibu yang tidak memenuhi kebutuhan kalsium saat hamil seringkali mengalami pengeroposan pada tulang (osteoporosis) dan kerusakan pada gigi. 

Memperbaiki sistem kekebalan tubuh 

Sistem kekebalan tubuh ibu hamil menurun karena ada bayi di dalam kandungan yang juga harus dijaga. Hal tersebut menyebabkan ibu hamil rentan terhadap berbagai penyakit. Dan penyakit apapun, termasuk yang ringan seperti flu bisa sangat berbahaya bagi ibu hamil karena mereka tidak diperbolehkan minum obat untuk menyembuhkan penyakit. Satu-satunya cara untuk mencegah agar penyakit tidak mudah datang adalah dengan menjalani gaya hidup sehat, contohnya adalah dengan rajin minum susu.

1 comment:

  1. Untung aku emang doyan banget sama yang namanya susu :D

    Salam,
    Aci

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^