Social Icons

8 Nov 2016

Tips Menjaga Aroma Pakaian agar Tahan Lama

Pakaian adalah bagian dari penampilan yang harus diperhatikan. Tidak hanya kerapian dan modelnya yang harus menjadi pertimbangan, melainkan wangi pakaian tersebut juga harus dijaga. Karena tentu saja, pakaian yang berbau apek akan membuat pemakainya merasa tidak percaya diri ketika harus berhadapan atau berdekatan dengan orang lain. 



Ada banyak hal yang menyebabkan pakaian berbau tidak sedap, diantaranya adalah karena: 

Proses pengeringan yang terlalu lama, biasanya pakaian yang dijemur pada saat cuaca mendung menyebabkan pakaian berbau tidak enak. 

Bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh pakaian juga bisa disebabkan karena direndam terlalu lama. Karena terlalu lama disimpan dilemari Atau karena pakaian digunakan berkali-kali setelah terkena keringat dan debu. 


Sebenarnya, agar pakaian tidak mudah berbau, kita bisa menggunakan pewangi pakaian untuk menghilangkan bau atau untuk mencegah timbulnya bau. Memilih pewangi pakaian yang tahan lama adalah opsi paling tepat. Dan untuk menjaga agar aroma pakaian tidak mudah hilang, tips berikut ini sebaiknya anda ingat. 

Jangan merendam pakaian terlalu lama 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab pakaian menjadi bau biasanya karena perendaman yang terlalu lama. Oleh karena itu, hindarilah merendam pakaian terlalu lama. Jika menggunakan deterjen, sebaiknya merendam dilakukan tidak lebih dari 1 jam.

Peras pakaian sebelum dijemur Beberapa jenis pakaian memang tidak boleh diperas sembarangan karena dapat menyebabkan kerusakan tekstur atau menyebabkan kerusakan asesoris pada pakaian tersebut. Namun ada banyak pakaian, terutama yang terbuat dari bahan katun yang bisa diperas sebelum dijemur. Memeras pakaian akan membuat pakaian lebih mudah kering walaupun kondisi cuaca mungkin tidak bersahabat. 

Berikan pewangi pakaian setelah dicuci. Jika anda lupa karena merendam pakaian terlalu lama sehingga pakaian tersebut berbau, ada baiknya anda memberikan pewangi dan kemudian merendamnya beberapa menit (10 menit) sebelum dijemur. 

Gunakan pelicin plus pewangi saat menyeterika pakaian 

Ketika akan menyimpan pakaian, pakaian tersebut sebaiknya disetrika dengan menggunakan pelicin yang mengandung pewangi agar pakaian tidak berbau apek ketika disimpan dalam waktu yang lama. Namun yang perlu diperhatikan, saat menyetrika sebisa mungkin pastikan pakaian tersebut benar-benar kering dari sisa-sisa pelicin dan pewangi yang Anda gunakan. 

Jaga kehangatan tempat anda meletakkan pakaian

Pakaian yg diletakkan di tempat-tempat yang terlalu lembab seringkali menyebabkan pakaian berbau apek. Apalagi jika tempat (lemari) yang Anda gunakan jarang dibuka, udara yang ada di dalam lemari tersebut, yang tidak pernah berganti akan menyebabkan bau apek pada pakaian. 

3 comments:

  1. masa'sih? *sambil nyium bau sendiri .. :)

    ReplyDelete
  2. iya nih sekarang musim hujan, klo ga direndam pakai molto pasti bau

    ReplyDelete
  3. Aku suka lupa, Mbak kalau lagi merendam. Iya iya ntar ntar lama-lama sudah sehariaaan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^