Social Icons

31 Oct 2016

Tips Menciptakan Keluarga Harmonis

Siapapun di dunia ini pasti menginginkan hidup bahagia dan memiliki hubungan antar keluarga yang harmonis. Walaupun sulit untuk dicapai, bukan berarti memiliki keluarga yang harmonis tidak mungkin untuk didapatkan. Ada saja cobaan cobaan yang Kadangkala kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari untuk bisa menciptakan keluarga yang harmonis seperti, himpitan ekonomi, tidak memiliki pekerjaan, merasa tidak bahagia, merasa kehilangan cinta, dan masih banyak alasan alasan lainnya yang menyebabkan sebuah keluarga kehilangan keharmonisannya. 



Bagi Anda yang ingin memiliki sebuah keluarga harmonis, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu anda. 


Sambung terus tali silaturahmi 

Tidak peduli siapapun, menyambung tali silaturahmi adalah salah satu kunci menjaga hubungan yang harmonis. Bahkan dengan pasangan kita sendiri, kadangkala ketika kita mulai kehilangan kontak atau kurang berkomunikasi, hal tersebut bisa menyebabkan keretakan dalam sebuah hubungan. 

Tumbuhkan rasa saling memiliki 

Salah satu rahasia seseorang bisa menjaga keluarganya untuk tetap harmonis adalah dengan menumbuhkan perasaan sayang atau perasaan saling memiliki satu sama lain yang membuat hubungan mereka semakin erat dan intens. 

Sering-sering lakukan sesuatu bersama-sama 

Bahkan sejak anak-anak masih kecil, ketika mereka masih balita, mereka seringkali mencoba membantu orang tuanya untuk melakukan berbagai hal. Namun kadang kala orang tua terlalu egois sehingga merasa anak tersebut tidak bisa membantunya. 

Padahal, Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Bahkan, walaupun mereka pasti tidak bisa melakukannya, memberikan kesempatan kepada anak-anak atau keluarga atau anggota keluarga untuk mencoba dan menghargai setiap jerih payah mereka walapun sepele akan membuat mereka merasa bisa diandalkan dan dipercaya. 

Perasaan tersebut seringkali memunculkan sisi psikologis yang membuat hubungan antar keluarga menjadi lebih luwes. 

Jangan ragu untuk memberi hadiah 

Hadiah adalah salah satu bentuk kepedulian, rasa cinta dan kasih sayang. Pada momen-momen tertentu, Anda bisa memberi anggota keluarga atau pasangan sebuah hadiah. Walaupun harga hadiah tersebut mungkin tidak seberapa, namun sebuah pemberian (hadiah) seringkali diartikan sebagai sesuatu yang harganya tak terhingga. 

Jadilah pendengar yang baik 

Keluarga yang kurang harmonis kadangkala disebabkan karena komunikasi yang kurang baik. Salah satu penyebabnya adalah karena banyak anggota keluarga yang tidak bisa menjadi pendengar yang baik. Padahal, di dalam kehidupan ini, setiap orang pasti akan mengalami suatu masalah yang memaksa mereka untuk mencari seseorang yang bisa diajak berbicara, tempat mengadu dan berkeluh kesah (curhat). Jadi, untuk menciptakan keluarga harmonis, setiap keluarga harus pandai-pandai menjadi pendengar yang baik. 

Tumbuhkan sikap saling menghargai 

Menghargai seseorang bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari, memberikan pujian, balas budi, menjadi pendengar yang baik, memberikan kepercayaan, memberikan perhatian, dan masih banyak cara-cara lain untuk menghargai seseorang. 

Apabila Anda pandai menghargai anggota keluarga yang lain, maka secara otomatis anggota keluarga yang lain kemungkinan besar akan menghargai anda. Saling menghargai akan menciptakan hubungan yang harmonis di dalam keluarga.

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^