Social Icons

25 Oct 2016

Cara Mudah Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Bergaul

Pergaulan sosial yang kita jalani sehari-hari kadang-kadang terasa begitu berat mengingat ada saja kelemahan-kelemahan yang membuat kita minder. Apalagi jika mental dan mindset yang kita miliki memang terkesan kuno atau banyak terpengaruh oleh adat istiadat, pergaulan di kampung, dan lain-lain. Ngomongin soal rasa percaya diri saat bergaul, pasti ada banyak penyebab mengapa kita merasa tidak percaya diri. Diantaranya adalah:

  • Karena kurang pengetahuan
  • Karena mental yang lemah
  • Karena sifat pemalu
  • Karena hasil didikan orang tua
  • Karena memiliki kelemahan (kekurangan tertentu)
  • Karena cacat
  • Karena memiliki penyakit tertentu. Atau yang lainnya


Tapi Apapun alasannya, jika kamu ingin meningkatkan rasa percaya diri agar lebih mudah bergaul dengan siapapun, beberapa tips berikut ini bisa kamu coba.

Jangan lupa berolahraga

Beberapa orang merasa minder dan tidak percaya diri karena memiliki bentuk tubuh yang tidak atletis. Atau karena terlalu gemuk (kelebihan berat badan). Rasa tidak percaya diri karena badan gemuk wajar-wajar saja. Akan tetapi yang perlu kamu sadari adalah, badan gemuk tidak hanya membuat penampilanmu tidak menarik, namun juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Mengingat kelebihan berat badan (obesitas) bisa menjadi sumber munculnya berbagai penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan lain-lain. 

Jadi, mulailah berolahraga atau setidaknya perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Hindari makanan-makanan yang berpotensi membuatmu kesulitan menurunkan berat badan.

Tambah pengetahuanmu

Tips percaya diri dalam bergaul selanjutnya bisa kamu dapatkan apabila kamu rajin belajar dan mau menambah pengetahuan agar tidak terlihat bodoh. Karena beberapa orang merasa minder ketika mereka tidak bisa berbahasa Inggris, merasa minder karena tidak pintar, atau merasa minder karena tidak memiliki keahlian tertentu. Jadi satu-satunya cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan rajin belajar dan banyak membaca.

Biasakan diri membuka pembicaraan

Banyak orang yang tidak merasa percaya diri, menemuka dirinya juga kesulitan untuk menyapa orang atau membuka pembicaraan ketika bertemu orang-orang baru. Jika kamu ingin berlatih meningkatkan rasa percaya diri, mulai saat ini cobalah untuk selalu membuka pembicaraan dengan siapapun yang kamu temui di jalan. 

Dan jika kamu ingin pembicaraan bisa lancar saat bertemu orang baru, kamu tidak boleh terlalu fokus dengan dirimu sendiri. Melainkan, kamu sebaiknya membicarakan apa yang menjadi minat atau apa yang menjadi profesi lawan bicaramu.

Berpenampilan menarik

Menurut penelitian, menggunakan pakaian bermerk dapat meningkatkan rasa percaya diri. Pakaian bermerk biasanya memang berharga mahal. Akan tetapi, tidak harus bermerek, pakaian yang rapi dan bersih yang cocok dengan tubuhmu dan membuat penampilanmu di cermin semakin menarik adalah sesuatu yang dapat membuat rasa percaya diri meningkat.

Pahamilah bahwa setiap orang memiliki kekurangan

Kadangkala, kita memiliki kekurangan yang tidak bisa kita tolak atau tidak bisa kita ubah. Kekurangan-kekurangan tersebut sudah sewajarnya apabila di terima dengan lapang dada. Kekurangan tidak harus disembunyikan. Akan tetapi bisa ditutupi dengan menonjolkan kelebihanmu yang lain agar kekuranganmu tersebut tidak terlalu terekspos.

Miliki sifat positif

Sikap, pikiran, dan sifat positif adalah tiga hal penting yang harus kamu miliki jika ingin meningkatkan rasa percaya diri. Jika kamu berpikir bahwa kamu memiliki hal-hal positif, maka sudah pasti orang lain pun memiliki hal-hal positif. Jadi, sebisa mungkin jauhi pikiran negatif atau hal-hal yang berbau negatif yang mungkin tidak menyenangkan bagi orang lain atau dirimu. 

Mulai saat ini, mulailah berbicara jujur, rajin tersenyum, tidak mudah tersinggung, terbuka, dan suka berterus terang. Selain itu, selalu bersikap positif dan berbuat positif dengan sering membantu orang, suka berderma, atau suka menjadi bagian-bagian penting, seperti ikut sebuah organisasi atau sejenisnya bisa juga membantu menumbuhkan sikap positif yang dapat meningkatkan rasa percaya diri.

1 comment:

  1. Betul, dengan menambah pengetahuan dengan misalnya membaca buku, ikutan training, atau datang ke acara seminar dan segala macemnya. Bisa meningkatkan rasa percaya diri, biar ketika ikut dalam satu perbincangan tidak roaming ya Mba.

    Nice article :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^