Social Icons

17 Apr 2013

Menjadi Blogger Setangguh Srikandi

KEB

Mengapa Kumpulan Emak Blogger memilih nama Srikandi Blogger untuk ajang terbaru mereka?

Pertanyaan itu yang ada dibenak saya, ketika membaca tentang KEB yang membuka pendaftaran untuk acara Srikandi Blogger 2013. Dan ketika membaca syarat-syaratnya, jujur, saya tidak terpikirkan untuk mendaftar. Sebelum membahas lebih jauh tentang Srikandi Blogger, saya mau bercerita tentang perjalanan saya dengan blog.

---000---

Awal saya membuat blog, karena ada seorang teman lulusan IT yang terus bercerita tentang blog. Ketika saya mendengar penjelasannya, saya langsung menyela, “Oh, berarti seperti buku harian ya.” Akan tetapi, teman itu malah berkata, “Terserah kita mau dibuat seperti apa, bisa sebagai buku harian atau bisa juga yang lain.” Kata-kata “bisa juga yang lain” ini mengusik saya. Saya penasaran dengan yang namanya blog.

Saya kemudian mencari buku tentang membuat blog. Satu demi satu, saya pelajari sendiri. Untuk orang yang tingkat kegaptekannya sangat parah. Hal ini tidak mudah. Walau pun sudah saya ikuti sesuai petunjuk buku, saya banyak menemui kegagalan pada awalnya. Alhamdulillah, akhirnya blog apa adanya bisa terwujud. Isinya pun sesederhana penampilannya. Postingan awal hanya berwujud tulisan-tulisan ungkapan hati dan menggunakan bahasa alay.

Pertengahan tahun lalu, saya mulai melirik blog yang sudah lama terbengkalai. Mulai menulis lagi. Lama-lama kok ketagihan menulis walau masih berkisar pengalaman sehari-hari. Seorang blogger senior yang sangat saya hormati pernah berkata, “Gunakan blog sebagai ladang ibadah, InsyaAllah semua akan menjadi berkah.” Dan kata-kata beliau memang benar adanya.

Tulisan-tulisan yang saya buat sambil lalu, ternyata ada yang memperhatikan bahkan ada yang mengirimkan pesan di Facebook atau email. Yang paling sering menanyakan tentang sedekah jodoh. Cerita yang saya tulis di blog pun semakin menunjukkan peningkatan. Yang awalnya hanya curahan hati gak jelas, perlahan-lahan berubah menjadi tulisan yang saya sisipi dengan hal-hal positif.

Saya mulai masuk ke berbagai komunitas blogger, dengan tujuan menambah pengetahuan tentang blog. Tidak dinyana, tidak hanya pengetahuan yang saya dapat, sedikit demi sedikit saya menjalin pertemanan dengan blogger lain. Canggung pada awalnya, lama-lama saling berbalas sapa dan canda. Senang sekali rasanya.

Salah satu komunitas blogger yang saya ikuti adalah Kumpulan Emak Blogger (KEB). Saya langsung merasa cocok di sini. Karena semua anggotanya perempuan, yang ditulis pun tentang perempuan. Mulai cerita tentang anak-anak, rumah tangga, hingga tips-tips yang berguna untuk kehidupan perempuan. Walau pun KEB masih berusia sangat muda, tetapi kegiatannya sudah banyak dan keren-keren semua. Dan yang paling saya suka, KEB mengadakan kelas online. Tidak hanya kelas mengenai blog, tetapi juga kelas editing, Salut banget dengan emak-emak yang ada dibelakang semua kegiatan KEB. Dua jempol saja rasanya gak cukup. Dan bulan Maret lalu, KEB mengadakan ajang pemilihan Srikandi Blogger yang pertama.

Apa yang terlintas pertama kali ketika mendengar kata Srikandi?

Perempuan yang tangguh adalah jawaban saya. Srikandi dalam cerita pewayangan Jawa adalah istri dari Arjuna yang ikut membantu ketikaPerang Baratayuda berlangsung. Bantuannya tidak hanya sebatas memberikan semangat terhadap suami, tetapi ikut berjuang di garis depan pertempuran, dengan busur dan panah yang siap menghunjam ke tubuh lawan.

Jadi jika KEB memilih nama Srikandi Blogger untuk ajang ini, itu sangat tepat. Para blogger perempuan memang termasuk perempuan-perempuan tangguh. Bayangkan, ditengah kesibukan mengurus anak, rumah bahkan mungkin bekerja di kantor, mereka masih bisa untuk menulis dan berbagi informasi lewat blog.

Ajang ini sangat bagus menurut saya. Sebuah apresiasi terhadap para blogger perempuan yang konsisten menulis ditengah semua kesibukan di dunia nyata. Dan ajang Srikandi Blogger ini bisa memacu blogger-blogger perempuan untuk terus menulis.

Gambar dari sini
Seperti yang sudah saya ungkapkan di awal, saya sama sekali tidak terpikirkan untuk mendaftar. Walau pun syarat memiliki blog yang berumur minimal dua tahun sudah terpenuhi. Saat itu saya berpikir, belum ada prestasi apa pun yang saya hasilkan dari blog ini, lebih banyak posting cerita hariannya. Hingga seorang emak lain mengajak mendaftar. “Ini kan acara komunitas kita, Mak. Kalau bukan kita yang meramaikan siapa lagi.” Bener juga ya. Akhirnya saya mendaftar tanpa ekspektasi apa pun. Diterima syukur,kalau enggak juga gak masalah. Hitung-hitung meramaikan saja.

Ketika saya dinyatakan termasuk dalam 50 nominasi Srikandi Blogger 2013. Saya kaget. Beneran nih? Kok bisa masuk ya? Pikir saya saat itu. Tidak menyangka sama sekali. Karena banyak emak lain yang blognya lebih oke dan lebih konsisten dalam menulis. Puji syukur saya panjatkan. Walau pun masih panjang jalan yang harus ditempuh untuk menuju 10 besar. Paling tidak saya sudah merasa sangat dihargai sebagai seorang blogger.

Jadi, sudah siapkah seorang Esti Sulistyawan menjadi Srikandi Blogger?

InsyaAllah saya siap jika amanah itu disampirkan di pundak saya.

Jika saya menjadi Srikandi Blogger 2013, hal-hal yang akan saya lakukan adalah:

1. Membuat Kelas Menulis

Saya ingin membuat kelas menulis baik online maupun offline. Kelas ini nantinya diampu orang yang berkompeten. Selain saya juga bisa ikut belajar, kelas ini akan menunjang kegiatan tulis-menulis teman-teman lain. Selain itu impian saya, mengenalkan dunia menulis bagi anak-anak. Agar anak-anak terbiasa dengan budaya menulis sejak kecil.

2. Mendorong Emak-emak lain untuk membuat blog

Saya akan mendorong perempuan-perempuan lain untuk bisa mengaktualisasikan diri melalui blog. Sebagai perempuan, saya sadar kalau emosi terkadang tidak stabil. Dengan menulis, saya seperti mendapatkan saluran untuk melepaskan energi negatif yang ada dalam pikiran. Dan saya perhatikan seorang perempuan yang menulis memiliki tingkat kecerdasan emosional yang lebih baik daripada perempuan yang tidak menulis. Ngeblog pun tidak perlu mengeluarkan banyak uang, karena bisa menggunakan platform gratis. Ini penting buat emak-emak sebagai menteri keuangan keluarga.

Saat ini saya sudah berhasil mengajak beberapa teman dan adik untuk membuat blog. Di masa mendatang, saya akan lebih giat lagi. Agar lebih banyak orang yang tahu nikmatnya ngeblog.

3. Menebar Kebaikan Melalui Tulisan

Harapan saya untuk diri sendiri dan blogger-blogger perempuan lain adalah menebar kebaikan melalui tulisan. Keindahan berbagi tidak hanya dengan memberi dalam bentuk barang, akan tetapi juga berbagi hal-hal yang berguna dan informatif dengan tulisan. Kita mungkin berpikir kalau tulisan kita tidaklah begitu penting, tetapi mungkin saja di luar sana, ada seorang yang membaca tulisan kita dan bisa memetik hikmah dari cerita-cerita kita.
---000---

Jika Srikandi dengan mantap menarik anak panah untuk membunuh lawan, maka para blogger perempuan juga harus mantap memegang busur berupa blog dan menarik anak panah berupa tulisan agar melesak ke hati para pembacanya. Dengan tulisan yang berisi energi positif kita bisa beribadah dan memberi manfaat dalam waktu yang bersamaan. Jika semakin banyak orang yang dengan sukarela berbagi hal-hal positif, bukan hal yang mustahil dengan tulisan, kita bisa membawa negeri ini pada perubahan yang lebih baik. 

93 comments:

  1. wah .. idenya keren mbak, semoga sukses ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahha, asyiki, gambarnya wayang.
      aneh2 aja yak gambarnya, tadi ada yang mirip ragnarok :D
      sekarang wayang, selamat yak mbak :p

      Delete
  2. Suka banget sama Paragraf Terakhir ...
    Mantaab s..Kereen !

    Sukses ya Maak
    Semangat menuju 10 besar srikandi blogger 2013

    ReplyDelete
  3. semoga sukses ke sepuluh besarnya ya mbaa..

    ReplyDelete
  4. semoga terealisasi harapan dan agendanya :)

    ReplyDelete
  5. Visi misinya keren mbak... Semoga sukses ya

    ReplyDelete
  6. sukses ya mak...dan tetap semangat menuju sepuluh besr..

    ReplyDelete
  7. sekarang jadi ketagihan ngeblog ya mbak

    ReplyDelete
  8. Semoga cita2 kita bersama KEB bisa terwujud ya mak.

    ReplyDelete
  9. tetap semangat ya mak, sukses dengan programnya

    ReplyDelete
  10. Selamat dan semangat yah mba.. smoga sukses menuju 10 besar :D

    ReplyDelete
  11. keren programnya..semoga masuk 10 besar

    ReplyDelete
  12. Keren mak, semoga masuk 10 besar yaaa!!

    ReplyDelete
  13. tulisan ini melesak masuk ke hatiku :)

    ReplyDelete
  14. semangat ya mak. kepilih nggak kepilih jadi pemenang Srikandi Blogger, 3 item cita2 itu, harus diwujudkan yaa dengan segala daya upaya. Niat baik sudah dicatat pahalanya :D
    semoga sukses dan semakin menjadi manfaat untuk alam semesta.
    Semoga masuk 10 besar, dan menang jadi Srikandi Blogger 2013 ya.
    saya dari Tim Oyeee SB2013, hihihi
    Loveyu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..yang penting tetep semangat Mbak :)

      Delete
  15. Seneng lihat tampilan blogmu, Mak. Cantik dan feminim. :)

    ReplyDelete
  16. Idenya keren lho, bunda jadi pendaftar pertama deh kalo ada Kelas Menulis Online nih. Perlu banyak belajar menulis. Semoga sukses di ajang SB2013. Kalaupum gak kepilih, tetapkan stick to ur idea.

    ReplyDelete
  17. Selamat ya Mba Esti, ayo terus melemparkan radar membuat blog bagi yang masih buta blog, hehee...

    ReplyDelete
  18. Kalau ibu membuat kelas menulis saya ingin ikut..glex..glex agar bisa membuat tulisan yang berkualitas.
    Ibu layak menjadi Sriknadi
    Salam sayang selalu dari Surabaya

    ReplyDelete
  19. semoga yang dicitakan mbak Evi untuk KEB bisa terwujud..

    semoga berjaya ya mbak di Srikandi Blogger

    ReplyDelete
  20. Whoaaaaa...
    Keren sekali misi nya ituh...
    dukuuuuuung :)

    ReplyDelete
  21. wah kereen mak.. cemuunguuddhh eeaa..*kok jd alay gini yak :D

    ReplyDelete
  22. Maju terus mbak
    mari membudayakan menulis dan membaca untuk kemajuan bangsa...
    dari Srikandi- Srikandi Blogger untuk Indonesia ^^

    ReplyDelete
  23. ayo semangat..tunjukkan pada dunia, bahwa Indonesia memiliki begitu banyak srikandi blogger yang hebat , semoga menjadi srikandi yang terbaik ya ...salam :-)

    ReplyDelete
  24. Wah hebat dan patut didukung nih,..pasti nanti akan banyak bermunculan Srikandi2 Blogger kita.

    ReplyDelete
  25. ooooooooooooooooo...... itu toh sejarah tetnag pewayangan srikandi wah salut sekali brrarti aku trhadap wanita yg tangguh mau berperang di shof nomer satu dengan menggunakan busur panah emank wanita sepeerti ini adalah wanita yang dicari setiap laki-laki hehehehehe
    semoga menjadi seperti srikandi yah mbak esti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooooh Mas Opick lagi nyari cewek yang bisa memanah ya *kedip2
      Aamiin makasi ya Mas:)

      Delete
  26. "menebar kebaikan emlalui tulisan"

    Yups, melalui tulisan yg bs jd media berkomunikasi lintas usia, dunia, gender dan semua varabel sosial.

    #mendukung Mbak esti utk treplih jd Srikand Blogger dan semoga terwujud semua planningnya kelak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..makasi ya Mbak Rie..aq udh dukung mbak Rie diliga blogger juga :)

      Delete
  27. Wuihhh...postingan calon pemenang nih mba *jempol*.
    Sukses menuju 10 besar ya mbaaa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah..kau membuatku maliyu
      Sukses bersama ya Teh :)

      Delete
  28. Mba, mbok kelas menulisnya dibuka sekarang saja. . .
    Aku langsung daftarr. . . :)

    Semoga sukses menjadi Srikandi Blogger ya, Mba. Doaku untukmuu. . ^_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha! Ketoke apik yo nek saiki, ayuk lah dirembug bareng :)

      Delete
  29. Idenya keren Mbak Esti, terutama membawa emak2 agar ngeblog..Terutama emaks yang sukan nonton sinetron..kayaknya perlu banget deh bisa menulis Mbak atau ngeblog Mbak..Jadi aku doakan Mbak Esti menang agar bisa mewujudkan cita-citanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Makasi Bu Evi
      Iya Bu, daripada nonton sinetron mendingan ngeblog :)

      Delete
  30. Semangat untuk Srikandi Blogger,
    Semoga niat baiknya tercapai

    ReplyDelete
  31. Mba Esi, kenal dengan blogger khusna khairunnisa tidak? dia sering komen di blognya Dhe tapi Dhe ga tau blognya dia apa. di google + nya juga ga ada linknya. Padahal pengen banget berkunjung ke blognya. Kalau kenal, kabarri ya mba.. makasiii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ups.. lupa! ini Dhe curahan matahari juga yah :D

      Delete
    2. Aq udah cek Mbak, sepertinya aq gak kenal :)

      Delete
  32. sukses menuju sepuluh besar ya mak...saya dukung idenya...

    ReplyDelete
  33. Wahhh...hebat, ajari aq nulis yg baik ya, aq koq merasa jadi emak alay :'[

    ReplyDelete
  34. Mak, nanti saya daftar ikutan kelas menulisnya, ya :)

    ReplyDelete
  35. Selamat melaju ke 10 besar Jeng Esti, registrasi online kelas menulisnya Jeng. salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Bu Prih..hihi nanti saya kabari Bu :)

      Delete
  36. Uhuk uhuk keren abiss makk^^
    Sukses yaa

    ReplyDelete
  37. semoga sukses mbak esti....*hugs*

    ReplyDelete
  38. programnya mantaps maak. semoga bs terwujud

    ReplyDelete
  39. Saya dukung programnya. Apalagi yang kelas menulis. Emang perlu banyak latihan dan saling berbagi ilmu nulis kalo pengen tambah bagus tulisannya....

    Sakseis ya, Mak~!

    ReplyDelete
  40. aku dukung program2 mbak esti. biar mba bisa lolos jadi srikandi dan ketemu di solo :D semangat semangattt! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaaaat :)
      Aaah mudah2an ya..jadi kan bisa ketemu kalian :)

      Delete
  41. Ok, Kakak. Saya ikutan daftar kelas menulisnya. SEKARANG! #eh hihihih

    Sukses, sukses....
    Semoga masuk 10 besar. Aamiin...

    ReplyDelete
  42. Wow harapan yang mulia mbak ... moga masuk 10 besar ya :)

    ReplyDelete
  43. Saya bener2 salut sama yang tulisannya rapi kayak tulisan Mak Esti ini.
    Semoga sukses ya, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak begini rapi ya hehe
      Makasi Mak, sukses juga untukmu :)

      Delete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^