Social Icons

27 Jun 2016

Makanan Penurun Darah Tinggi

Darah tinggi bukan penyakit asing bagi masyarakat kita. Banyak orang di sekitar kita yang memiliki riwayar penyakit ini, termasuk dari keluarga Pak Budhi. Saya pun sempet was-was juga kalau Pak Budhi mulai mengeluh kepalanya pusing. Bisa jadi itu merupakan awal keluhan tekanan darahnya naik. Karena konon kabarnya penyakit ini menurun, saya pun mulai antisipasi sedini mungkin agar Pak Budhi jangan sampai terkena penyakit darah tinggi.


Langkah awal yang saya ambil adalah menyiapkan makanan yang sehat. Sebagai tukang masak di rumah, tentu saja saya yang bertanggung jawab terhadap asupan makanan seluruh penghuni rumah. Apalagi darah tinggi ini erat kaitannya dengan pola makan. Oleh sebab itu, saya selalu memperbanyak porsi sayuran khusus untuk Pak Budhi. Dan untungnya Pak Budhi doyan banget sama yang namanya sayuran. Dia hanya tidak suka sayuran yang pahit seperti  pare dan daun pepaya. Oke deh, gak masalah toh sayur lain masih doyan pake banget.


Selain sayuran, saya juga menyiapkan buah-buahan sebagai camilan sehat. Pak Budhi masih belum bisa lepas dari cemilan roti-rotian tapi paling tidak waktu nyemil ada buah yang masuk sebagai selingan. Buah memang dipercaya sebagai makanan penurun darah tinggi yang ampuh. Karena udara di Semarang yang panas, buah-buah ini saya masukan terlebih dahulu di kulkas sehingga waktu disantap buahnya sudah dingin. Buahnya tinggal dibersihkan, dikupas, dan siap disantap.

Yang tidak kalah penting adalah olahraga teratur minimal seminggu 3 kali selama 30 menit. Ini nih yang masih jadi PeeR, yah mau gimana kalau pulang kerja udah sore dan capek pengennya langsung istirahat atau paling gak leyeh-leyeh di rumah main sama anak ya hehe. Tapi ini disiasati dengan berolahraga jalan pagi di akhir minggu. Sambil bawa anak jalan-jalan juga kan? Jadi olahraga sekalian refresing.

Selain sayur dan buah, saya juga diberitahu bahwa susu rendah lemak juga dapat menurunkan darah tinggi. Kalau yang ini tidak usah disuruh, kami sudah mengkonsumsinya, enak sih hehe.

Buka hal mudah meurunkan tekanan darah bila sudah terlanjur tinggi, oleh karena itu lebih baik mencegah daripada mengobati. Daripada nanti repot sendiri degan pola makan yang kebablasan, lebih baik polamakan mulai ditata dari sekarang, bukan?

So, temans, adakah yang punya tips untuk menurunkan darah tinggi yang kalian tahu? Saya tunggu sharingnya ya J

2 comments:

  1. aku malah darah rendah dan sering pusing kepala mbak, huhuhu

    salam,
    ara

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^