Social Icons

21 Sep 2015

Olahraga yang Baik Untuk Penderita Diabetes Melitus

Penyakit diabetes melitus atau biasa juga disebut sebagai penyakit kencing manis adalah suatu kondisi dimana tubuh terlalu memiliki kadar gula darah terlalu tinggi. Tidak terkontrolnya kadar gula darah dalam tubuh tersebut diakibatkan oleh produksi insulin yang di hasilkan oleh pankreas tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal tersebut dapat diakibatkan dari disfungsinya organ pankreas sehingga tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi insulin ataupun pankreas masih memiliki kemampuan untuk memproduksi insulin namun kinerjanya menjadi melemah karena sebab tertentu misalnya akibat tumpukan lemak berlebih yang terkonsentrasi dalam tubuh.

Tumpukan lemak dalam tubuh dimana penderitanya rata-rata mengalami obesitas dapat disebabkan dari gaya hidup tak sehat yang diadopsi, dimana asupan makanan yang masuk dalam tubuh tidak diperhatikan dengan baik dengan pengkonsumsian makanan berlebih yang tidak disertai dengan olahraga secara teratur. Padahal untuk olahraga sendiri memiliki banyak manfaat bagi bagi tubuh jika dilakukan secara teratur. Olahraga teratur dapat membuat seseorang lebih terhindar dari konsentrasi lemak berlebih pada tubuh yang mana menjadi satu faktor pemicu seseorang dapat terjangkit dan terserang penyakit kronis diabetes melitus tersebut.

Olahraga rutin juga masih menjadi kebutuhan penting yang harus tetap dilakukan oleh orang yang sudah terlanjur terkena penyakit kencing manis ini, agar kadar gula darah dalam tubuhnya tetap terkontrol dan terjaga kestabilannya. Ada beberapa jenis olahraga yang sangat baik dilakukan oleh penderita penyakit diabetes (kencing manis) dan direkomendasikan untuk teratur melakukannya. Jenis olahraga tersebut adalah :

1. Angkat Beban

Latihan angkat beban secara teratur yang dilakukan pasien diabetes dapat meningkatkan kekuatan tulang serta massa otot. Selain itu, jenis olahraga tersebut juga efektif membakar lemak berlebih pada tubuh yang dapat menghambat kerja pankreas dalam memproduksi insulin agar kadar gula darah dalam tubuh tetap dapat dikontrol dengan baik. Latihan angkat beban tersebut dapat dilakukan dengan cara mengangkat barbel, sit up, maupun push up.

2. Aerobik

Olahraga yang baik dilakukan penderita diabetes selanjutnya adalah aerobik. Aerobik yang dilakukan minimal 5 kali dalam seminggu dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, mengurangi kadar glukosa, kolesterol, menstabilkan tekanan darah sehingga penderita diabetes dapat tampil lebih bugar dan prima. Contoh aerobik yang dapat dilakukan tersebut salah satunya ialah berjalan cepat.

3. Peregangan

Peregangan baik dilakukan bagi penderita diabetes karena dapat mencegah timbulnya kram, kaku, serta cedera pada otot. Disamping itu latihan peregangan yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi rasa stress yang dialami penderita diabet sehingga aliran darah dalam tubuh tetap dapat berjalan dengan baik.

4 comments:

  1. aku pengen sekali aerobik selain sehat juga membakar lemak :)

    ReplyDelete
  2. angkat beban ada nih alatnya di rumah mbak :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^