Social Icons

11 Sep 2015

Ciri-Ciri Gejala Penyakit Kanker Hati

Kanker hati primer adalah sejenis penyakit ketika sel kanker yang mulai tumbuh berasal dari dalam organ hati. Beberapa tipe dari kanker hati primer ini diberi nama yang disesuaikan dengan asal sel kanker tersebut tumbuh. hepatocellular carcinoma (HCC) atau yang dikenal dengan hepatoma tumbuh dari sel-sel utama organ hati yang disebut Hepatocytes merupakan 85% yang ditemukan dari kasus kanker hati primer. Sehingga gejala penyakit kanker hati primer ini begitu berbeda dengan lainnya.

Pasien yang menderita HCC ini cenderung memiliki ciri-ciri penyakit kanker yang berbeda dengan beberapa penyakit hati kronik lainnya. Dengan adanya gejala yang semakin memburuk dari kanker hati kronis seperti sakit kuning, pembengkakan perut yang diakibatkan oleh cairan (ascites), encephalopathy (perubahan kondisi mental) maupun pendarahan yang terjadi pada sistem pencernaan akan meningkatkan kemungkinan berkembangnya HCC. Selain itu, ada beberapa pasien yang juga kehilangan berat badan, merasakan nyeri pada perut bagian atas, mudah kenyang, anoreksia, letih lesu serta munculnya benjolan yang terasa pada bagian perut atas.

Mengetahui adanya indikasi gejala penyakit kanker hati primer (HCC) tentu saja harus sesegera mungkin mengambil tindakan penanganan. Tipe-tipe untuk pasien penderita kanker hati tergantung dengan stadium dari kanker tersebut (ukuran serta tingkat penyebaran kanker) maupun kondisi kesehatan dari pasien tersebut secara umum. Prosedur tindakan pengobatan utama yang direkomendasikan yaitu ablasi, bedah, kemoterapi, radioterapi, serta terapi kanker secara terarah.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^