Social Icons

10 Sep 2015

Langkah Cuci Tangan dan Kapan Saat yang Tepat untuk Mencuci Tangan?

Selama ini mungkin kita sudah sering kali mendengar mengenai slogan untuk selalu mencuci tangan, namun sebenarnya apa saja manfaat yang diberikan dari kebiasaan tersebut. Cuci tangan merupakan hal kecil namun sering kali dilupakan oleh masyarakat, padahal memberikan manfaat yang sangat besar, salah satunya sebagai bentuk untuk menjaga kesehatan tubuh. tak hanya anak-anak saja yang harus dibiasakan dengan hal ini melainkan juga orang dewasa. Ada langkah cuci tangan yang harus diketahui agar hasil juga lebih maksimal.

Langkah mencuci tangan tak hanya sekedar membasuh menggunakan air dan mengelapnya, melainkan jauh lebih baik dengan mengandalkan sabun, apalagi sabun khusus untuk kesehatan. Lalu sebenarnya kapan saja waktu yang tepat dan wajib bagi kita untuk selalu mencuci tangan, berikut ini diantaranya:


  1. ·         Sebelum dan sesudah memasak, memasak merupakan kegiatan wajib bagi ibu rumah tangga, menyajikan hidangan untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga akan gizi, namun juga tak sembarangan meskipun rutinitas seperti makanan memang menjadi kewajiban dan penting untuk dilakukan nyatanya makan juga bisa menjadi berbahaya jika ada kuman yang terkandung di dalamnya, untuk itu siapapun yang mengolah masakan tersebut harus selalu menerapkan kebiasaan bersih seperti mencuci tangan.
  2. ·         Sebelum dan sesudah makan, untuk menghindari agar kuman masuk dan ikut tertelan akan jauh lebih mudah melakukan kebiasaan bersih untuk selalu rajin mencucinya.
  3. ·         Setelah dari kamar mandi, baik itu melakukan rutinitas buang air besar maupun buang air kecil, karena toilet sendiri pada dasarnya merupakan tempat yang penuh akan kuman, suhu yang senantiasa lembab membuat berbagai jenis kuman dapat dengan mudah berkembangbiak disini.
  4. ·         Setelah memegang hewan, baik peliharaan maupun tidak, cukup banyak penyakit yang bersumber dari hewan, salah satunya flu, namun bukan hanya influenza biasa saja.


Itulah 4 saat yang paling tepat dalam mencuci tangan, namun tak ada salahnya juga bagi Anda untuk selalu menerapkan kebiasaan baik tersebut dalam kondisi apapun, jangan sekedar mencuci namun dengan langkah cuci tangan yang tepat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^