Social Icons

30 Jul 2013

Jawaban Tersulit

Nenek berusia 70 tahun itu menghela nafas panjang. Matanya menerawang jauh mengingat suaminya yang tak kembali setelah ikut bergerilya melawan negara yang menginjak-injak kedaulatan negara tercinta ini. Dan sekarang cucu lelakinya menanyakan pertanyaan yang tak pernah dibayangkannya. Si nenek tak sanggup memberikan jawaban tersulit dalam hidupnya. 

"Kalau terjadi perang dengan negara tetangga yang mengklaim batik sebagai milik mereka. Bolehkah aku ikut berperang, Nek?"


35 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan;Enam Puluh Tiga
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Hfff. berperang hanya karena batik? Damai aja deh :D

    ReplyDelete
  3. Boleh banget! Tapi, udah yakinkah? Kalo belum, lebih baik ga usah. Karna perjuangan yang ga didasari keyakinan ga kan menghasilkan apa2, kecuali penderitaan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya si cucu udah yakin banget noh :)

      Delete
  4. wah .. bisa kebayang andai di posisi nenek itu ya mbak

    Good luck buat GA nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, pasti sedih banget ya
      Makasi Mbak

      Delete
  5. kalau diperlukan siaaapp
    membela negara juga jihad kok selama dalam kebenaran.

    ReplyDelete
  6. Just hear your inner voice mbak...bukan hanya sekedar ikut-ikutan berperang.

    ReplyDelete
  7. berperang secara gerilya tak harus via bambu runcing dan senjata tajam kan Cu? boleh sajaaaa *jawab nenek bijak ;)

    ReplyDelete
  8. Dooh, jangan sampe perang lagi deh... :)

    ReplyDelete
  9. Boleeeehhh... #lagi bertanduk.

    Tapi jangan gara2 batik saja... harus karena pelanggaran kedaulatan NKRI. B|

    ReplyDelete
  10. Ternyata berperang tentang batik ya :)
    Good Luck mbak Esti buat GAnya

    ReplyDelete
  11. Kasihan neneknya. Semoga sukses ya Mba Esti.. :)

    ReplyDelete
  12. Kalau cuma demi batik, sepertinya tak perlu angkat senjata Nek.

    ReplyDelete
  13. keren banget ide lombanya. dan keren pula tulisannya. paragraf terakhir sederhana tapi menohok :)

    ReplyDelete
  14. tapi cu.. oleh unesco sudah diakui batik sekarang sudah jadi warisan dunia yang berasal dari Indonesia.. jadi tak udah perang cu

    ReplyDelete
  15. Silakan Cu, saatnya berperang melalui karya disain batik yang khas maupun yang disuka banyak orang. Sukses Jeng Esti. Salam

    ReplyDelete
  16. Ini "Pertanyaan Tersulit" atau "Jawaban Tersulit" ya Mbak...

    ReplyDelete
  17. huwaduh...
    jangan! jangan sampe perang!!!

    ReplyDelete
  18. boleh dong masak berperang ndak boleh

    ReplyDelete
  19. Jiah...
    Moga menang yaaw mbak
    Aku gak sempat ikutan ini T.T

    ReplyDelete
  20. Waah, jadi sudah lewat masa pensiun masih tetep bertugas yaa.. hiks :(

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^