Social Icons

26 Jul 2013

Harus Baju Barukah?


Untuk Lebaran tahun ini, awalnya kami mau menjahitkan kain batik yang akan kita pakai sebagai seragam keluarga saat adik menikah akhir Agustus nanti. Sekalian gitu. Eh tapi karena sibuk, jadi kelupaan. Dan ketika telpon ke penjahit langganan, si ibu sudah gak terima lagi karena sudah penuh jahitannya. Karena itu saya pun mengajak suami untuk membeli baju baru di salah satu  pusat perbelanjaan di Semarang.

"Harus baju barukah?" Pertanyaan itu dilontarkan suami ketika saya mengajaknya.

"Bajunya buat halal-bihalal di kantor, Mas," jawab saya.

"Lho, kan gak harus baru. Baju yang lain banyak dan masih bagus-bagus kok." Suami mulai berargumen. Dan mulai menyebutkan baju bepergianku satu-persatu.

Baju bepergian milik saya memang tidak banyak, karena saya sendiri tidak begitu suka membeli baju. Seperlunya saja. Kalau memang butuh, ya, baru beli. 

"Baju koko abu-abu saya kan jarang dipakai dan kamu bisa pakai gamis abu-abu yang tahun kemarin di beli?" Suami menyebutkan salah satunya.

"Itu sudah dipakai halal-bihalal tahun kemarin," saya menjawab sambil lalu.

"Dipakai lagi kan gak apa-apa. Emang siapa yang bakal memperhatikan?" Suami bertanya lagi.

"Ih, siapa bilang gak ada yang memperhatikan," saya menyahut.

"Masak sih, ada yang memperhatikan. Orang yang hadir kan banyak banget," kata suami sambil mengerutkan kening. Sebagai informasi saja, pegawai di kantor berjumlah sekitar 160 orang. Dan 90% akan datang bersama dengan suami/istri dan anak-anak mereka. Jadi mungkin ada sekitar 500-an orang yang datang.

Saya pun mulai bercerita, "Waktu itu saya masih lajang, Mas. Memakai baju muslim putih yang kamu suka itu di acara halal-bihalal tahun 2005. Nah, saya juga berpikir sama seperti, Mas. Siapa sih yang bakal memperhatikan baju seseorang diantara begitu banyak orang. Halal bihalal tiga tahun kemudian (2008) baju muslim putih itu saya pakai lagi. Eh, setelah beberapa hari berselang, ada teman yang tanya, bajumu yang kemarin kan sudah pernah kamu pakai waktu halal-bihalal beberapa tahun lalu kan?"

"Hah? Serius?" Mas kaget.

"Iya, beneran. Saya aja sampai kaget." ucap saya

"Ya, sudah, nanti kalau THR keluar kita belanja," Suami menenangkan.

-----000-----

Dan kemarin saya dengar informasi dari seorang teman, kalau halal-bihalal akan dilaksanakan tanggal 13 Agustus. Saat itu sudah hari kerja. Waaaah, aman gak perlu beli baju. Karena sudah hari kerja, jadi cukup pakai baju kerja aja hahaha. Duit buat beli baju bisa untuk yang lainnya. Alhamdulillah *elus-elus dompet.

Sudahkah membeli baju baru untuk lebaran, temans? ^_*


75 comments:

  1. Salut ...
    sekaligus mengerikan ...

    hahaha

    Pakaian yang dikenakan tiga tahun masih hafal dia.
    Tidak adakah hal lain yang dihafalnya ?


    salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha wajah saya juga pasti tampak mengerikan ketika itu Om

      Delete
  2. ya jelas diperhatikan dong ah.. artise blogger gitu lah yaw

    ReplyDelete
  3. Hehehehehe...
    Mba, bukannya udah telat nih? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, gak tahu ya Mbak, kemarin sih masih banyak yg daftar di belakangku :)

      Delete
  4. waduh itu temen kok bisa hafal banget sih...
    kepo-an ya orangnya, emang kenapa kalau pakei baju yg lama, artinya kan Esti masih langsing seperti 3tahun lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo dipikir2 iya juga ya Bu, berarti saya tetep dong BB-nya
      Gak ada kerjaan dia Bu :)

      Delete
  5. aku sih sering beli baju soalnya belinya yang murah 2 bulan juga udah robek hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prinsipnya beli murah biar kelihatan ganti2 ya Mak?

      Delete
  6. Itu temennya kok sempat2nya ngapalin baju ya mbak? Hihi

    Kalo saya sudah beli via onlen sblm puasa mbak, maklum baju sebelum melahirkan sudah ga muat semua huehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha
      Saya gak pernah beli onlen Mbak
      Takut gak cukup :P

      Delete
  7. Mantep banget mba, dialognya sama suami emba..^^
    Gia belum beli baju baru..
    Tapi pangen beli banget mba.. mau beli gamis ahh.. ya karena emang Gia balum punya gamis sama sekili ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah..Gia pasti tambah cantik nih kalo pke gamis :)

      Delete
  8. keren banget nich hehe salam kenal aja deh, moga bajunya bisa sampai tahun ke lima.....!

    ReplyDelete
  9. :D
    merinding, mba... hihi. jangan2 ada sodaraku juga yang begitu, haha. sampe ibuku juga nyuruh beli baju baru, padahal bulan2 sebelumnya jg udh ada baju :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha mungkin aja La
      Memang ada beberapa orang yg rese :)

      Delete
  10. Sebagai tradisi turun temurun memang untuk yang ini sudah di hilangkan tapi apa salahnya di hari kemenangan itu kita merayakannya dengan suka cita disaat hari kemenangan menggunakan segala yang baru.
    Nice blog

    ReplyDelete
  11. Iihhh.. Tmn mbak tu ga da kerjaan po ko sempatnya nhapalin bju org??!!! Btw sslut buat Drimu yg than godaan belanja kl daku mahhh... Capcay dyeeehh.... (nglirik dompet yg mkin tpis hikzz....)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha banyak kebutuhan lain, jadi belanja nomer sekian :)

      Delete
  12. stuju tuh sama responnya mom traveler (mba muna sungkar) gak ada kerjaan banget merhatiin bajunya orang..padahal udah tiga tahun ya..

    padahal bilang aja,"knapa, masalah? mau bliin baju baru buat saya?"
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha biarin aja lah, anggap aja sebuah perhatian :)

      Delete
  13. Hmmm terlalu pengiritan ato emang kurang sreg dengan euforia soal baju dan pernak pernik yang baru ya. Buat aku yaa mba, hari raya ramadhan ini skaligus sebagai penanda smngat anak2 , reward mereka atas perjuangan menahan godaan. Dan yang terpenting ga harus bermerk dan mahal. Cukup manis dan sedap dipandang mata plus harga terjangkau pula. Selamat deh mb, nyoba hal baru ;)

    ReplyDelete
  14. iya, emang ada orang kayak gitu. padahal kita sendiri kadang cuek-cuek bebek ya. :D
    Tetapi aku sudah beli kok. hihihi

    ReplyDelete
  15. Hahah.....
    Kalau saya sih bila memang ada rezekinya ya beli baju baru, meskipun satu. Soalnya kalau ternyata nanti foto-foto, gimana? Masa bajunya sama padahal tahun sudah berganti? Anak saya sudah saya belikan baju baru untuk lebaran, ya karena dia ketemu saudara2nya juga ga sering2, dan itu tadi, saat foto kelurga, bajunya ga sama dengan yang tahun lalu, hehehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mbak, masak di poto bajunya sama mulu, gak acik dunk :)

      Delete
  16. Wah teman Jeng Esti tadi hendak memuji, pandainya merawat diri hingga tetap asyiik spt 3 tahun berlalu... Mau ditemani belanja Jeng? salam

    ReplyDelete
  17. aku punya sepasang baju ma suami yg sudah 3 tahun berturut2 dipake lebaran. ga ada yg ngenali. mungkin karena dimodif dikit. lebaran ini juga.. rencana mo ditambahin korsage di pundak agar nampak baru lagi. xixi.. pengiritan.

    ReplyDelete
  18. Ya ampuuun. Tiga tahin. Heibat dan menyeramkan euy Mba Esty. Kalo bajumah kalo pengen dan butuh ya beli kalo engga ya biasa aja sih. Hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Qiqiqi jangan2 dia secret admirer ku ya Mas :)

      Delete
  19. Kalau aku harus, MBa. Hahahahaha

    Orang itu masih ingat, karena hbis lihat album photo yak? :D

    ReplyDelete
  20. Hampir setiap lebaran, nyaris tak pernah beli baju baru. Satu baju malah sudah kepakai di beberapa lebaran. Syukur ga ada yang memperhatikan :)

    ReplyDelete
  21. belum beli mbk soalnya sering pake baju yang masih bagus hehehe.......

    ReplyDelete
  22. lama gak kemari, ibu! kapan halal bi halal ama gue? hohoho, ngarep ketemu artis... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh..gak enak nih, ada seleb blogger kendal yang pengen ketemu :)

      Delete
  23. lah, kok, usil bener temennya sampe dikomentarin kalo bajunya udah pernah dipake? kalo ada orang kaya gitu mending tutup kuping -_-

    saya, sih, belum beli baju lebaran. nggak tahu nanti sempat beli atau nggak. kalau nggak sempat ya pakai baju yang lama :D

    ReplyDelete
  24. gak usah pikirin temen yg sok perhatian padahal ngejek itulah. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gak lah mas, malas banget klo diingat-ingat :)

      Delete
  25. Orang yang memperhatikan baju orang lain biasanya karena dia merasa bajunya selalu baru.
    Kalau orang tersebut nggak berbaju baru pasti kalimat tadi nggak mungkin "kewetu" dan nggak mungkin diucapkan...
    Kalau saya sendiri nggak harus beli baju baru, tapi istri saya kayaknya harus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Pak, saya malah gak pernah kepikiran ke situ
      qiqiqi Bu Mars sudah beli ya Pak? :)

      Delete
  26. kalimat komentar senada, br saja kemarin di ceritain oleh teman saya. Tapi ini versi anak-anak, karena si anaknya teman itu komentar kalau baju yg di pakai kakeknya kok sama kayak bajunya orang lain.

    #ternyata mmg motif batik bajunya sama, krn baju pas seragam ada manten keluarga getu.

    ReplyDelete
  27. sebenarnya gak harus juga sih.. cuma skrg dah jadi tradisi :)

    ReplyDelete
  28. belum beli baju baru aku mbak :)

    ReplyDelete
  29. ngemengin baju baru jadi pengen cepat ke distro alnya bentar lagi mo lebaran nich he he he?

    ReplyDelete
  30. aku belum beli baju baru Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih..dari Jakardah harusnya beli sekalian mbak :)

      Delete
  31. kalau menurut saya wajib bagi anak anak aja salam kenal aja.....!

    ReplyDelete
  32. Hm belum tuh mbak :)
    Heran deh saya kalo ada yang mengomentari baju orang sampai segitunya. Sampe ingat pernah dipake kapan. Tapi orang2 begitu ternyata ada ya :D

    ReplyDelete
  33. hi hi, bingung jawabnya.....kadang2 kalau suka sama suatu baju dipakai terus deh, jadi egp kalau dibilang bajunya itu2 terus jeng..xi xi xi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe emang paling enak deh kalo egp aja mbak :)

      Delete
  34. Sebenarnya gak perlu baru, tapi kesempatan unutk emmbeli kadang setahun sekali jadi lebih baik sekalian untuk merayakan kebahagiaan hari raya

    ReplyDelete
  35. Huwah...keren jg itu temennya mbak hahahaha.

    Aku biasanya mikirin baju justru pas ngebolang, kalo bisa jgn pake baju yg sama, kan pasti putu2 tuh ya, ga asyik aja pake baju yg sama di Dieng sm di Kuta, misalnya. hahahaha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haish, emang kalo foto2 baju sama terus kayaknya gimana gtu ya :)

      Delete
  36. Hahahahaa.. udah 3 tahun padahal yaa.. Hebat banget deh, masih inget.

    Saya akhir ini juga ga mesti pake baju baru, tapi ya tetep ga make yang pas tahun kemaren juga. Yang 3 tahun aja masih diinget, hahaha

    ReplyDelete
  37. heheh...
    sudah menjDI kebiasaan sih ya, tiap lbaran identik baju baru, susah di hindari

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^