Social Icons

31 Aug 2012

Hidup Sekali Harus Berarti

Hidup Sekali Harus Berarti, Jadi Mengapa Harus Menunggu dan Menunggu untuk Bermanfaat bagi Orang Lain

Hidup Sekali Harus Berarti adalah terjemahan bebas dari salah satu kalimat puisi Diponegoro karya Chairil Anwar yang berbunyi "Sekali Berarti Sudah Itu Mati". Kalau dalam bahasa Jawa ada ungkapan "Wong Urip Iku Mung Mampir Ngombe" yang diartikan dalam bahasa Indonesia adalah "Orang hidup itu diibaratkan seperti istirahat sejenak untuk minum". Ungkapan yang sederhana tetapi makna yang terkandung sangat dalam.

Sering kita tidak pernah berpikir akan kematian padahal kematian itu lebih dekat dari urat leher. Karena itu kita sering menunda-nunda kebaikan; bersedekah kalau sudah punya rumah mewah, membantu fakir miskin kalau diliput oleh media, membantu anak yatim supaya dipuji atasan. Begitu banyak alasan, begitu banyak penundaan.

Rasulullah Shallallahualaihiwassalam bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

Melakukan apa yang kita bisa (saat ini) agar kita berarti bagi orang lain, negara dan bangsa tercinta ini, dan kehidupan kita pun berarti sebelum kita mati, serta InsyaAllah menjadi tabungan untuk kehidupan kekal nanti.

Sudahkah kita bermanfaat/berarti bagi orang lain, kawans?

Motivasi Berwarna untuk marsudiyanto.net

70 comments:

  1. Seeep...
    YOLO, you only live once hihihi~

    ReplyDelete
  2. good luck ya mbak d kontesnya Pak Mars

    ReplyDelete
  3. Weh mbak es detik2 terakhir yoo :D

    Hidup sekali dan bikin yang terbaik :D
    Sukses yaa mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya niar, sampe keringeten hehe
      sukses juga buat Niar :)

      Delete
    2. hahahah sama yaa mbak :D
      Ternyata nomer urut ku dibawah e mbak esti :D

      Delete
    3. heeh, mlebu spam wingi :P
      tiwas gembrobyos

      Delete
  4. Benar jeng, mari kita menjadi manusia yang kaya arti yang kehadirannya dinantikan orang.
    Kita berbuat kebaikan sesuai kemampuan kita karena kebaikan yang kita buat akan kembali ke kita lagi.

    Salam hangat selalu

    ReplyDelete
  5. benar mbak ... dulu kepsek aku juga sering bilang hidup sekali hiduplah yang berarti ... hehehehehehehe #jadi ingat sekolah#

    ReplyDelete
  6. saya masih termasuk orang yang suka menunda-nunda :(
    Ayo berubah! :)

    ReplyDelete
  7. selalu mencoba biar berguna untuk orang lain :)

    ReplyDelete
  8. Wah, pertanyaan terakhirnya bikin makjleb hehe :)
    Sudahkah? Sudahkah? Ya, saya usahakan hehe

    ReplyDelete
  9. terkadang kemilau dunia membuat kita melupakan kemilau akhirat :)

    ReplyDelete
  10. emoga kita selalu berusaha menjadi org yg bermanfaat bg org lain :)

    ReplyDelete
  11. setuju mba..kita harus jadi orang yang bisa memberi manfaat bg orang lain..walaupun sedikit..syukur2 klo bs banyak ya mba.. :)

    sukses juga buat GAnya ya mba Esti.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, mensukuri hidup dengan cara berbagi manfaat

      Makasi mbak:)

      Delete
  12. Mbak Esti...

    Taqaballahu mina wa minkum. Mohon maaf atas segala salah dan silap saya. terutama yang jarang silaturahim ke sini...

    Aish, malah OOT. Hmm, kadang hal2 kecil kayak gitu saya gak mikir jauh2, bahkan yang ada di depan mata untuk dibuatpun terkadang enggan karena berpikir kemalasan :(

    ReplyDelete
  13. sukses dengan kontesnya ya mbak

    maaf lahir dan bathin :)

    ReplyDelete
  14. yupp pertanyaan akhirnya nusuk,,, :( terimakasih karena sudah diingatkan.. tugas kita menyejarah dimuka bumi adalah utk itu bukan ;) walau hanya mendekati (gak bisa sempurna).. mendekati 'rahmatan lil alamin' :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mas, paling tidak selalu berusaha yg terbaik :)

      Delete
  15. saya sendiri pun selalu berusaha merubah diri saya agar lebih berguna bagi orang lain . :)

    ReplyDelete
  16. setuju, semoga kita bisa bermanfaat bagi orang lain

    ReplyDelete
  17. Semoga kita selalu berusaha agar berguna bagi orang lain ya Mbak Esti..Ngapain ngabis2in umur kalau cuma mementingkan diri sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bu..semoga saja :)
      Sangat tidak berguna ya bu kalo cm mentingin diri sendiri

      Delete
  18. setuju hiduo cuma sekali.. maka berbahagialah.... have fun go mad... hehehehe

    ReplyDelete
  19. Wah, sangat memotivasi sekali neh. Makasih banyak ya, Mbak, jadi bersemangat dan berusaha menjadi bermanfaat bagi diri dan orang lain dalam kehidupan ini.

    ReplyDelete
  20. never wait...keep movin. Jalani dan hadapi karena kesempatan harus diambil.

    ReplyDelete
  21. Singkat tapi padat mbak. Di mana2 seharusnya kita bisa bermanfaat buat orang lain ya mbak ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak :P

      Ngikut model penulisan Pak Mars yang singkat,padat, mengena :)

      Delete
  22. Dunia ini ibarat sebuah ladang, apa yang kita tanam...itulah yang akan kita panen di akhirat kelak

    ReplyDelete
  23. sekali berarti... habis itu mati....

    saya lupa ini kata kata siapa, yang pasti kata2 ini ada di film Punk in Love

    ReplyDelete
  24. suka ... survive, success dan pada akhirnya yang dicari adalah significant ...

    ReplyDelete
  25. Pagi...
    Kunjungan perdana Saya Gan.. Silahkan Mampir ke blog saya ya Gan
    http://teknokultur1.blogspot.com/2012/07/hadiah-mobil.html

    ReplyDelete
  26. Salam Takzim
    terseret dari dashbord, eh ada ibu esni
    lam kenal juga ya bu, sukses untuk semua postingan yang telah ditulis, dan akan menjadi isfirat bagi para blogger khususnya saya
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  27. Serasa diingatkan di artikel ini :)
    Terima kasih banget Mbak.
    Semoga sukses kontesnya :)
    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe apa iya ya Pak
      Semoga bermanfaat bagi yang lain
      Sebenarnya ini untuk pengingat diri sendiri :)

      Delete
  28. Sepakaaattt, terima kasih sudah diingatkan mba :)

    ReplyDelete
  29. benar mbak...
    hidup hanya sekali jdi buatlah hidup itu menjadi begitu berarti buat diri sendiri dan orang lain... :)

    salam kenal mbak.. :)

    ReplyDelete
  30. Mnusia harus bermanfaat bagi manusia yang lainnya.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  31. kawan terimakasih tulisannya, ( harta yang sungguh punya kita adalah harta yang telah ita infaqan di jalan allah yang kelak akan mememani kita di akhirat ) pesan dari sahabat untuk sahabat (^_^)

    ReplyDelete
  32. menjadi bermanfaat bagi orang lain..patut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari :)

    ReplyDelete
  33. mulai dari apa yg kita mampu
    mulai saat ini
    untuk terus bermanfaat :)

    ReplyDelete
  34. trimakasih sdh diingatkan lwt postingan ini mb... aku msh trs memperbaiki diri :)

    ReplyDelete
  35. Salam kenal.
    Seseorang juga pernah berkata, hidup yang tak dimaknai adalah hidup yang tak pantas di jalani. Hidup ini adalah karunia Tuhan yang begitu besar, tempat yang telah di sediakan untuk dekat kepada-Nya. tak ada tempat, tak ada waktu pantas untuk melalaikannya,keberadaan kita, karena Cinta-Nya yang begitu besar kepada Mahluk-Nya.
    salam.

    ReplyDelete
  36. 'orang yang cerdas adalah orang yang mengingat kematian dan mempersiapkan bekalnya.'
    semoga kita termasuk didalamnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^