Social Icons

25 Jul 2012

Giveaway Azzet : Life is Supposed to be Lived, not Reported


(Jiaah..keren banget kan yak judulnya, judul boleh bahasa Inggris, isi posting tetep pake bahasa Indonesia, kan ACI ^_*)

Saya sudah menyukai dunia tulis-menulis sejak masih duduk di sekolah dasar. Kalau saya boleh bilang begitu. Karena sejak kecil sudah terbiasa menulis di buku harian. Bahasa kerennya nulis di diary hehe. Apa saja saya tulis disana, dari mulai cita-cita yang selalu berubah-ubah, senang dan kesel sama teman sepermainan, atau cerita cinta monyet …ihiiir. 

Beranjak ke masa remaja, saya masih suka coret-menyoret, seringnya sih buat puisi, biasalah wong masanya jatuh cinta *tersipu-sipu. Kemudian saya sampai pada pemahaman, hidup untuk dinikmati bukan hanya untuk ditulis. Life is Supposed to be Lived, not Reported. Sedikit demi sedikit saya semakin jarang menulis, untungnya hobi membaca masih terpupuk baik *kacamata tebal ini buktinya.

Tahun 2009, saya penasaran dengan yang namanya Blog, habis teman yang berbasis IT ngomongin itu mulu. Saya mulai mencari tahu apa sih Blog itu. Awalnya dengan pinjem buku tentang Blog di perpustakaan kantor *gak modal hehe. Coba-coba buat Blog sendiri berkat petunjuk dari buku itu. Mulai deh nulis-nulis lagi. Tapi seringnya malah ngotak-ngatik template *cewek banget peduli dengan penampilan. Dalam sehari mungkin bisa 20 kali ganti template. Belum ada juga yang pas, suka templatenya tapi terus kacau tatanan tulisannya, dan lain-lain. Jadi lebih keseringan ganti template ketimbang nulisnya hehe. Bisa deh dilihat selama 3 tahun itu (2009-2011) postingan keseluruhan cuma 24 saja *sedih. Isi postingan pun gak penting-penting amat *si amat aja gak penting. Suka-suka saya aja yang nulis, dalam benak saya waktu itu cuma terbersit, saya hanya ingin menulis.

Sekitar bulan Maret lalu entah kenapa saya mulai melirik lagi blog yang lama gak terurus, mulai bersih-bersih sarang laba-laba yang tampak dimana-mana. Mulai menulis lagi, sempet sih penasaran dengan template, tetapi entah kekuatan darimana saya malah memilih template yang super sederhana ini. Keinginan dari ‘saya hanya ingin menulis’ menjadi ‘saya ingin menulis’. Sepertinya saya merindukan sensasi menuliskan satu tulisan (tsaaaah…gaya bener).

Blogwalking
Sambil berbenah blog, saya pun mulai jalan-jalan ke blog milik blogger lain. Istilahnya ya blogwalking. Dulu juga kadang-kadang blogwalking, cuma gak pernah meninggalkan jejak a.k.a komen-komen. Beberapa tulisan sempat saya komentari, ketika itu sebagai wujud apresiasi saya terhadap tulisan mereka. La kok setelah itu blogger-blogger yang tulisannya saya komentari berbalik mengomentari tulisan saya. Ooooh…begini toh cara kerjanya *maklum ndeso soal beginian. Sejak saat itu mulai rajin deh blogwalking dan tulis-menulis lagi. Nambah teman nambah ilmu, adalah manfaat pertama dari blogwalking menurut saya. 

Jeli Terhadap Lingkungan
Sejak rutin membuka blog, saya jadi lebih perhatian dengan keadaan sekitar, kira-kira apa yang bisa ditulis dengan kejadian yang saya alami, dengar dan rasakan. Jangan sampai hal bermanfaat terlewatkan begitu saja. Walau pun belum bisa rutin menerbitkan tulisan. Targetnya sih seminggu 3 kali *tapi belum bisa T.T

Rajin Membaca
Untuk menambah referensi dalam menulis, membaca adalah unsur utama yang tidak bisa ditinggalkan. Hobi membaca semakin menggila. Dalam sebulan bisa beli 5-6 buku. Apalagi kalau lihat tulisan diskon hahaha. Hanya saja sekarang selera agak berubah, tidak hanya novel melulu, tapi juga buku-buku tentang tips menulis dan ngeblog.

Giveaway
Dulu banget pernah ikutan yang namanya giveaway ini, waktu itu sih mikir kalau ada yang bisa saya bagi sesuai temanya. Jadi sekalian ikutan, bisa dapat pahala juga. Tentang sedekah gitu, ini judulnya Sedekah Cinta. Lalu ikutan lagi yang kedua, yang berkaitan dengan berjilbab. Gaya banget yak semuanya tentang agama (padahal ilmu agama saya belum ada apa-apanya) sekedar sharing aja sih siapa tahu berguna, pikiran saat itu. Baru saya sadar, postingan giveaway saya itu, diapresiasi oleh orang lain, ada yang komen di situ. Senang juga ketika tahu, orang lain pun merasa bahwa tulisan saya cukup layak untuk dibaca. Apalagi setiap ikut giveaway, pengunjung blog saya semakin banyak hehe kan jadi semakin punya banyak teman. Dan kalau beruntung dapat hadiah juga. 

Persahabatan
Dari seringnya jalan-jalan ke rumah teman (baca blog lain), saya pun mulai mengenal teman-teman blogger lain. Bersilahturahmi (lewat blog) dengan mereka membuat hidup terasa lebih berwarna. Menurut saya pribadi, para blogger itu punya kecerdasan emosional tertentu. Mereka menyuarakan isi hati dengan cara menulis. Dan entah kenapa kok saya berpikir, blogger itu pasti orang yang baik ya. Hehehe (Kan gak mungkin orang gak bener mau meluangkan waktu untuk sesuatu yang bernama “menulis”) Saya merasa dekat hanya dengan membaca tulisan mereka, ikut merasakan kesedihan dan kegembiraan yang mereka tuliskan. Dan pastinya jadi tahu banyak hal baru, saling berbagi cerita dan berbagi ilmu.  Walau pun hingga saat ini belum pernah kopdar (ketemuan) dengan sesama blogger. Mudah-mudahan bisa kopdar dengan teman blogger lain dalam waktu dekat. Amin.

Ketagihan Ngeblog
Saat ini bisa dikatakan saya sedang ketagihan ngeblog. Sehari aja tidak buka blog rasanya gimana gituuuu….sehari saja gak bersilahturahmi ke rumah blogger lain rasanya ada yang kurang dalam hidup (ceileee…). Dan mudah-mudahan ketagihan ngeblog ini juga berimbas positif dengan terbitnya tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi orang lain plus dapat menulis dengan rutin. Amin.

Jadi kalimat Life is Supposed to be Lived, not Reported
saat ini bagi saya sepertinya perlu dikaji ulang ^_^

Tulisan ini diikutkan pada kontes Betapa Senangnya Ngeblog dan disponsori oleh Mahabbah.

Apa asyiknya ngeblog bagimu sobat?

44 comments:

  1. Mantap; menulis di buku harian sejak SD ya, MBak, kalo saya sejak SLTP (tsanawiyah). Hmmm, betapa asyik manfaat ngeblog. Oke, Mbak, saya telah membaca artikel di atas dan langsung saya DAFTAR. Makasih banyak ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, coretan kanak-kanak
      iya nih ngrasa sensasinya ngeblog
      makasi ya Pak :)

      Delete
  2. sudah suka menulis sejak dulu ya, semoga sukses dengan kontesnya

    ReplyDelete
  3. mantaaapp semoga berhasil yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat!! makasi mbak
      saya sudah maen ke blog nya mbak, cuma binun mau komen apa
      maaf ya :)

      Delete
  4. saya suka ngeblog. Tapi posting bukan suatu 'keharusan'. Tergantung mood. Good for you yg pake blog buat salurin bakat tulis menulis..
    semoga berhasil!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeblog kan bisa untuk senang2 juga ya mbak
      tengkyu :)

      Delete
  5. lha nek aku judul boso inggris, isi tetep mlengse jowo hahahaha

    ReplyDelete
  6. waaaah~ irinya..
    saya ngeblog masih setengah2. kalo lagi pengen baru nulis, atau kalo lagi ada maunya, alias ada GA.. hahaha..

    semangat selalu ngeblognya mbak.. ^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha samaaa...
      ini kan juga dalam rangka GA
      kamu juga semangat ya...

      Delete
  7. saya ngeblog untuk belajar nulis sih... jadi sampai sekarang seneng banget setuju banget dengan persahabat yang dijalin dari blog... top tulisan ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, sama2 lagi belajar ini
      mari saling berbagi ilmu :)

      Delete
  8. Aamiin, yang penting terus komitmen untuk menulis ya Mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak'e..komitmen itu lo susah bgt dah :P

      Delete
  9. Cerita awal-awalnya ngeblog setipe dengan saya...ala kadarnya bikin postingan dan tampilan blog. Baru kemudian kenal istilah BW, edit HTML[ meski teuteup minta bantuan teman bloger]...

    gud luck dan keep in writing...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...ada yg senasib...*senangnya
      pernah minta bantuan sih mbak, tapi mau minta tolong lg gak enak je hihihi

      Delete
  10. makin rajin nulis nih mbak, gud lak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya inih, ketularan mbak rahmi
      makasi ya mbak :P

      Delete
  11. awalnya saya ngeblog buat nemenin saya kerja, maklum sebagai tukang gambar yang jam kerjanya kayak manusia kalelawar, merasa kesepian...

    sukses yah mbak buat kontesnya dan terus menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelelawar sayapnya hitam ...

      makasi ya mas :)

      Delete
  12. Ngeblog itu menambah ilmu,pengetahuan,ketrampilan dan juga sahabat lho jeng.
    Apik tulisannya, semoga berjaya dalam GA.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh Dhe...at least jadi tahu kenapa Pakdhe memilih blog sebagai kegiatan setelah pensiun
      mengasyikkan gtu
      makasi ya Dhe :)

      Delete
  13. kalo dhe, dhe gk begitu mempermasalah template mbak.. hahahha, gamazoe mah daridulu ampe sekarang template nya datar2 semua.. :D

    dhe juga ikut GA nya pak Azzet.. semoga kita menang bareng yaaa, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya kah
      berarti akyu termasuk yg ganjen dunk hihihi
      amin3 semoga sama2 dapat buku ya Dhe

      Delete
  14. sepertinya kegiatan blogger dari awal itu ya mirip2 gini ya mbak.. aku juga gitu, pertama ngeblog ya ditinggal tuh blognya.. Mulai 2010 baru mulai serius deh.. :D

    sukses buat kontesnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooh gitu ya...kirain aq yg pemalas

      makasi ya niee :)

      Delete
  15. ngeblog bikin hati bahagia, makanya nulis terus ^_^

    semoga sukses ya kontesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalo habis posting terus dikomentari...duh senangnya itu lo :P

      Makasi mbak

      Delete
  16. Tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata..
    Pokoknya Galau kalo ga Ngeblog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya ya teh...teteh kayaknya dah bosen deh sama kontes :P

      Delete
  17. ya menulis itu cuma butuh sensitifitas kita terhadap apa yang ada dilingkungan

    ReplyDelete
  18. yuupp bener mb..ngeblog bikin ketagihan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini nih yang udah ketagihan ngeblog :)

      Delete
  19. Wah ketinggalan nih GA dari pak Azzet..

    ReplyDelete
  20. Manfaat yang paling saya rasakan itu blogwalking. Bisa bertemu dengan berbagai macam pemikiran anak endonesah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. endonesah itu daerah mana ya mas? :P
      makasi udah mampir

      Delete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^