Social Icons

23 May 2020

5 Gejala Depresi dan Cara Mengatasi Depresi

5 Gejala  Depresi dan Cara Mengatasi Depresi

Pernahkah merasa sakit kepala yang terjadi terus-menerus? Bahkan ketika sudah diobati pun masih seperti itu. Atau merasa tubuh lemas padahal hasil cek kesehatan semua normal? Jika Anda mengalami hal-hal tersebut di atas, kemungkinan besar Anda sedang mengalami depresi.



Saya sendiri pernah mengalaminya. Akan tetapi, ketika saya mengalaminya, saya merasa saya baik-baik saja. Ternyata memang seperti itu yang dialami. Merasa bahwa kesehatan mental dan fisik tidak bermasalah. Tapi merasa sulit untuk tidur.

Lalu, bagaimana saya tahu bahwa saat itu kemungkinan saya merasa depresi? Setelah semua masalah pemicu teratasi, saya baru menyadarinya. Ketika mengalami ya saya merasa hanya sakit biasa. Dan mungkin yang saya alami baru depresi ringan. Syukurlah bisa diatasi.

Gejala yang saya rasakan antara lain:

1. Sering sakit kepala

Saat itu saya berkesimpulan simpel, sedang masuk angin. Akhirnya saya jadi sering mengkonsumsi obat pereda nyeri. Bayangkan kalau hal ini berlanjut, pasti akan berefek ke ginjal dan organ penting lain. 

2. Badan lemas

Iya, selain pusing, gejala yang sering saya alami adalah lemas. Terutama di pagi hari. Beberapa kali saya ke dokter untuk berobat. Dokter pun mengatakan tidak ada masalah berarti. 

3. Sariawan

Titik terang saya dapatkan ketika berkonsultasi karena sariawan yang muncul banyak dan tiba-tiba. Dokter hanya meresepkan obat oles. Akan tetapi dokter melontarkan pertanyaan yang menggelitik ketika saya bertanya mengapa sariawan bisa timbul banyak tersebut, beliau mengatakan "Coba dipikirkan apakah kira-kira ada hal yang menjadi pikiran akhir-akhir ini". 

4. Imsonia

Imsonia ini bukan hal wajar bagi saya. Karena saya termasuk pelor, nempel langsung molor hehe. Dan ketika saya mulai merasakan imsonia ini saya mulai menelaah, ada apa dengan diri saya. Apakah ada yang mengganggu pikiran tanpa saya sadari. Mungkin saja saya tidak mau mengakuinya tapi jauh di dalam sana, alarm alam bawah sadar saya mulai berbunyi.

5. Lelah dan Menangis

Puncaknya ketika saya merasa lelah dan melakukan sesuatu yang saya benci sebagai seorang ibu. Yang ujungnya, saya menangis setelah solat Dhuha. Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi kesedihan tersebut. Bahkan alasannya bersedih pun saya tidak paham. Aneh banget, kan?

Mungkin ada beberapa yang berpendapat, kurang dekat sama Allah Swt. Santai saja saya gak tersinggung kok hehe. Itu ada benarnya juga walau tidak benar secara keseluruhan. Tapi yang pasti menyadari bahwa kamu sedang depresi dan tahu apa langkah mengatasinya adalah hal yang harus dilakukan berikutny. Karena kalau tidak kesehatan mental akan terganggu. Semakin lama diatasi, semakin sulit penanganannya.


Cara mengatasi depresi

Setelah mengetahui saya kemungkinan mengalami depresi, saya mulai mencari cara mengatasinya. Beberapa langkah yang saya ambil sebagai berikut:

1. Bercerita pada orang yang dipercaya

Terkadang racun hati hanya perlu dikeluarkan dengan bercerita. Rumpiiii haha. Iya, saya termasuk orang yang jarang bercerita tentang hal pribadi ke orang-orang. Selama ini yang menjadi teman curhat adalah suami. Tapi kali ini sepertinya saya butuh orang lain. Saya memilih seorang sahabat yang saya pikir mau mendengar dan bisa memberi solusi bagi saya. Karena bagi saya, sekedar bercerita tanpa solusi ya percuma. Nanti malah jadi berlarut-larut, kan?

2. Mencari tenaga profesional

Iyaaa, sampai segitunya lo saya haha. Setelah bercerita dengan sahabat. Sedikit beban pikiran lepas. Tapi saya belum menemukan solusi yang pas menurut saya. Akhirnya saya menghubungi orang yang memang berprofesi membantu bagi orang seperti saya. 

Di jaman yang serba canggih gini, kita gak perlu bertatap muka langsung. Saya loh baru saja wapri-nan udah bisa nangis. Kemudian di waktu yang kami tentukan, saya konsultasi via telepon. Alhamdulillah bisa mengurai kegundahan hati saya.

Kalau kamu atau orang sekitar ada yang membutuhkan tenaga profesional tapi bingung menghubungi kemana. Kamu bisa menggunakan halodoc untuk berkonsultasi. Selain tenaga profesional, mereka juga akan menjaga privasi kamu dengan baik.

3. Meminta pertolongan pada Allah Swt

Ini hal yang tidak boleh ditinggalkan karena sebaik-baik pertolongan adalah pertolongan Allah Swt. Karena pertolongan-Nya pula hingga saya bisa menemukan solusi dari orang yang bahkan tidak saya kenal. 

Banyak-banyak bersyukur untuk apa yang telah kita miliki dan cobalah untuk bersedekah. Bukankah ada hadits tentang ini, "Belilah masalahmu dengan sedekah".

Salam

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^