Social Icons

30 Mar 2020

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan seperti di atas. Intinya bagaimana kok dari ngeblog bisa menghasilkan uang? Jujur saja, saya bingung untuk menjawab pertanyaan sejenis itu. Dan kalau diceritakan awal saya ngeblog seperti apa akan sangat panjang dan lebar ceritanya haha. Saya yakin si penanya bakalan bosan. Lagipula ‘karir’ ngeblog saya gak fantastis banget kok. Cuma gitu-gitu aja tapi alhamdulillah ada aja job. Jadi, untuk menjawab pertanyaan sejenis seperti di atas, sekalian saja saya buat blogpost-nya ya, nanti kalau ada yang tanya tinggal saya sodorin link post ini wkwk.



Jadi begini, di awal saya ngeblog sama sekali gak tahu kalau blog itu bisa menghasilkan uang. Saya ngeblog ya cuma buat ‘pelarian’ dari rutinitas kerja di kantor dan kebosanan di rumah. Intinya hidup saya sedang jenuh-jenuhnya. Masalahnya saat itu saya masih jomblo akut wkwk. Iseng saya mulai bikin blog. Lama-lama saya tertarik buat otak-atik template walau terus jadi galau sama tampilan mulu. Akhirnya, karena paham gak gape bikin template blog, saya pasrah saja dan serahkan ke ahlinya. Jadilah template yang sekarang ini dan sejak beberapa tahun lalu, sama sekali saya tidak berkeinginan mengganti lagi. Takut kalau galau lagi.

Sebelum ke pembahasan tentang bagaimana mendapat uang dari blog. Saya ingin menyampaikan beberapa manfaat yang saya rasakan sejak saya memiliki blog. Manfaat ngeblog bagi saya antara lain:

1.Menambah teman

Sejak ngeblog beberapa tahun lalu, hal yang paling terasa bagi saya adalah bertambahnya teman. Ngeblog ini memperluas pergaulan banget lo. Karena para bloger memiliki beragam profesi dan berasal dari berbagai daerah. Bahkan ada yang dari luar negeri segala. 

Ibaratnya setiap kota, kita pasti punya temen bloger deh. Kadang kita kopdar kecil-kecilan juga buat ketemuan. Awalnya canggung karena hanya kenal dari tulisan, berlanjut di sosial media dan baru deh tatap muka. Tapi, kalau sudah pernah kopdar bakal nagih deh pengen kopdar terus kalau ada kesempatan.

Banyaknya komunitas bloger yang bisa diikuti juga berdampak semakin banyak pula pertemanan sesama bloger.

2.Menambah wawasan

Dengan membaca blog teman, tanpa disadari kita jadi menambah wawasan tentang berbagai hal. Misalnya baca teman yang berprofesi sebagai bankir, kita jadi paham tentang perkembangan dunia bank saat ini.

3. Menambah penghasilan

Nah, ini nih yang akan dibahas lebih lanjut hehe.

Ada beberapa poin yang harus kamu lakukan terhadap blog kamu agar kamu bisa menghasilkan uang dari blog, antara lain adalah:

1.Konsistensi dalam meng-update tulisan di blog

Saya tulis “konsistensi” bukan tanpa alasan ya. Karena konsisten ini sulit sekali. Apalagi yang memiliki pekerjaan utama di dunia nyata. Tapi kalau kamu memang niat pengen dapatduit dari blog. Konsisten deh mengisi blog kamu. Kalau pengen cepat mendapat hasil ya harus update tulisan setiap hari tapi kalau tidak bisa, Tidak perlu setiap hari. Cukup 2-3 kali dalam seminggu.

2. Content is a king

Iyes, gak beda sama yutub yang lagi trending sekarang. Blog pun butuh konten yang bagus supaya bisa menghasilkan uang. Sesuaikan konten ini dengan niche blog kamu. Gali tulisan yang everlasting. Yang akan selalu dicari orang dari masa ke masa. 

3. Pelajari SEO

Tidak perlu belajar SEO yang njlimet, cukup tahu dasarnya saja. Contohnya bagaimana cara agar tulisan bisa kedetek mbah google dengan cepat. Penempatan kata kunci dan lain-lain. Lalu, pelajari apa-apa saja yang bisa menaikan Domain Authority. Sekarang semua job blog tergantung dari berapa DA yang dimiliki blog.

4. Ikut komunitas

Coba mulai masuk ke komunitas bloger yang menurut kamu cocok bagi dirimu. Banyak loh komunitas yang bisa kamu masuki. Dari komunitas iniselain menambah teman juga memperluas jaringan, sehingga kalau ada info job, kamu juga bisa langsung tahu. Tidak hanya job blog saja, bahkan job buat jadi buzzer juga.

Nah, itu beberapa tips ngeblog yang bisa saya sampaikan menurut pengalaman saya untuk menghasilkan uang dari blog ya. Mungkin temans, ada yng ingin menambahkan?

1 comment:

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^