Social Icons

23 Dec 2016

Bahaya Hipertensi dan Cara Mengatasinya

Menurut penelitian, prediksi tekanan darah tinggi atau yang dikenal dengan istilah hipertensi akan dialami oleh setidaknya 1,56 miliar orang di seluruh duniapada tahun 2025.Dan saat ini, semakin banyak saja orang-orang yang meninggal karena penyakit kardiovaskular.Dan penyakit tersebut tentunya sebagian besar dipicu oleh hipertensi.



Bahkan saat ini, tidak hanya orang-orang berusia lanjut yang mengalami berbagai penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskular seperti jantung dan tekanan darah tinggi. Melainkan, menurut sejumlah penelitian, orang-orang berusia 20 tahun juga banyak yang sudah terkena tekanan darah tinggi atau yang memakai obat antihipertensi.

Karena tekanan darah tinggi begitu berbahaya, maka setidaknya kita juga harus tahu apa saja gejalanya dan bagaimana cara menurunkannya. Penyebab, gejala hipertensi dan cara menurunkannya adalah sebagai berikut:

Penyebab hipertensi

Di antara beberapa penyebab tekanan darah tinggi adalah: karena stress akut, latihan yang terlalu Intens, dan ada beberapa faktor lain seperti faktor usia yang menyebabkan arteri menjadi kaku dan sempit karena penumpukan plak.Pembuluh darah dan penyakit jantung juga berkontribusi terhadap meningkatnya tekanan darah pada orang dewasa atau yang berusia lanjut.

Menurut sejumlah penelitian, penyebab hipertensi juga bisa karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar garamnya, atau karena terlalu sering mengkonsumsi makanan makanan olahan dan makanan berlemak. 

Selain itu, minum minuman beralkohol dan kebiasaan merokok serta penggunaan beberapa jenis obat-obatan juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Gejala hipertensi

Tekanan darah tinggi pada umumnya hadir tanpa gejala. Itu artinya bahwa kadang-kadang kita tidak tahu bahwa kita mengalami tekanan darah tinggi. Itulah sebabnya mengapa penyakit ini sering disebut sebagai silent killer.

Cara mengetahuinya adalah dengan rajin-rajin check up ke pusat pelayanan kesehatan atau dokter.

Beberapa komplikasi yang biasanya muncul pada orang yang mengalami hipertensi diantaranya adalah:

  • Menyebabkan jantung lemah sehingga kemungkinan besar dapat menyebabkan jantung gagal memompa darah dalam jumlah yang cukup.
  • Mengalami penyempitan pada pembuluh darah yang dapat beresiko menyebabkan gagal ginjal, menyebabkan serangan jantung, stroke, dan kelumpuhan otak serta kaki.
  • Dapat juga menyebabkan aneurisme,yaitu sejenis benjolan yang tidak normal yang muncul pada dinding arteri. Benjolan tersebut sewaktu-waktu bisa pecah dan menyebabkan pendarahan parah. Dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kematian.
  • Pembuluh darah di bagian mata juga bisa pecah yang menyebabkan penglihatan menjadi terganggu atau menyebabkan kebutaan.



  • Kurangi asupan garam atau kurangi makan makanan berlemak dan makanan-makanan yang banyak mengandung garam.
  • Berheti merokok.
  • Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan serta makanan makanan rendah lemak.
  • Jika anda mengalami kelebihan berat badan, kurangi berat badan dengan cara berolahraga dan mengkonsumsi makanan segar dan sehat (diet).
  • Kurangi stress dan jalani gaya hidup sehat.

13 comments:

  1. Sangat bermanfaat. Ayahku kena hipertensi. :(

    ReplyDelete
  2. Paling susah kalau penderita hipertensi itu perokok. Ngelepas rokoknya susah. :( Geregetan jadinya

    ReplyDelete
  3. Mulai sekarang, harus mengatur pola hidup sehat dan rajin olahraga. Aku nggak pengen sampai kena hipertensi. :'D

    ReplyDelete
  4. ngeri emang kalo liat orang2 di sekitar dengan darah tinggi, saya malah darah rendah, gak nyaman juga kalo lagi drop..

    ReplyDelete
  5. Ngeri memang si silent killer ini ya mba, kudu hati2 dan menjaga pola makan sehari2 apalagi klo udah berumur.

    ReplyDelete
  6. wah, Paling susah kalau penderita hipertensi itu perokok. Ngelepas rokoknya susah. :( Geregetan jadinya

    ReplyDelete
  7. dulu aku pikir hipertensi hanya menimpa orang yang berat badan berlebih kaena keluarga ada beberapa yang gemuk dan menderita hipertensi namun ternyata yang kurus juga bisa ya..

    ReplyDelete
  8. dulu aku pikir hipertensi hanya menimpa orang yang berat badan berlebih kaena keluarga ada beberapa yang gemuk dan menderita hipertensi namun ternyata yang kurus juga bisa ya..

    ReplyDelete
  9. dulu aku pikir hipertensi hanya menimpa orang yang berat badan berlebih kaena keluarga ada beberapa yang gemuk dan menderita hipertensi namun ternyata yang kurus juga bisa ya..

    ReplyDelete
  10. Ngeri... Semoga kita semua sehat selalu ya...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^