Social Icons

14 Nov 2016

Tips Belanja Hemat dan Murah

Hampir setiap hari kita mengeluarkan uang untuk berbagai keperluan, mulai dari untuk membeli sayur mayur, bumbu dapur, atau untuk membeli berbagai keperluan lainnya, termasuk juga untuk membayar listrik, air, dan lain-lain. 

Mengeluarkan uang untuk membayar berbagai keperluan tersebut bisa sangat boros bila tidak cermat. Atau sebaliknya, bisa hemat dan bahkan bisa sangat hemat, apabila Anda mengetahui cara caranya. 

Jika Anda merasa selama ini sangat boros dan mengeluarkan uang terlalu banyak setiap bulan, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda ingat agar pengeluaran untuk berbagai biaya bisa ditekan. Diantaranya adalah: 



Berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan 

Pengeluaran untuk dapur, terutama untuk membeli sayur dan lauk-pauk adalah yang paling perlu untuk diperhatikan. Karena kadangkala, pengeluaran rumah tangga terasa sangat boros apabila belanja makanan tidak dicermati. 

Agar bisa irit, Anda setidaknya harus bisa memprediksi seberapa banyak yang akan dihabiskan oleh keluarga, baik itu berupa sayur maupun lauk setiap hari sehingga tidak membeli terlalu banyak. 

Masaklah secukupnya 

Begitu juga dengan memasak nasi, memasak sayur, dan lauk pauk, Anda juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Jangan sampai, masakan yang Anda masak untuk hari ini terlalu banyak sehingga masakan-masakan tersebut tidak habis dimakan dan kemudian terpaksa harus dibuang.

Namun jika Anda sudah terlanjur memasak dalam jumlah yang banyak untuk sayur dan lauk-pauk, pastikan Anda menyiapkan berbagai jenis wadah seperti toples untuk menempatkan lauk dan sayur tersebut di dalam kulkas agar bisa dimanfaatkan lagi di keesokan harinya. Berbagai jenis sayur dan lauk-pauk yang bisa disimpan dan bisa dipanaskan kembali sebaiknya dimanfaatkan. 

Belanja hemat saat ada diskon dan voucher 

Saat ini segala sesuatunya terasa semakin mudah karena dunia terus berkembang dan berbagai peralatan elektronik semakin canggih. Bahkan, promo yang dilakukan oleh minimarket atau supermarket bisa kita ketahui melalui aplikasi di smartphone. 

Misalnya, jika Anda menginstal aplikasi Alfamart di smartphone, Anda pasti akan mendapatkan notifikasi atau setidaknya bisa mencari tahu apa saja promo Alfamart yang sedang ditawarkan.

Jika sedang ada promo Alfamart, jangan ragu-ragu untuk berbelanja terutama barang-barang keperluan yang sudah pasti akan digunakan dan tidak mudah rusak atau expired. 

Saya sendiri kadang-kadang sengaja berbelanja pada saat ada diskon dan promo walaupun tidak butuh untuk menekan biaya. Cara ini sering saya terapkan dan memiliki dampak yang cukup signifikan dalam menekan pengeluaran sehari-hari maupun bulanan. 

Belilah peralatan elektronik yang hemat daya 

Sejak awal saya sudah merencanakan untuk lebih memilih peralatan elektronik yang hemat daya dibandingkan dengan peralatan elektronik murah tapi boros listrik. Walaupun harganya sedikit lebih mahal. Karena jika dihitung-hitung, misalnya untuk jangka waktu pemakaian bertahun-tahun, harga elektronik yang hemat energi di tambah biaya listrik bulanan kadang-kadang jauh lebih murah dibandingkan dengan total pembelian peralatan elektronik murah yang boros listrik. 

Dalam hal ini, tentu kita tidak berbicara mengenai satu elektronik atau satu-dua bulan, melainkan bertahun-tahun. 

Gunakan peralatan elektronik seperlunya 

Cara paling mudah untuk menghemat energi adalah dengan menggunakan listrik seperlunya. Letakkan saklar lampu di tempat-tempat yang strategis atau sering dilalui agar Anda tidak lupa mematikan lampu jika tidak dibutuhkan. 

Gunakan juga mesin cuci hanya pada saat mesin cuci tersebut sudah penuh. Karena mencuci terlalu sering dengan load sedikit-sedikit akan membuat tagihan listrik membengkak. 

Cara lain untuk menghemat energi agar biaya untuk listrik bisa ditekan adalah dengan men-setting timer pada kipas angin, pada AC, atau pada peralatan elektronik lainnya seperti televisi apabila Anda sering menonton televisi hingga ketiduran. 

Itulah beberapa cara berbelanja hemat dan murah agar pengeluaran sehari-hari atau pengeluaran bulanan Anda bisa ditekan seminimal mungkin. Tentunya masih ada berbagai cara lain yang efektif dan bisa diterapkan. Jika Anda memiliki beberapa ide menarik, jangan ragu-ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar di bawah.

2 comments:

  1. belajar hemat memang penting buat emak-emak. :) aku sekali masak, sekali hidangan. alhamdulillah, lebih irit. Soalnya makanan nggak terbuang percuma.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^