Social Icons

1 Apr 2016

5 Langkah Terbaik dalam Melakukan Pencegahan Diare pada Keluarga

Penyakit diare adalah suatu penyakit umum dan bisa dikatakan sudah sering menyerang manusia. Pola kehidupan yang buruk menjadi salah satu penyebab mengapa penyakit yang satu ini menghantui kehidupan manusia. Penyakit diare biasanya disebabkan oleh infeksi oleh beberapa kuman yang menyerang usus, sehingga membuat penderitanya mengalami perubahan pola BAB menjadi tidak normal. Melakukan pencegahan diare sejak dini menjadi suatu hal yang mutlak demi terhindarnya penyakit yang satu ini. Berikut 5 langkah terbaiknya buat anda. 

1. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum makan.
Seperti kita ketahui, tangan merupakan sarang terbaik bagi sejumlah kuman penyebab penyakit, tak terkecuali adalah kuman penyebab diare. Untuk mematikan kuman penyebab penyakit tersebut, sebaiknya anda beserta keluarga selalu mencuci tangan sebelum makan, salah satunya menggunakan sabun antiseptik dari produk Lifebuoy. 




2. Menjamin kebersihan lingkungan tempat tinggal.
Kuman penyebab penyakit memang selalu bertebaran disekitar kita, untuk itulah kita perlu untuk membatasi perkembangan dari kuman penyebab penyakit tersebut. Selalu menjaga kebersihan disekitar lingkungan tempat tinggal menjadi hal yang mutlak dilakukan, terlebih pada bagian rumah yang rentang menjadi sarang penyakit seperti di kamar mandi.

3. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan dalam keadaan matang.
Untuk mencegah penyakit diare, sangat dianjurkan buat anda selalu mengkonsumsi makanan dalam keadaan matang, terlebih pada olahan daging, telur, ikan, dll. Hal ini dimaksutkan agar bakteri-bakteri yang menempel pada bahan-bahan makanan tersebut mati.  

4. Hindari kebiasaan gemar mengkonsumsi makanan siap saji.
Makanan siap saji memang lebih praktis, namun perlu anda ketahui jika makanan siap saji tidak terjamin untuk kebersihannya. Alasan itulah yang mendasari agar kita menghindari olahan makanan tersebut. Lebih gemar mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri menjadi pilihan utama buat anda beserta keluarga.

5. Biasakan untuk rajin olahraga.
Untuk membuat badan agar lebih bugar, ada baiknya jika anda membiasakan untuk berolahraga setiap harinya. Selain membuat badan menjadi lebih sehat, olahraga secara teratur dipercayai mampu menghindarkan diri dari adanya gangguan beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit diare

10 comments:

  1. Point 4 tuh emang bisa bikin diare, soalnya kebersihan bahan makanan belum tentu terjamin. Suamiku pernah loh mbak, abis makan di gerai cepat saji langsung mual2, dua hari gak bisa kegiatan, hikss sediiih

    ReplyDelete
  2. Cuci tangan tuh emang keliatannya sepele tapi ternyata penting banget ya Mak.. Makasi tipsnya ya Maaaaak

    ReplyDelete
  3. setuju dengan semua point diatas, apalagi yang point pertama.

    ReplyDelete
  4. Saya sangat setuju dengan poin-poin di atas itu :)

    ReplyDelete
  5. Rajin-rajin berolahraga merupakan pencegahan

    ReplyDelete
  6. Kalau di rumah si dipastikan bisa dicegah ya, walaupun namanya sakit nggak ada yang bisa menduganya hehehe
    kalau di luar agak susah kadang masih suka jajan sembarang :3

    well, mencegah tetap lebih baik daripada mengobati

    ReplyDelete
  7. Seringlupa cuci tangan saya hee

    ReplyDelete
  8. Yang kelima itu gimana ya, sy jarang banget olaraga. Klo ga rutin misal 1 minggu sekali (setiap hari minggu) itu gmna yaa..

    ReplyDelete
  9. Bermanfaat ^_^
    Langkah ini juga bisa mencegah hepatitis

    ReplyDelete
  10. Mantap kelima langkahnya, emang terkesan sederhana sih, tapi kalo bener-bener dijalani bisa melindungi diri kita dan keluarga kita dari penyakit diare dan hepatitis juga, untuk point no 4 dan 5 itu yang kayaknya agak sulit nih, hehehe
    terima kasih dan salam kenal

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^