Social Icons

16 Feb 2016

Cara Ibu Membangun Karakter Anak Menjadi Pribadi Religius dan Cerdas

Seperti yang kita ketahui dewasa ini kita tidak asing lagi dengan periaku-perilaku ganjil dari mulai anak-anak sampai dengan orang dewasa dengan perbuatan yang memiliki citra kurang baik atau bahkan tidak baik, Mulai dari kriminalitas sampai hal-hal yang berbau dengan tindakan asusila.
Berbagai fenomena yang memiliki dampak negatif ini tentu ada sumber permasalahannya, apalagi kalau bukan pada pendidikan. Pendidikan seperti kita ketahui ada 3 bentuk yaitu; formal, informal dan non formal. Maka dari itu banyak sekali program pemerintah pada ranah pendidikan yang mengoptimalkan pada moralitas anak bangsa, salah satu contohnya pada pendidikan karakter.
Nah akan tetapi kali ini kita akan membahas mengenai Cara Ibu Membangun karakter Anak Menjadi Pribadi Religius dan Cerdas, tentunya jika di tinjau dari segi pendidikan ini termasuk dalam pendidikan Informal atau pendidikan di dalam lingkungan keluarga, yang melibatkan pengasuhan orang tua. Langsung saja saya paparkan di bawah ini mengenai cara efektif yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua;
    
      1 .       Memberikan contoh yang baik dan menjadi idola bagi Anak
Anak merupakan pribadi yang mudah meniru hal-hal yang ada di sekitarnya termasuk orang yang paling sering bersamanya disitu orang tua menjadi teladan bagi anaknya. Apapun yang Anda lakukan itu akan menjadi contoh yang utama dan akan diikuti oleh buah hati, jika Anda menginginkan anak-anak Anda memiliki sikap yang sopan dan memiliki tutur kata yang baik maka Anda juga harus senantiasa untuk bertutur kata yang baik dan juga bersikap sopan. Dan begitupun dengan perilaku-perilaku yang lainnya

2.      Ajarkan rasa tanggung jawab
Ajari anak supaya mempuyai rasa tanggung jawab terhadap dirinya, misalkan saja tiba waktunya untuk berangkat ke sekolah, maka ia harus berangkat ke sekolah. Atau setelah selesai bermain, dia harus membereskan mainannya. Kalau anak tersebut bertanya, mengapa dia harus melakukan hal demikian? Nah ini saatya Anda untuk memberikan alasan yang rasional dan bisa di pahaminya.
      3.      Memahami sifat dan karakter Anak
Ini sangat penting untuk Anda para Orang tua karena akan dapat mempengaruhi gaya Anda dalam mengasuh Anak, pada umumnya setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Maka dari itu pahami dahulu sifat dan karakter anak dan kemudian tentunkan cara Anda seperti apa dalam mengasuh anak dan sebaiknya untuk Anda jangan sesekali memaksakan anak untuk menjalani karakter yang lainnya, atau dengan memaksakan sesuatu yang mungkin saja anak Anda belum merasa siap untuk melakukannya.
      4.      Tumbuhkan rasa ingin tahu pada Anak
Anak-anak yang usianya masih dini biasanya mereka cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, pada saat dia melihat sesuatu yang belum dia ketahui mereka akan cenderung bertanya, disinilah peran Anda untuk membimbingnya sangat penting. Jika Anda di tanya jelaskan oleh anak Anda berusahalah untuk menjelaskan dengan jawaban yang masuk akal dan tentunya yang harus Anda hindari yaitu kata (Tidak tahu) apalagi jika Anda dengan jawaban membohongi buah hati, ini jangan sampai terjadi.
Solusinya yaitu jika Anda tidak tahu maka berjanji untuk memberikan jawabannya di lain waktu. Kalau buah hati Anda bukan termasuk yang suka bertanya cobalah dengan memberikan rangsangan/umpan kepada anak misalkan “itu kambing, pemakan rumput, dan memiliki tanduk sebanyak 2 buah tanduk di kepala.
Itulah beberapa Cara yang dapat di lakukan oleh Ibu dalam Membangun karakter Anak sehingga Menjadi Pribadi yang Religius dan Cerdas. Peran ibu sangatlah penting sekali dalam mejaga tumbuh kembangnya buah hati, Maka dari itu ibu perlulah untuk selalu mengupgrade wawasannya dalam menjaga buah hati. 

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^