Social Icons

3 Nov 2023

Saya dan Blog, Cinta tapi Hiatus

Awal saya ngeblog ternyata udah lama banget. Kalau ngulik di bagian arsip, saya ngeblog sejak maret 2009. Tahun 2009 ini pas lagi rame-ramenya berbagai platform sosial media mulai ngehits di tanah air. Dan yang bertahan sampai sekarang selain facebook ya weblog alias blog. 
Blog sendiri ada sejak tahun 1997. Dan saya sendiri mulai familiar dengan yang namanya internet sekitar tahun 2004 ketika masuk kantor. Sebelumnya paling banter mencari bahan skripsi di warnet haha. 




Awal saya bersentuhan dengan blog, jujur karena penasaran. Saat itu lagi rame-ramenya dunia blogger sih. Penasarannya karena ini media menulis online yang murah meriah. Secara saya suka menulis diary jaman sekolah. Menemukan blog seperti membuat diary online saya. 

Bahkan nama blognya aja rada alay waktu itu haha. Tapi serius, lupa beneran dlu apa namanya. Entah keepsmile atau apa gitu ya. Intinya menyemangati diri sendiri karena lagi capek-capeknya hidup menghadapi masalah tentang jodoh wkwk. 

Postingan pertama aja malah syair lagunya Poppy Andaresta yang berjudul "Single Happy" udah ketebak kan ya arahnya kemana haha. Lagi galau-galaunya masalah jodoh jiakakak. 

Postingan kedua, nah itu lagi galau tentang perasaan sama seseorang, dan alhamdulillahnya orangnya jadi suami haha. Eh ini malah kilas balik, trus mantengin post yang dulu-dulu jadi ngakak mulu ih.

Di blog ini dulu saya menumpahkan banyak rasa yang hanya bisa diungkap dengan kata. Mau bercerita dengan orang lain, takut ceritanya bocor, atau dinilai yang tidak-tidak. Karena itu cara terbaik memakai blog buat curhat. Bahkan dulu saya tidak memakai nama asli. 

Dengan berjalan waktu, saya ikut komunitas blog, dan berkenalan dengan blogger-blogger lain. Seneng banget ya jadi punya temen banyak dari berbagai daerah. Bahkan ada yang dari luar negeri juga. Tapi sayang sekali saat ini sudah banyak yang menghilang blognya. Sehingga silahturahmi tidak bisa berlanjut.

Tahun 2017 mungkin masa terakhir saya aktif menulis, tahun-tahun berikutnya 1 tulisan 1 bulan udah bagus banget. Saya ingat ketika itu malah tulisan berbayar lagi banyak. Tapi entah kenapa saya jadi kurang bersemangat.

Saya merasa kehilangan "esensi" ngeblog yang saya inginkan. Dan bercerita di blog sudah tidak sebebas dulu. Saya mulai berpikir, ingin menulis yang bermanfaat bagi orang lain, mulai mempertanyakan apakah tulisan saya sudah cukup bagus? 

Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang sebenarnya tidak diperlukan jika memang tujuan saya menulis di blog hanya sekedar bercerita. Hingga kemudian perlahan saya mulai hiatus. Menghilang dari banyak grup blogger, tidak lagi bersapa dengan teman-teman blogger di sosial media lain. Tapi untungnya masih ada grup-grup whatsapp blogger. Sehingga sesekali saya bisa ikut nimbrung obrolan. Dan silahturahmi masih terjalin.

Beberapa kali mengikuti tantangan menulis tapi berujung berhenti di tengah jalan. Lagi-lagi faktor diri yang entah tidak tahu kenapa. Sampai-sampai lalai seperti itu. Bahkan 3 blog yang saya bangun dengan susah payah. Saya lepas domain berbayarnya.  Dan saya sesali saat ini haha. Kenapa disesali, karena suka sama namanya, dan sekarang dibeli orang buat dummy blog karena DA-nya cukup bagus dan stabil hiks. Sayang banget. 

Saya sudah berusaha untuk membuat jadwal menulis dan lain-lain belum juga berhasil memecut semangat ngeblog. Target 1 tulisan 1 minggu aja sulit banget euy. Ada aja alasannya.
Akhirnya awal tahun 2023, saya ikut tantangan menulis blog traveling yang diadakan oleh mbak rora @bloggernomad. 1 minggu 2 tulisan. 

Pengen tahu ketahanan diri sendiri sampai mana. Akhirnya beli domain baru buat blog travel yang mati suri. Alhamdulillah sampai akhir bulan ke 9 alias september. Sayang banget sih, pengen banget sampai akhir. Tapi memang masuk bulan ke 9, sudah mulai terengah-engah karena mulai kehabisan bahan haha. Dan setelah gak ikut challenge itu, sampai saat ini belum apdet lagi blognya wkwk #plak. Sila tengok blog travel saya yang baru tapi stok lama ya di ayokdolan.com

Karena ikut challenge mbak rora ini saya jadi berpikir, ternyata saya mampu lo membuat 8 tulisan seminggu dalam 9 bulan. Berarti 1 minggu 1 tulisan di 1 blog insyaAllah mampu juga. Tidak perlu muluk-muluk tema dan tulisan yang kudu gimana gitu. Sekadar cerita receh aja udah cukup sebagai awalan untuk memecut diri mulai menulis lagi. 

Saya seorang blogger dan akan selalu menjadi blogger. Saya cinta ngeblog, kalau cinta tidak seharusnya hiatus. Kalau cinta ayuk dong diurus blognya. Gak perlu mikir tentang tulisan yang bagus dan bermanfaat atau yang wow gimana. Sekedar berbagi pengalaman atau sharing cerita saja sudah lebih dari cukup bagi blogger yang ngaku cinta tapi hiatus seperti saya ini.

Selamat hari blogger wahai para blogger Indonesia. Mari mulai ngeblog lagi. Mari mulai menulis dari hati. Mari mulai menjalin silahturahmi antar blogger. Keep Blogging and Keep Moving Forward. Be happy always, friend!

9 comments:

  1. Kadang cinta butuh jeda, biar kangen. Jangan lama2 ya, ntar berasa dighosting.

    ReplyDelete
  2. Mbak Esti, apa kabar? Kalau udah cinta ngeblog walaupun hiatus tapi tetap kembali ngeblog ya, Mbak. Kalau aku malah mulai serius belajar ngeblog di tahun 2018.

    ReplyDelete
  3. Mbak Esti udah lama banget ngeblognya ternyata.
    Saya 2009 keknya baru tahu apa itu blog gara-gara nggak sengaja ikut seminar di kampus tentang blog :D tahun itu, internet masih barang mewah buatku. pokoknya nggak ke warnet kalau nggak buat nyari bahan tugas atau ada rapat sama teman-teman :D
    2009 bikin blog tapi dianggurin, hahaha.

    Semangat nulis terus, Mbak!

    ReplyDelete
  4. Setujuu, luangkan waktu sebentar saja diantara kesibukan untuk posting satu tulisan di blog apapun bentuknya yaa..

    ReplyDelete
  5. Mbak Esti termasuk blogger awal2 yang kukenal. Ayo mbaa nulis lagi, minimal untuk mendokumentasikan cerita hidup kita :)

    ReplyDelete
  6. Poppy andaresta??? jadi inget masa lalu mbak, wkwkwk. Lhah semangat terus untuk blog2nya dan semangat diri untuk menulis dan berbagi kisah ya mbak.

    ReplyDelete
  7. Poppy Andaresta? Wah jadi inget zaman dulu mbak. Semangat terus untuk blog2nya dan diri sendiri ya mbak. Terus berbagi kisah lewat blog...

    ReplyDelete
  8. Mba Esti teman pertama kopdarku di GRes..hehe.. Ingat nggak mba sore2 hahahihi di Pekalongan? Terima kasih ya mba, dg kopdar pertama itu aku jd menyisihkan niat awalku utk menjadi anonim dan memisahkan kehidupan blogger dan dunia nyataku..hehe..

    ReplyDelete
  9. Mbak Esti nih salah satu yang template blognya dulu suka banget kulihat. Bagus gitu looh desainnya. Jaman orang belum begitu merhatiin desain blog, punya Mbak Esti udah cantik gini.

    Ayo mbaaa... jangan kelamaan hiatusnya. Berjarak itu perlu agar kangen. Tapi jaraknya jangan kejauhan. Ntar lupa password repot loh wkwkwkk...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^