Social Icons

16 Dec 2015

Bingung Saat Paspor Hilang di Luar Negeri?

Membawa paspor kemana pun pergi di satu negara itu hukumnya wajib. Tanpa memandang status seseorang, identitas ini harus dibawa kemana saja. Jika tidak, ya siap siap berhubungan dengan pihak kepolisian atau pihak berwenang lainnya. Tapi yah namanya juga kehilangan bisa saja terjadi kan entah itu karena kecopetan, lalai sampai kurang waspadanya kita menjaga identitas pribadi tersebut.

Ingat pepatah yang mengatakan mencegah lebih baik mengobati? Sepertinya cocok juga kalimat ini bagi Anda yang ingin bepergian ke luar negeri yaitu mempersiapkan segala sesuatunya meskipun belum kehilangan. Yaitu dengan cara mempersiapkan segala dokumen yang bisa dibawa seperti menggandakan paspor dan visa dengan cara menggunakan mesin fotokopi berwarna biar hampir mirip dengan aslinya. Adapun yang perlu difoto adalah lembaran visa di bagian terakhir yang ada cap serta bagian identitas yang ada fotonya.

Jangan lupa, bawa juga foto ukuran 2x3 atau 3x4 atau 4x6 dalam jumlah secukupnya dengan latar belakang berbeda yaitu merah atau biru. Hal ini berguna karena setiap negara memiliki aturan berbeda untuk background. Pastikan juga foto kopi syarat untuk pengurusan pasport seperti ktp, akta lahir, surat nikah dan sejenisnya juga ada beserta dengan dokumen tersebut.

Jadi, bagaimana nih kalau seandainya dokumen tersebut tidak dibawa dan paspornya benar benar hilang?

Tenang, jangan panik dulu. Sebagai langkah awal, segera melapor ke kepolisian setempat yang akan segera membantu Anda mengikuti prosedur yang berlaku. Mereka juga akan memberi beberapa formulir serta menanyakan perihal kejadian hilangnya paspor tersebut. Jangan lupa, hubungi segera anggota keluarga yang ada di Indonesia untuk mengirimkan seluruh dokumen penting via fax untuk kemudahan pengurusan.

Dengan formulir plus dokumen yang ada, maka selanjutnya Anda bisa pergi ke KBRI yang akan memberikan SPLP atau Surat Perjalanan Laksana Paspor. Tujuannya sebagai paspor sementara saat bepergian di negara tersebut dan menunggu paspor yang asli diterbitkan. Untuk prosesnya sendiri tergantung dari pihak KBRI setempat, ada yang membutuhkan beberapa hari atau malah ada yang sampai beberapa minggu.  Biasanya nih, yang memakan waktu lama dikarenakan dokumen yang diminta belum lengkap. Itu sebabnya diawal artikel ini dijelaskan pentingnya membawa segala dokumen yang berkaitan dengan pengurusan paspor.

Berhati hati saat di negara orang memang wajib melekat di pikiran para traveler. Yang namanya oknum nakal itu selalu ada sehingga waspada dalam segala hal memang harus diterapkan. Membawa tas khusus untuk membawa segala dokumen penting juga layak dipertimbangkan. Dan satu lagi, selalu bersikap ramah terhadap semua orang mulai dari petugas bandara, hotel maupun transportasi. Karena bukan tidak mungkin bantuan bisa datang lewat mereka saat Anda kebingungan karena kehilangan paspor

1 comment:

  1. Belum punya paspor. Tapi bisa dijadikan acuan saat nanti ke luar negeri. Heheh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^