Social Icons

27 Dec 2015

Beli Rumah di Pinggir Jalan? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Memiliki properti sebagai investasi adalah langkah yang tepat. Ini didasarkan dari perhitungan secara bisnis dimana nilai jual rumah akan terus meningkat apalagi bila berada di lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan. Membuka berbagai jenis usaha maupun untuk kebutuhan administrasi sangat mudah dilakukan pada posisi ini. Berminat untuk membeli?

Sebagai konsumen, mengetahui secara pasti kelebihan saat membeli rumah di pinggir jalan adalah hal yang wajib dilakukan.  Seperti  jika situasinya padat penduduk dan ramai orang berkendaraan maka sangat cocok dijadikan sebagai tempat usaha. Jika pun tidak dijadikan sebagai tempat tinggal atau usaha sendiri, bisa disewakan kepada mereka yang membutuhkan. Keuntungan per tahunnya akan selalu meningkat dan rumah atau toko pun terawat dengan baik.

Kemudian, dari pihak ketiga dalam hal ini produsen atau brand ternama sering memanfaatkan rumah atau ruko yang ada di pinggiran jalan sebagai tempat iklan atau promosi. Entah itu provider, produk makanan dan lainnya yang biasanya mereka juga memberi kompensasi lebih selain uang. Misalnya memberi warna di seluruh area atau memperbaiki kekurangan fisik bangunan.


Tapi, disamping kelebihannya ada juga kekurangan bila beli rumah di pinggir jalan. Apalagi, bagi mereka yang ingin tinggal bersama keluarga dimana polusi udara bisa dikatakan sangat tinggi akibat kendaraan lalu lalang yang tiada henti. Kemudian, tak sedikit juga penghuni rumah yang merasa terganggu dengan kebisingan yang ditimbulkan. Belum lagi sulitnya memberi kebebasan bagi anak untuk bermain di sekitar rumah karena berbahaya bagi keselamatan mereka. Tak ayal, rumah di pinggir jalan juga mudah menjadi korban amukan massa bila terjadi huru hara. 

Nah, dengan melihat kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan, alangkah baiknya mempertimbangkan dengan baik saat beli rumah di pinggir jalan. Diskusi dengan pasangan atau bila perlu keluarga adalah langkah yang tepat agar dapat mengantisipasi masalah yang timbul nantinya.

Sebagai saran dalam membeli rumah atau toko yang berada di pinggir jalan, sebaiknya pelajari terlebih dahulu tentang lokasi, bentuk serta tujuannya. Dengan demikian, Anda dengan mudah memutuskan apakah cocok atau tidak dan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, rumah atau ruko tidak dijadikan sebagai tempat tinggal, maka menemukan penyewa dengan waktu cepat bisa dilakukan sejak dini.

Atau, bila memutuskan untuk memakainya sebagai tempat usaha pelajari dulu pasar yang ada di sekitar rumah atau ruko. Bagaimana dengan situasi yang terjadi baik pada siang atau malam hari, kemudian adakah layanan yang mendukung usaha dan sebagainya.

Semakin detail Anda mempelajarinya, maka akan semakin jelas model serta lokasi mana rumah yang akan dibeli. Bila dirasa masih kurang yakin dengan pilihan, sebaiknya gunakan pihak ketiga dalam hal ini broker properti yang terpercaya dan berpengalaman pastinya.

2 comments:

  1. Rumah dekat jalan lebih mudah diakses ya, mba. Tapi juga ada kekurangannya, banyak kendaraan lewat hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku belum beli. Tapi untungnya rumahku pinggir jalan, heheh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^