Social Icons

26 Oct 2015

Khasiat Kunir Asem

Khasiat Kunir Asem. Pasti sudah banyak yang tau tentang jamu tradisional yang satu ini. Terutama para wanita, karena jamu ini dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Di rumah, kami sering banget membuat jamu ini. Rasanya kalau rutin mengonsumsi jamu ini seger di badan. Harapan menurunkan berat badan sih ada tapi gak begitu besar, karena sudah bisa terima kenyataan hehe. Kita mengkonsumsi jamu ini lebih untuk menjaga stamina, karena pekerjaan kadang mengharuskan pulang malam atau luar kota.

Terkadang kami berimprovisasi tidak hanya kunir dan asem serta gula jawa saja, tapi jahe dan beberapa jenis daun-daunnan juga dimasukkan di racikan ini. Walhasil kita berdua jarang banget sakit, kalau agak-agak meriang langsung deh dihantam aja jamu ini. Seger lagi dueh.

Pengalaman terakhir waktu minum jamu ini, ketika saya lagi sakit flu dan batuk berat. Rasanya badan sakit semua. Kepala pusing, tenggorokan gatel, masih hidung mampet. Saya bukan tipe orang yang suka ke dokter, karena itu langsung buat kunir asem sekuali penuh, jamu ini kukonsumsi sekitar 3 jam sekali satu gelas. Ternyata selama 2 hari berturut-turut seperti itu, pilek dan batuk hilang tak berbekas, wow banget kan.

Senin kemarin kaki si adik sobek kena plat mobil yang parkir (hati-hati to nduk), ia langsung sms minta dibuatin kunir asem, karena kunir kan mengandung antibiotik. Jadi keinget cerita guru SD dulu ketika dukun beranak jaman dulu menolong persalinan, tali puser bayi dipotong menggunakan sebilah bambu yang dipotong tipis dan tajam (seperti pisau) serta dilumuri kunir. Hmmm nenek moyang kita walau tidak tahu kandungan dalam obat-obat tradisional sudah mempraktekan dengan baik ya.

Kunir asem juga bisa untuk mengurangi atau menghilangkan bau badan yang kuran sedap lho. Kadang kan kita merasa gak nyaman kalau berkeringat berlebih, tahu dong kalau Indonesia ini iklimnya tropis, keringatan hal yang biasa. Jadi kadang gak percaya diri, takutnya bau badan mengganggu orang sekitar kan. Coba deh konsumsi jamu ini.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami, kami bisa mengurangi obat-obat kimia masuk ke dalam tubuh. Walau memang dibutuhkan lebih banyak kerja keras untuk menyiapkan bahan-bahannya. Harus telaten, kata orang-orang. Padahal sebenarnya gak ribet kok, tinggal kupas-kupas, potong-potong, rebus. Jadi deh. Karena agak ngeri juga kan ya minum obat-obatan pabrik terus

Apa yang ada di alam, pasti diciptakan berguna oleh Allah Swt. Jadi, mari kita gunakan kekayaan alam ini dengan sebaik-baiknya.

Suka minum jamu teman? Apa jamu yang biasa kamu konsumsi?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^