Social Icons

20 Jun 2020

5 Hal yang Harus Jadi Kebiasaan di Era New Normal

Sejak dokter Reisa Broto Asmoro ikut menjadi juru bicara Gugus Covid 19 dan mengumumkan bahwa Indonesia memasuki era new normal life, saya mulai mempersiapkan diri untuk masuk kerja lagi. Saya mulai ngantor sekitar 2 minggu lalu. Setelah ngendon cuma di rumah selama kurang lebih 3 bulan. Menghadapi situasi new normal ini jujur saja membuat saya cukup nervous. Padahal dulu sebelum pandemi mah kerja ya kerja aja ya, gak kepikiran aneh-aneh. Sekarang banyak hal yang harus disiapkan ketika memasuki babak baru dalam perjalanan memerangi pandemi covid 19 ini. 



Malam sebelum hari keberangkatan perdana, saya mulai mempersiapkan "alat perang" untuk membentengi diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sehari dua hari berangkat kerja, agak kagok juga dengan hal-hal baru yang perlu pembiasaan.

Apa saja sih kebiasaan baru sejak diterapkan new normal di negara kita? Ini beberapa hal yang saya lakukan:

1. Memakai masker

Duh, gak pernah kebayang sebelumnya bakal maskeran sepanjang hari ya. Bahkan dulu ketika membonceng ojol, beberapa kali saya menolak ketika ditawari masker. Selain merasa sesak, tujuan saya juga tidak terlalu jauh. Jadi biar saja maskernya buat yang lebih butuh. 

Ketika new normal ini, saya tidak hanya memakai masker, bahkan juga menyiapkan masker cadangan di dalam tas. Yah, mungkin saja masker yang saya pakai kotor atau memang butuh diganti. 

Memakai masker seharian penuh selama di luar rumah lumayan deh perjuangannya apalagi pas turun naik tangga di kantor. Ambegane menggeh-menggeh haha. Belum lagi karena berkacamata, dengan memakai masker kadang membuat kacamata saya berembun.

2. Hand Sanitizer dan tisu basah anti-bacterial

Dua barang ini saya siapkan di tas dengan posisi sangat mudah dijangkau dalam kondisi apa pun. Biasanya setiap tas ada kantong-kantong luar kan, nah saya menempatkannya di sini. 

Begitu saya dari luar atau memegang sesuatu yang bukan milik saya, saya akan bergegas mengambil tisu basah untuk membersihkan tangan dan kemudian menyemprotkan hand sanitizer. 

Padahal dulu saya paling males pakai hand sanitizer karena setelah pemakaikan akan berasa lengket-lengket. Sekali lagi perlu pembiasaan.

3. Berhati-hati menyentuh barang umum

Bahkan di kantor pun harus selalu ingat utk tidak bertindak sembrono dalam penggunaan alat umum atau milik bersama. Saat ini yang sudah saya lakukan antara lain, seperti: menggunakan siku untuk membuka pintu atau memencet tombol lift. Awalnya kagok tapi lama- lama terbiasa. Oh ya, saat naik dan turun tangga pun tidak memegang pinggiran tangga.

4. Membawa helm dan sarung tangan sendiri

Sebagai pengguna ojol, saya juga membawa helm sendiri serta memakai sarung tangan. Kagok juga awalnya, mana banyak banget bawaannya. Tapi tetap harus dibiasakan.

5. Membawa bekal dan meminum vitamin

Sebenarnya membawa bekal untuk sarapan sudah sering, tapi sekarang harus membawa bekal untuk seharian penuh. Demi kesehatan apa pun lah dilakukan ya.

Saya juga mulai rutin minum vitamin untuk menjaga stamina. Tidak lupa meminum jamu empon-empon juga

5 hal diatas perlu banget buat pembiasaan selama ner normal ini. Kalau kamu ada tidak kebiasaan baru selama new normal ini?

3 comments:

  1. Semua hal sudah saya lakukan, kecuali poin nomor 5 masih belum :)

    ReplyDelete
  2. iya bener banget, ada rasa waswas gitu. tapi semoga kita senantiasa sehat, jangan lupa jaga kebersihan dan kesehatan semua

    ReplyDelete
  3. SR SEWA SOFA | SOLUSI RENTAL EQUIPMENT adalah tempat terbaik dan terlengkap dalam penyediaan kebutuhan perlengkapan acara Anda
    SR Sewa Sofa Menyewakan Alat Pesta | Sofa | Roder | Puff | Tenda | Barstool
    Kami siap melayani kebutuhan dan Perlengkapan Pesta dan seluruh acara anda
    Layanan Customer 24 Jam untuk area Jabodetabek
    Alamat: Jl. Surya Kencana Jl. Gelatik, RT.02/RW.06, Pamulang Bar., Kec. Pamulang,
    Kota Tangerang Selatan
    081210205552| solusirentalequipment@gmail.com
    website : sr-sewasofa.com
    © 2020 sewatenda | Developed by Solusi Rental Equipment

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^