Social Icons

9 Oct 2017

Tidak Hanya Menyegarkan, 3 Minuman Tradisional Ini Juga Menyehatkan

Tidak Hanya Menyegarkan, 3 Minuman Tradisional Ini Juga Menyehatkan. Cuaca di Indonesia dari tahun ke tahun rasanya makin panas aja. Apalagi bagi kita-kita yang tinggal di kota-kota besar yang padat kendaraan, banyak pabrik, dan nggak punya hutan. Jangankan jam 12.00, jam 10.00 pagi aja matahari rasanya udah terik banget, bikin berkeringat dan haus.



Kalo di Indonesia, enggak peduli siang, malam, musim hujan apalagi musim panas, enaknya emang minum yang seger-seger. Tapi ingat! Jangan cuma nyari segarnya aja, kita juga mikirin kesehatan. Nah, kalau kamu tertarik membuat sendiri minuman segar dan sehat, berikut adalah resep minuman tradisional dan resep minuman modern yang bisa kamu coba.


1. Kunyit asam lemon

Bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan diantaranya adalah:

Kunyit: 4 ruas
Asam jawa: 100 gram
Lemon: 1 buah
Gula merah: 4 sdm
Gula pasir: 3 sdm atau sesuai selera
Air matang: 4 gelas

Cara membuat
a. Bakar atau rebus kunyit, kemudian blender dengan menambahkan segelas air
b. Siapkan panci, lalu masukkan hasil blenderan kunyit tersebut dan tambahkan 3 gelas air.
c. Masukkan juga asam Jawa dan asam. Kemudian rebus hingga mendidih sambil diaduk-aduk
d. Setelah mendidih, angkat lalu saring dan tuangkan ke dalam gelas
e. Tambahkan perasan lemon dan gula-pasir sesuai selera

2. Beras kencur

Minuman tradisional ini pasti sudah nggak asing buat kamu? Selain dikenal menyehatkan, minuman tradisional yang akrab disebut jamu ini juga seger banget, apalagi kalau dihidangkan dalam keadaan dingin.

Cara membuatnya tidak sulit, diantara beberapa bahan yang dibutuhkan adalah:

Beras: 200 gram (rendam selama kurang lebih 3 jam)
Kencur: 200gram
Jahe: 200 gram
Kunyit: 1 buah (ukuran sedang)
Asam jawa
Gula merah: 250 gram
Gula pasir: 2 sdm
Air putih: 1500 ml

Cara membuat


  • Tumbuk hingga halus beras dan bahan-bahan lainnya, atau jika terlalu malas untuk melakukannya, gunakan saja blender
  • Setelah itu, masak bahan-bahan yang sudah ditumbuk sambil ditambahkan gula pasir dan gula merah
  • Setelah mendidih, tuangkan ke dalam wadah sambil disaring
  • Hidangkan dalam keadaan hangat atau dingin


3. Fruit punch

Pada saat cuaca sangat panas, minuman segar lainnya yang cocok untuk dihidangkan adalah fruit punch. Selain segar, minuman ini buatnya juga gampang. Apalagi kalau pas koleksi buah di kulkas sedang lengkap.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat fruit punch diantaranya adalah:

Semangka: setengah buah (bentuk bola-bola)
Melon: setengah buah (bentuk bola-bola)
Kiwi atau nanas: 100 gram (potong kecil-kecil)
Lemon: setengah (Iris tipis-tipis lalu potong kecil-kecil)
Strawberry: 100 gram (iris tipis-tipis)
Straight: 500 ml
Susu: 500 ml jika ada gunakan yang rasa strawberry
Susu kental manis: 4 sdm (tambahan saja)

Cara membuat
  • Siapkan sebuah wadah berukuran besar kemudian masukkan bahan-bahan yang telah disiapkan di atas.
  • Masukkan ke dalam kulkas selama beberapa jam hingga fruit punch dingin dan siap dinikmati.
  • Resep di atas bisa dihidangkan menjadi 6-8 (gelas) porsi


No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^