Social Icons

13 Mar 2017

Ide Membuat Masakan Sehat Sendiri untuk Balita

Balita, terutama yang sudah terbiasa mengkonsumsi makanan padat bisa diberikan berbagai jenis masakan, dari sayur-sayuran hingga berbagai jenis daging dan ikan. Hanya saja,proses pengolahannya yang seringkali menyebabkan makanan-makanan tersebut menjadi kurang sehat. Misalnya,jika Bunda masak sayur untuk si kecil di rumah, kadang-kadang kita kepengen sayur tersebut bisa dikonsumsi tidak ada oleh si kecil, melainkan juga oleh anggota keluarga yang lain. 

Ketika masak untuk orang dewasa, seringkali Bunda menambahkan penyedap yang mengandung MSGke dalam masakan. Yang sayangnya, menambahkan penyedap walaupun hanya sedikit akan membuat masakan menjadi tidak baik bagi kesehatan terutama dalam jangka panjang. 

Menambahkan berbagai penyakit berbahaya, gula,atau bahan-bahan yang dianggap bisa menyebabkan kankerpada makanan balita sangat tidak dianjurkan. Seperti yang kita tahu, gula adalah biang keladi dari kegemukan atau obesitas.Dan obesitas akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan kronisseperti jantung, stroke, diabetes, darah tinggi dan lain-lain.

Jadi saat kita berbicara tentang makanan sehat untuk anak karena kita tidak hanya harus melihat apakah makanan tersebut banyak mengandung vitamin dan mineral, melainkan juga kita harus melihat dampaknya terhadap kesehatan anak di masa yang akan datang. 

Jika bunda sedang mencari-cari ide masakan sehat untuk anak balita di rumah,Bunda bisa mencoba resep bubur sehat berikut ini. 

Ide masakan sehat untuk balita 

Bubur kentang dan brokoli

bubur kentang dan sayuran


Kentang bisa menjadi sumber karbohidrat kompleks yang banyak mengandung nutrisi dan serat. Sedangkan brokoli dianggap sebagai salah satu sayuran terbaik yang bisa dikonsumsi setiap hari. Beberapa manfaat mengkonsumsi brokoli untuk kesehatan diantaranya adalah, sebagai antikanker, kaya antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas, dan juga mengandung vitamin A serta asam folat. 

Cara membuat bubur kentang brokolia. Sediakan terlebih dahulu bahan berikut: 

  • Sediakan 200 gram kentang yang sudah dikupas kemudian dipotong dadu. 
  • Sediakan 40 gram daging ayam tanpa kulit, dan dipotong dadu.
  • Tambahkan 40 gram wortel yang sudah dikupas dan dipotong dadu. 
  • Brokoli secukupnya tentara 20-25 kuntum. Dipotong kecil-kecil. 
  • Sediakan juga 120 ML air.


Cara membuat: 

  • Masukkan air mendidih kedalam wadah (panci)
  • Masukkan juga daging ayam, wortel, dan kentang. 
  • Setelah air mendidih, matikan api, laludiamkan selama 30 menit. 
  • Masukkan brokoli kemudian tutup kembali panci dan diamkan selama 30 menit. 
  • Setelah itu, blender semua bahan-bahan tadi hingga halus. 

Menu sehat bubur kentang brokoli siap untuk dihidangkan.

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^