Social Icons

11 Nov 2016

Kaum Muslimin, Tahukah Anda Manfaat Umroh?

Di dalam agama Islam, umroh dianggap sebagai salah satu ibadah besar yang kurang lebih sama pentingnya dengan ibadah haji. Bahkan di dalam Al-quran, Allah menegaskan bahwa umroh harus disempurnakan. Firman Allah di dalam Al-quran surat Al Baqarah ayat 196, yang artinya, "dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah"

Umroh juga sering disebut-sebut sebagai ibadah haji kecil yang pelaksanaannya bisa kapan saja setiap tahun. Dan menurut para ulama, umroh dianjurkan untuk diulangi beberapa kali. Diantara beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh mereka yang mampu untuk melaksanakan ibadah umrah adalah: 

Allah akan mengabulkan permintaan orang yang beribadah umroh 

Di dalam sebuah hadis, Rasulullah pernah menggambarkan manfaat yang akan didapatkan oleh orang yang melakukan ibadah umroh yaitu: "mereka yang datang untuk melaksanakan haji atau umrah merupakan tamu Allah. Karena mereka mendatangi rumahnya dan memenuhi panggilannya. Oleh karena itu, Allah Ta'ala akan mengabulkan permintaan mereka." 

Dengan kata lain, doa yang mereka panjatkan Insya Allah akan dikabulkan oleh Allah. 


Untuk menghapus dosa 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga pernah bersabda, yang artinya, "sekali umroh merupakan penebusan akan dosa yang dilakukan hingga umroh berikutnya." Ini adalah salah satu dasar para ulama yang mengatakan bahwa umroh dianjurkan untuk dilakukan berkali-kali, tidak hanya satu kali saja. 

Tentu saja hadis di atas merupakan kabar gembira bagi setiap umat muslim. Karena manusia seringkali berbuat salah dan tidak luput dari dosa. Setidaknya, ibadah umroh bisa meringankan atau menghapus sebagian dosa yang mungkin pernah di lakukan karena khilaf.

Allah menjanjikan pahala yang besar 

Umrah apabila dilakukan pada waktu tertentu, terutama pada saat bulan Romadhon, akan diganjar dengan pahala yang kurang lebih sama seperti pahala orang naik haji. 

Dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, yang artinya, "jika Ramadhan tiba, ber-umrah-lah saat itu karena umroh Ramadhan senilai dengan Haji." Hadis tersebut diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam Bukhari. Walaupun sangat dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya di bulan-bulan lain. 

Di Indonesia, waktu yang paling sering digunakan oleh jamaah pergi ke tanah suci untuk ibadah adalah di bulan Desember. Jika anda tertarik untuk pergi di bulan tersebut, jangan lupa mengecek biaya umroh Desember agar tau lebih jelas berapa budget yang harus disediakan. 

Mendapatkan jaminan surga 

Bagi siapapun yang berniat untuk menjalankan umroh “Karena Allah,” dan kemudian di dalam perjalanan yang meninggal, maka Allah akan mempersiapkan surga baginya. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya, "Siapapun yang meninggalkan rumahnya bermaksud melaksanakan haji atau umroh kemudian wafat dalam perjalanan akan langsung masuk surga tanpa pengadilan. Allah berbangga kepada mereka yang melaksanakan tawaf di baitullah."

Itulah beberapa manfaat umroh yang penting untuk diketahui, semoga saja motifasi tersebut membuat kaum muslimin mau dan merasa terpanggil untuk berusaha lebih keras dalam mencari rezeki melalui jalan yang baik agar bisa pergi umroh ke tanah suci Mekah.

2 comments:

  1. Semoga kita semua diberikan kemudahan untuk berangkat umroh ya, Mbak

    ReplyDelete
  2. Amin.. mudah-mudahan Allah kasih kemudahan bisa berangkat kesana

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^