Social Icons

29 Nov 2016

Biarpun Masih Muda, Cek Kesehatan Itu Perlu, Ini Alasannya



Kesehatan itu mahal harganya, tetapi kalau sakit itu lebih mahal lagi. Karena kita harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk berobat. Oleh sebab itu mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sebagai langkah pencegahan, melakukan medical check up sejak dini dapat mengetahui kondisi kesehatan kita sekaligus dapat mendeteksi penyakit sejak dini.

Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia, apabila tidak ada keluhan yang dirasakan oleh tubuhnya, maka mereka menganggap tubuhnya dalam kondisi sehat. Padahal tidak semua penyakit menunjukkan gejalanya di awal. Kadang ada penyakit yang baru terasa saat sudah dalam kondisi parah, seperti penyakit diabetes dan hipertensi.

Medical check up adalah tindakan pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan serta mendiagnosa dan mendeteksi dini gejala penyakit yang ditemukan. Oleh karena itu penting melakukan medical check up sejak masih muda dan secara rutin. Karena kebanyakan orang jarang melakukan medical check up karena beberapa penyebab, antara lain anggapan bahwa melakukan medical check up biayanya mahal, menganggapnya kurang penting, dan anggapan bahwa medical check up hanya dilakukan oleh orang lanjut usia.


Padahal medical check up mempunyai banyak manfaat apabila kita mau melakukannya sejak masih usia muda. Dan secara garis besar manfaat yang didapatkan dari medical check up antara lain :

1.     Mengetahui sejak dini kondisi kesehatan tubuh kita secara terperinci dan mendeteksi penyakit sejak dini.
2.      Mencegah penyakit tersebut agar tidak berkembang dalam tubuh kita.
3.      Bisa melakukan pengobatan secepat mungkin agar penyakit itu tidak bertambah parah.
4.      Dapat menunda atau mencegah terjadinya komplikasi penyakit dalam tubuh kita.
5.     Menghemat biaya pengobatan, karena semakin dini kita mengobati penyakit tersebut, maka biaya pengobatan yang kita keluarkan pun lebih sedikit.
6.      Memperpanjang usia harapan hidup.
7.      Meningkatkan kualitas hidup.

Namun jika tidak pernah melakukan medical check up, maka kita tidak akan pernah tau apakah kondisi tubuh kita benar-benar sehat. Dan saat penyakit sudah parah maka akan sulit diobati dan membutuhkan biaya yang tinggi. Sehingga medical check up yang rutin dilakukan sejak usia muda bisa untuk mendeteksi lebih dini penyakit kita dan kita dapat menindaklanjuti masalah atau kelainan tersebut lebih awal. Juga dapat digunakan sebagai acuan untuk mengontrol pola hidup.

10 comments:

  1. Setuju, Mbak. Lebih baik tahu di awal daripada udah terlambat

    ReplyDelete
  2. Aku setuju. Periksa kondisi kesehatan rutin sejak dini. Apalagi banyak penyakit yang baru ketahuan ketika ngendon dalam jangka panjang

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, sudah diterapkan. :D

    ReplyDelete
  4. Sepertinya harus dijadikan rutinitas baru dan mulai hidup sehat

    ReplyDelete
  5. Yes, karena sehat itu enak, sakit ndak ada enak-enaknya, jadi ayo jangan males yuuuk. Good words, mbaknyaaa.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete
  6. medical check up meskipun kadang takut tapi tei harus dilakukantep must

    ReplyDelete
  7. karena penyakit sekarang udah aneh-aneh dan penyebabnya pun kadang-kadang tidak diketahui, jadi semakin sering cek kesehatan semakin baik ya

    ReplyDelete
  8. Betul sekali mbak, kesehatan memang sangat penting, dan sakit itu rasanya gak enak, apalagi seperti saya yang jauh dari keluarga

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^