Social Icons

16 Nov 2016

Apa Menariknya Sepakbola?

Sepak bola memang identik dengan kaum pria. Akan tetapi sepakbola juga banyak digemari oleh wanita. Tentu ada banyak alasan mengapa seseorang menyukai sepak bola. Namun sebagian besar pria memang menyukai sepak bola karena ini adalah permainan yang didominasi oleh pria.

Sedangkan bagi wanita seperti saya, sepakbola bisa jadi menarik karena pemainnya tampan dan macho, atau karena pasangan menyukai sepak bola dan kemudian karena sering ikut nonton akhirnya ikut-ikutan suka dan punya tim idola. Tentu masih banyak alasan lainnya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda menyukai sepak bola? Apa yang menyebabkan Anda menyukainya? 

Ngomong-ngomong soal sepakbola, di Indonesia ada Liga Indonesia yang belakangan ini sedang mengalami masalah sehingga beberapa kompetisi mengalami kendala yang tentu saja efeknya membuat kita, para penikmat sepakbola di Indonesia harus sedikit bersabar untuk bisa mendukung dan menonton kembali jagoan-jagoan klub beraksi di atas lapangan. 



Selain sepakbola di dalam negeri, sepakbola luar negeri juga tidak kalah menarik. Salah satu yang paling banyak diminati saat ini adalah sepak bola Eropa seperti Liga Inggris, liga Italy, Liga Spanyol, Liga Jerman, dan Liga Belanda. 5 negara tersebut mampu menyuguhkan sepakbola yang atraktif dan menyenangkan sehingga banyak digemari oleh penonton di seluruh dunia. 

Bagi saya sendiri, Liga Inggris memiliki tempat tersendiri karena Liga Inggris terasa sangat kompetitif mulai dari tim-tim yang kecil. Atau bahkan tim-tim promosi kadang-kadang bisa melakukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan oleh tim-tim kecil di negara lain, yaitu memberikan perlawanan maksimal atau bahkan bisa mengalahkan tim besar. 

Walaupun beberapa tim Liga Inggris beberapa tahun belakangan ini mulai jarang berbicara banyak di Liga Eropa (Liga Champion), namun persaingan di papan klasemen yang semakin sulit diprediksi adalah daya tarik yang membuat liga ini semakin banyak digemari. 

Tanpa meremehkan liga-liga yang lain seperti Liga Italy dan Liga Spanyol, Liga Inggris memang terasa lebih greget karena persaingan yang ketat tersebut. Saya sendiri kadang menyaksikan Liga Inggris walaupun tidak semua tim tersebut saya sukai. Sebelum menyaksikan siaran langsung, biasanya saya mengecek jadwal Liga Inggris Okezone untuk memastikan tim apa saja yang akan berlaga atau siapa lawan siapa? Terutama saat ada big match

Perburuan gelar di tahun 2015/16 contohnya, saat itu tidak ada yang menyangka dan memprediksi jika tim kecil yang baru promosi seperti Leicester City akan keluar sebagai kampiun Liga Inggris mengalahkan tim-tim besar seperti Chelsea, Manchester United, Liverpool, Manchester City, hingga Arsenal yang sudah memiliki begitu banyak pengalaman dalam menjuarai Liga Inggris. 

Tahun ini tampaknya Liga Inggris kembali terlihat menyenangkan dan seru, hal tersebut tergambar dari papan klasemen. Beberapa waktu sebelumnya, Manchester City beberapa kali tidak terkalahkan dan tidak tergoyahkan dari puncak Klasemen. Namun belakangan, Liverpool dan Chelsea mulai menyeruak menampilkan permainan atraktif dengan gelontoran gol-gol di setiap pertandingan yang membawa mereka duduk di urutan 1 dan 2 puncak klasemen sementara Liga Inggris. 

Tim besar lainnya seperti Arsenal dan Manchester United, tetap masih memberikan persaingan. Arsenal, walaupun duduk di bangku empat klasemen sementara mulai terlihat lebih kompetitif dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau prediksi saya pribadi sih, rasanya Arsenal akan berbicara banyak musim ini, karena terlihat lebih dewasa dan lebih matang serta memiliki skuad yang kedalamannya lebih mumpuni dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya. Dan tentu saja, peracik tim Arsenal yaitu Arsene Wenger sudah pasti adalah aktor dibalik kekuatan Arsenal yang terus bertambah dari tahun ke tahun. 

Beberapa pelatih terbaik yang berasal dari berbagai negara juga turut meramaikan Liga Inggris sehingga semakin menarik untuk disimak. Datangnya Jose Mourinho ke Manchester United, Pep Guardiola ke Manchester City, dan Antonio Conte yang menangani Chelsea membuat atmosfer Liga Inggris semakin asik untuk disimak. 

Pelatih-pelatih baru yang didatangkan oleh beberapa klub Liga Inggris tersebut membuat beberapa klub yang pada tahun sebelumnya hanya bisa bersaing di papan tengah klasemen liga, saat ini terlihat mulai bertaji lagi. Hal tersebut tentu saja bisa dibuktikan melalui papan klasemen, dimana hingga saat ini Liverpool, Chelsea, dan Manchester City masih berada di 3 besar. 

Seperti tahun sebelumnya, tahun ini saya sendiri masih berharap jika Liga Inggris bisa menghadirkan kejutan-kejutan baru dan menampilkan permainan-permainan seru yang menghibur hingga akhir kompetisi. Ceki-ceki jadwal Liga Inggris Okezone deh supaya gak ketinggalan keseruannya.

3 comments:

  1. Enaknya bola itu, pemainnya ganteng....

    ReplyDelete
  2. Kalau yang nggak ngerti sepak bola seperti saya, pemain bola itu gagah. Kaya Gonzales itu. :D Hehehehee

    ReplyDelete
  3. MU lagi kehilangan taring, Mbak. Kalah atau seri mulu. Saya suka ngeledekin suami karena dia fans MU. Hihihi... Saya suka bola kalau team favorit yg main atau event penting seperti final Liga Champion, piala dunia atau euro :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^