Social Icons

12 Sep 2016

4 Alasan Mengapa Anda Harus Belanja Secara Online

Di jaman yang serba modern seperti sekarang, internet sudah seperti makanan sehari-hari bagi sebagian orang. Seperti kebutuhan premier yang selalu dibutuhkan setiap saat. Sama seperti halnya televisi dan handphone yang terlebih dulu dimiliki oleh semua orang, kini kemudahan dalam melakukan apapun melalui internet menjadi pilihan yang gak bisa ditolok oleh penggunanya. Tidak hanya dari kalangan atas saja, internet bahkan sudah digunakan oleh kalangan bawah.

Eh FYI, Internet menurut Wikipedia adalah (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem globalTransmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan"). 



Mereka yang sudah mulai terbiasa menggunakan internet, akan memilih melakukan kegiatan sehari-harinya dengan cara online. Salah satunya adalah mencukupi kebutuhan-kebutuhan pokok dengan berbelanja secara online. Jika anda adalah pengguna baru, berikut adalah beberapa keuntungan jika anda berbelanja secara online:


1. Waktu yang efisien

Berbeda dengan berbelanja dengan cara datang langsung ke toko-toko atau datang langsung ke mall, berbelanja secara online akan menghemat banyak waktu yang anda miliki. Anda tidak harus meluangkan waktu khusus untuk melakukan kegiatan belanja ini. Dimanapun, kapanpun dan bahkan kita bisa berbelanja tanpa harus keluar rumah. Dengan begitu, waktu yang kita miliki jadi lebih efisien.

2. Berbelanja online Lebih murah

Semua orang pasti akan mempertimbangkan harga ketika akan membeli sesuatu. Dengan berbelanja secara online, anda akan menemukan banyak sekali kupon diskon yang ditawarkan oleh toko online. Selain itu, harga yang ditawarkanpun cenderung lebih murah karena bisa jadi kita membeli dari produsennya langsung tanpa perantara.

3. Banyak pilihan

Dengan berbelanja online, anda juga akan menemukan banyak sekali pilihan barang yang bisa dibeli. Selain itu, banyaknya e-comerce online akan memudahkan anda memilih toko mana yang menjual dengan harga yang lebih terjangkau. Anda hanya perlu mengalihkan mouse atau hanya dengan menggerakkan jari dengan satu kali klik tanpa harus melihat wajah penjual yang kadang sangat menjengkelkan ketika kita meninggalkan tokonya. Pasti sering kan mengalami hal seperti ini.

4. Menjaga privasi

Anda tidak perlu ragu ketika membeli sesuatu yang pribadi jika berbelanja secara online. Misalnya saja, anda ingin memberikan kejutan untuk suami dengan mengenakan pakaian-pakaian tertentu, yang seksi misalnya. Anda tidak perlu malu membeli pakaian tersebut karena harus bertatap muka dengan si penjual.

Tips berbelanja online aman

Meskipun begitu, berbelanja secara online juga memiliki kerugian tersendiri jika anda tidak cermat memilih toko online. Beberapa tips memilih toko online ini akan membantu anda jauh dari penipuan.

Jangan salah memilih toko online

Hal yang perlu anda perhatikan pertama kali adalah, cermat memilih toko online. Meskipun yang kita cari adalah harga terbaik, namun tidak serta merta kita melakukan transaksi dengan toko online yang belum jelas asal-usulnya. Pilihlah toko online yang sudah memiliki nama dan besar seperti blanja.com misalnya. Dengan begitu, keamanan transaksimu akan terjamin dengan baik. Selain itu, toko online seperti blanja.com juga terpercaya karena bermitra dengan perusahaan besar eBay dan Telkom Indonesia.

Melihat review toko online tersebut

Sebelum melakukan transaksi, anda harus melakukan browsing dan mencari review dari pelanggan lain atau pengalaman berbelanja di toko online yang sudah anda pilih. Dengan begitu, anda akan merasa lebih nyaman berbelaja secara online.

Semoga keuntungan-keuntungan berbelanja online diatas tetap membuat anda semakin bijak mengatur keuangan ya.. Semoga bermanfaat.

7 comments:

  1. Belanja diem2 itu asyik. Kaya nggak ada apa2, tinggal tunggu kurir, beres deh

    ReplyDelete
  2. Kalau saya sih agak kapok belanja online, soalnya pernah belanja online tapi barang yg di belinya kurang sesuai dengan yg diharapkan,,

    ReplyDelete
  3. lebih enak belanja online. hihi. ga perlu panas2an, barang dianterin sampai rumah :D

    ReplyDelete
  4. Agar tidak kecewa, pilih tempat belanja online yang menjelaskan spesifikasi barang yang kita beli.

    ReplyDelete
  5. Saya juga sering belanja online, soalnya lumayan hemat waktu,,,

    ReplyDelete
  6. Alasanya yaaaa bisa dilakukan di sela padat jadwal. Kan gak mesti harus ke toko atau pasar :D

    ReplyDelete
  7. Bisa menghemat waktu banyak. Mending browsing ketimbang jalan2 ngiterin mall.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^