Social Icons

23 Sep 2016

Tips Mencari Rumah yang Murah dan Berkualitas

Saat ini, permintaan akan rumah semakin banyak mengingat penduduk Indonesia yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Menurut sensus penduduk tahun 2015, jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 255 juta lebih. Sebuah jumlah yang fantastis tentu saja. Dan akan terus bertambah beberapa tahun kedepan. Bertambahnya jumlah penduduk juga membuat sebagian besar daerah yang padat penduduknya menjadi sangat sempit sehingga menemukan rumah atau lahan yang bisa dibangun rumah menjadi sangat sulit. 



Untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat Indonesia pemerintah sudah mencoba berbagai cara termasuk dengan program perumahan murah. Banyak pengembang yang juga mencoba memberikan solusi bagi mereka yang membutuhkan rumah atau lahan dengan menjual tanah kavling atau perumahan. 

Namun sayangnya, banyak rumah yang dibangun dengan kualitas rumah buruk. Ada banyak developer yang kadang mau untungnya saja tanpa memikirkan kualitas rumah. Agar tidak terjebak, cobalah mencari rumah dengan mengikuti beberapa tips berikut ini. 


Carilah mengembang yang terpercaya. 

Developer yang terpercaya tentu memiliki reputasi yang baik. Rumah-rumah yang telah mereka buat biasanya memiliki kualitas yang baik dan jarang ada keluhan dari pelanggannya. Untuk mendapatkan informasi tersebut, jangan ragu-ragu untuk coba searching di internet dengan mengetikkan kata kunci berdasarkan nama developer dan pengalaman pelanggan yang pernah membeli rumah dari pengembang tersebut. 

Perhatikan lingkungannya.

Kadangkala, banyak perumahan murah yang dibangun di tempat yang tampaknya strategis dan nyaman. Akan tetapi, saat musim hujan datang, banjir seringkali menggenangi tempat tersebut. Sebelum membeli rumah, ada baiknya anda melakukan survei atau setidaknya bertanya pada orang yang tinggal di sekitar tempat tersebut. 

Perhatikan material bangunan yang digunakan

Biasanya, pada saat pengembang menjual rumah, material bangunan yang digunakan tercantum di dalam brosur yang mereka sebarkan. Dengan melihat pilihan material yang digunakan tentu akan dengan mudah bagi kita mengetahui apakah rumah tersebut cukup berkualitas atau tidak. Selain membaca dari brosur, ada baiknya anda juga mengecek langsung kondisi rumah sebelum membeli. 

Pertimbangkan lokasi rumah. 

Rumah yang dibangun di dekat kota atau di tempat-tempat yang strategis seringkali berharga mahal. Jika anda tidak keberatan untuk mencari perumahan yang lokasinya berada di pinggir kota, biasanya perumahan disana dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan rumah-rumah yang berlokasi di tempat-tempat strategis. 


Rumah yang disita oleh bank biasanya akan dilelang. Dan harga rumah yang dilelang umumnya cukup miring, bahkan, tidak sedikit juga yang dihargai dengan sangat murah. Jangan ragu-ragu untuk mencari informasi di bank-bank untuk mengetahui kapan diadakan pelelangan rumah dan informasi lainnya.

1 comment:

  1. Saya kalau lihat-lihat brosur yang pertama kali saya lakukan adalah melihat lokasinya pada peta. Kira-kira berapa lama jaraknya ke tempat-tempat seperti Rumah Sakit dan Kantor Polisi. Kemudian, lihat merk dan bahan bangunan yang dipakai, biar dikemudian hari gak misuh2 gara2 permasalahan pengen rumah murah tapi ga kepengen pake bata merah. Gitu...

    Nice Tips mba Esti :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^