Social Icons

25 Jul 2016

Obyek Wisata Alam dan Budaya Khas Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya berada di jantung kota bumi priangan, Jawa Barat yang diapit oleh wilayah Ciamis, Sumedang dan Garut. Lokasi yang strategi sini turut berperan penting hingga Tasikmalaya menjadi semakin ramai oleh kegiatan bisnis dan pariwisata. Hal   tersebut tentu mendatangkan beragam manfaat,  terutama bertambahnya jumlah wisatawan yang datang.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota, di sekitar obyek wisata juga banyak tersedia sarana pendukung, baik transportasi mau pun akomodasi. Tersedia penginapan dan hotel, untuk melihat beberapa hotel tersebut, anda bisa klik disini

Langsung saja yuk kita intip Kota Tasikmalaya. Berikut adalah pilihan obyek wisata alam dan budaya khas Kota Tasikmalaya yang menarik dan bisa kita kunjungi:

Situ Gede

Danau atau yang biasa disebut Situ Gede ini terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat. Area danau dengan luas mencapai 47 hektar ini cukup dikenal oleh wisatawan domestik dan internasional. Situ Gede juga cukup diminati pengunjung karena memiliki keindahan panorama alam dan ketenangan suasana. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur dengan tenang, nyaman, dan menyingkir sejenak dari keramaian kota. Lokasinya juga berada cukup dekat dengan pusat Kota Tasikmalaya dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.


Sumber: Wikipedia.org

Hal menarik dari danau ini adalah adanya sebuah pulau kecil di tengah danau. Meskipun hanya memiliki luas sekitar 1 hektar, pulau tersebut menjadi pilihan menarik wisatawan untuk dikunjungi. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat sebuah makam Eyang Prabudilaya yang merupakan salah satu tokoh pemuka agama yang cukup dikenal masyarakat sekitar. Untuk menuju ke pulau tersebut, Anda harus menggunakan rakit untuk menyeberang.

Ada cukup banyak fasilitas yang tersedia di sekitar wisata ini. Di dalamnya terdapat fasilitas umum seperti mushola, toilet dan beberapa gazebo serta jogging track yang disediakan untuk para pengunjungnya. Tak sekedar fasilitas bangunan saja, di area wisata ini juga banyak disediakan berbagai makanan olahan khas daerah Tasikmalaya.

Hutan Urug Kawalu

Obyek wisata yang dikenal dengan Rest Area Urug ini terletak di Jalan Tasikmalaya, Kampung Urug, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. Hutan Urug Kawalu ditumbuhi banyak pohon berukuran besar dengan udara yang masih sangat sejuk.  Wilayah ini juga sangat cocok untuk camping dan melakukan kegiatan off road dan outbond yang tak kalah menariknya. 


Sumber: tasikesksis.blogspot.com

Di area hutan ini terdapat jalan yang disediakan untuk pengunjung yang terletak di tengah hutan. Selain kegiatan di tengah alam, wisata ini juga menyediakan tempat pertemuan yang cukup nyaman dan ruang-ruang untuk beristirahat. Hutan Urug Kawalu ini juga dikenal sebagai lokasi arung jeram yang cukup menantang dan menyenangkan.

Ada beragam cara untuk menuju lokasi obyek wisata yang ada di Tasikmalaya. Jika Anda berminat menggunakan kendaraan pribadi, maka sebaiknya siapkan sebaik mungkin stamina Anda dan kondisi kendaraan pribadi Anda. Rute perjalanan dapat ditempuh melalui jalur menuju Kota Tasikmalaya lalu ke arah selatan.

Di Hutan Urug juga terdapat Goa Sarongge yang memuat koloni kelelawar, namun lokasi ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000 saja. Kawasan ini lebih sering digunakan untuk berbagai kegiatan secara masal.

Mata Air Tanjung Kawalu

Mata air Tanjung ini berada di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Kawalu. Selain dikenal sebagai pusatnya pembuatan bordir di Tasikmalaya, Kecamatan Kawalu juga cukup populer dengan keberadaan sumber mata air alaminya. Mata air ini mengandung mineral yang berperan penting untuk kesehatan. Masyarakat Tasikmalaya memanfaatkannya sebagai campuran olahan pembuatan ketupat. Sebagian besar dari mereka percaya bahwa campuran mata air Tanjung ini bisa menambah cita rasa dan kelezatan olahan makanan yang dibuat. 

Wisata Budaya Sunda

Tasikmalaya memang mempunyai daya tarik istimewa karena dikenal sebagai daerah yang mempunyai berbagai potensi pariwisata yang menarik. Budaya Sunda dan berbagai kerajinan daerah ini juga sudah sangat melekat di hati para pecinta bordir Tasikmalaya. Bahkan saat ini, produk lokal tersebut telah merambah pasar luar negeri. Selain itu, ada juga kelom geulis atau sendal berbahan kayu dengan pilihan corak dan warna yang lucu juga menarik. Produk sejenis lainnya adalah payung geulis yang sudah sangat akrab dan menjadi salah satu ikon masyarakat Jawa Barat.


Sumber: kerajinan.id

Beberapa wisata budaya sekaligus belanja di kota ini adalah kelom Kawalu dan sentra bordir. Jika Anda ingin tampil gaya dengan model yang anti mainstream, Tasikmalaya jadi tempat wisata belanja paling pas untuk Anda. Ada beragam tas lucu dan menarik serta kelom geulis untuk para perempuan. Kelom geulis ini banyak ditemukan di Jalan Tamansari, Gobras, Tasikmalaya.

Kota Tasikmalaya saat ini juga semakin ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara karena ditetapkan sebagai lokasi berlangsungnya festival rutin tahunan hingga bertaraf internasional. Beberapa acara tersebut antara lain Tasik Festifal (TAFFEST), Festival Kuliner Tasikmalaya, dan yang tak kalah menarik Festival Craft and Culture Festival yang menghadirkan beragam karya khasseni-budaya Tasikmalaya.

Di Kecamatan Kawalu, atau lebih tepatnya Kelurahan Tanjung juga menjadi salah satu ikon utama dan lokasi pusat belanja hiasan bordir khas kota Tasikmalaya yang paling dikenal. Hiasan bordir ini menjadi salah satu produk unggulan yang juga diproduksi oleh hampir semua wilayah, baik di Kota maupun Kabupaten Tasikmalaya.

Tidak hanya hiasan bordir pada kain biasa, bordir ini juga diaplikasikan ke dalam berbagai produk mukena dengan beragam corak dan warna. Bahkan untuk saat ini, produksi hiasan ini telah merambah pasar internasional dan telah tersebar di negara-negara Asia termasuk kawasan Timur Tengah.

Jika mereka saja punya kesempatan membeli dan menikmati keindahan alam Tasikmalaya, Anda yang berada dekat dengan daerah ini tentu tak mau melewatkannya juga. Masih banyak pesona dan keunikan Kota Tasikmalaya lainnya yang bisa kita datangi. Yang jelas, mari kita jaga dan cintai kekayaan alam, budaya dan kreasi anak bangsa. 

1 comment:

  1. Masih banyak loh destinasi wisata lainnya. Masih asri dan belum banyak di ketahui orang.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^