Social Icons

23 Dec 2015

Ketahui Penyebab Mengapa Tak Bisa Nikmati Liburan Murah

Siapa sih yang tidak ingin pergi ke satu daerah atau negara dan menikmati pemandangan indah dengan udara sejuk tapi murah. Pertanyaannya, apa mungkin? Mengingat mata uang rupiah sedang melemah sepertinya sangat sulit untuk didapat karena sudah pasti ada lonjakan harga. Mulai dari tiket, penginapan atau akomodasi lainnya.

Fakta diatas bisa jadi benar adanya namun bukan berarti Anda tidak menikmatinya dengan harga terjangkau. Apalagi, saat ini banyak sekali penawaran yang memungkinkan liburan menjadi murah tanpa mengurangi fasilitas. Hanya saja, penyebab berikut ini kerap selalu ada sehingga liburan murah hanyalah sekedar mimpi :

Kurang Mengalokasikan Uang

Banyaknya lokasi wisata yang bisa dilihat membuat Anda harus benar benar merancang anggaran pengeluaran untuk tujuan tersebut. Sayangnya, ini hanya diatas kertas saja karena kenyataannya Anda menghabiskan semua uang untuk bersenang senang. Alhasil, selesai liburan barulah disadari bahwa begitu banyak pengeluaran yang sebenarnya masih bisa disiasati seperti tiket, transportasi dan sebagainya.


Kurang Menggali Referensi

Kelebihan backpacker dibanding mereka yang menggunakan layanan travel adalah giat mencari informasi dan salah satunya adalah internet. Mereka rela tidur hingga larut malam hanya sekedar mencari promo tiket yang bisa jadi diumumkan pada dini hari. Untuk itu, carilah terus data atau referensi yang bisa membuat liburan menjadi lebih murah dengan berburu paket wisata murah, hotel hingga tiket.

Say No to Guest House

Meskipun promo hotel terus gencar dilakukan oleh pihak manajemen, namun tetap saja biaya yang dibutuhkan cukup mahal dibandingkan dengan guest house atau sejenisnya. Nah, liburan akan tetap terasa mahal hanya karena Anda selalu memilih hotel dan hotel alias tidak mau menginap selain di situ. Belum lagi ada tambahan biaya untuk penggunaan fasilitas tambahan entah itu extra bed dan lainnya. 

Tidak Disiplin Menabung

Rencana liburan yang sudah direncanakan jauh jauh hari tidak akan terelisasi jika Anda tak segera menabung. Dengan menyimpan dana khusus untuk liburan akan membuat perjalanan semakin mudah terwujud. Hanya saja, dibutuhkan komitmen dan disiplin tinggi karena selama prakteknya kerap dihadapkan dengan berbagai kendala mulai dari kebutuhan sehari hari seperti biaya sekolah hingga belanja rumah tangga.

Memaksakan Jadwal

Liburan di saat high season tentu memiliki beragam kemungkinan mulai dari kenaikan harga tiket, hotel dan akomodasi lainnya. Ada baiknya Anda menunda untuk jadwal keberangkatan sampai saat dimana harga untuk berbagai fasilitas tersebut sedang murah. Misalnya saja, Anda dan sekeluarga bisa berangkat setelah 3 hari Lebaran atau Tahun Baru yang dipastikan tidak akan mengurangi makna liburan itu sendiri.

Tidak sulit bukan liburan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya? Mau ikutan untuk mencoba?

4 comments:

  1. Perlu dicontek tipsnya. Gagal mulu nih mau liburan :(

    ReplyDelete
  2. Dari semua tips diatas, paling susah disiplin menabung,,

    ReplyDelete
  3. Harus dicatat ni, biar bisa liburan yg lebih happy,,

    ReplyDelete
  4. Bener banget kalau sudah di tempat liburan, pengeluaran suka tidak terkontrol,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^