Social Icons

28 Dec 2015

5 Alasan Mengapa Nursing Room Diperlukan di Tempat Umum

Dulu saya tidak begitu perduli dengan yang namanya nursing room, ya karena belum membutuhkan ya. Kalau untuk diri sendiri buat bersih-bersih cukup pakai toilet saja. Akan tetapi, setelah memiliki bayi, hal pertama yang perlu saya pikirkan kalau mau mengajak baby Andhin keluar rumah untuk berjalan-jalan adalah nanti kalau dia butuh nenen atau pas dia pup ada tempat untuk bersih-bersih gak. Kalau mau pakai toilet juga gak mungkin, selain higienitasnya juga pasti sulit untuk mengganti popok di toilet. Ribet lah yau.

Saya pribadi pernah menggunakan ruang laktasi di sebuah rumah sakit ibu dan anak (RSIA), karena ketika antri untuk imunisasi baby Andhin dan sudah waktunya mimik ASI, si baby sudah gelisah saja, dan saat itu saya langsung bertanya dimana saya bisa menyusui dengan tenang. Diantarlah saya ke ruang laktasi RSIA tersebut, oh ya ampun, ruangan itu hanya sebuah ruangan kecil dengan 2 kursi dan 1 meja kecil, posisinya terjepit diantara ruang-ruang perawatan lain dan yah yang mengkhawatirkan baunya pengap karena lembap menandakan sirkulasi udara yang kurang bagus. Walau pun AC (air conditioner) sudah dinyalakan tetap saja pengap.


Pengalaman lain yang tak kalah kurang mengenakan adalah ketika kami berbelanja bulanan di satu mall, baby Andhin rewel karena haus, karena tidak terdapat nursing room di mall tersebut, saya langsung menuju parkiran untuk menyusui baby Andhin di dalam mobil. Apa yang terjadi? Andhin tambah rewel dan tetap gak mau minum karena mobil panas luar biasa, ya iya lah di parkiran dari tadi gitu kan. Akhirnya saya menelpon suami dan suami langsung ke kasir saat itu juga dan kita cus pulang.

Berawal dari pengalaman tersebut, saya jadi mikir-mikir kalau mau mengajak baby keluar rumah. Adanya malah kita panik karena dia rewel . Disusuin dulu sebelum pergi juga gak ngefek ya, namanya bayi kalau haus ya nangis, kasian kan. Apalagi kalau pup tidak langsung dibersihkan, bisa-bisa kena penyakit kulit hiiiiy jangan sampai deh. Karena itulah saya berpendapat bahwa nursing room di tempat umum itu penting sekali. Ini nih 5 alasan menurut versi saya:

  • 1.       Sebagai tempat menyusui : saat ini kan sedang digalakan gerakan pro ASI di Indonesia, jadi pasti banyak ibu-ibu yang perlu nursing room untuk menyusui bayi mereka.  Gak asik banget kalau lihat bayi nagis karena haus dan lapar >,<
  • 2.       Untuk memerah ASI : kadang ketika belanja tetiba aja kita butuh untuk memerah PD yang terasa penuh, kalau tidak segera dikosongkan bisa sakit banget dan fatalnya bisa terkena mastitis atau radang kelenjar susu karena saluran ASI yang tersumbat
  • 3.       Sebagai tempat mengganti popok : iya, emang mau ya bekas popok yang ada pup dibuang ke sembarang tempat sampah di Mall, selain gak ilok kalau orang Jawa bilang, kan omzet Mall bisa berkurang hehe
  • 4.     Sebagai tempat berganti baju bagi balita: namanya anak-anak pasti ada saatnya tetiba suka main yang membuat bajunya kotor kan, nah kalau mau ganti di toilet juga gak enak, enak kan kalau ganti di nursing room, lebih private kan?
  • 5.       Tempat beristirahat sejebak nagi Ibu dan balita: kadang kan ya anak rewel karena suasana yang belum begitu dia kenal, dan ada baiknya ngadem di tempat yang tenang dulu, nah disini adanya nursing room juga gak kalah penting.


Apa saja yang harus ada di nursing room sehingga bisa memenuhi kebutuhan ibu dan balita?
  • a.       Tempat duduk atau kursi untuk menyusui dan beristirahat
  • b.      Meja untuk meletakan barang
  • c.       Meja utuk mengganti popok bagi bayi di bawah setahun
  • d.      Wastafel
  • e.      Tempat sampah
  • f.        Tempat yang nyaman dan dekorasi yang menarik

Sayangnya nursing  room ini masih jadi barang langka di Semarang. Jarang sekali ada nursing room di tempat umum. Setahu saya baru 2 Mall yang menyediakan dan di bandara. Masih sedikit sekali bukan. Nah, Cussons Baby sebagai brand yang sejak dulu memang peduli terhadap kebutuhan bayi, saat ini sedang mengadakan Cussons Bintang Kecil 4 (#CBK 4), dimana Cussons Baby akan mendonasikan Rp 500 untuk setiap anak yang mengikuti kompetisi CBK4 guna membangun nursing room di lokasi umum. Kapan lagi bisa berkompetisi sekaligus berdonasi kalau tidak di CBK 4 ini. Hadiahnya banyak lho.



Info lengkap mengenai Cussons Baby bisa dibaca pada channel social media berikut
-              FB:  https://www.facebook.com/CussonsMumMe.Id/
-              TW: https://twitter.com/cussonsmumme_id
-              Web : http://cbk.cussonsbaby.co.id/

Apakah temans atau kerabatmu pernah memakai nursing room selama ini?

16 comments:

  1. Betul mbaak, sekarang udah banyak sih mall yang nyediain nursing room. Di solo juga ada beberapa yang udh pernah saya coba pake dan lumayan lah ya kondisinya. Pernah juga waktu ke bandara terus sambil nunggu delay, terpaksa gradak gruduk nanyain ruang nursing room. Untung waktu itu nursing roomnya pas sepi jadi bisa leluasa nunggu delay sambil nemenin anak main di situ.
    Yang susah itu kalau ke museum atau ke restoran. Beuh. Grudak gruduk nyari nursing room juga ga bakal nemu x__x

    ReplyDelete
  2. Iya nih aku juga ngerasa bgt klo anaksh nyusu tuh susah klp diajak pergi. Meski aku klo nyusuin anaknya tas masukin krudung jd aman. Tp tetep aja kasian anaknya

    ReplyDelete
  3. lebih leluasa kalau menyusui di nursing room ya

    ReplyDelete
  4. seharusnya nursing room ada dimana-mana...misalnya stasiun..dan lainnya..., terkadang disediakan tapi gak bersih..gak dirawat..cuma ala kadarnya dan sekedar ada..

    ReplyDelete
  5. nursing room emang sekarang udah banyak sih tapi ya masih seadanya aja. minim fasilitas. paling cuma kamar kecil dipojokan gitu. di Changi tu mbak nursing room nya joss banget betah deh nyusuin disitu

    ReplyDelete
  6. Setujuuuu...

    Kan lebih aman buat para ibu dan juga bayinya

    ReplyDelete
  7. Jaman saya punya bayi blm ada tuh nursing room. Untung selalu pakai jilbab yg nutup dada jadi bisa tetep nyusuin meski di tempat umum.

    ReplyDelete
  8. Sedih kalau melihat anak sampai nangis karena haus. . .

    ReplyDelete
  9. nursing room penting bgt dan membantu sekali buat ibu 2 yg py baby atau anak kecil ..

    ReplyDelete
  10. aku selalu bawa nursing cover :) sampai pesan di temanku biar kainnya adem dan modelnya bisa ngintip bayi hehe

    ReplyDelete
  11. setuju banget ada nursing room y mbak...jadi anak dan ibu bisa tetep dekat..

    ReplyDelete
  12. harusnya public place memperlakukan dan memfasilitasi nursing room sebaik mungkin ya mba esti. Eh cubit pipi chubby Andhien..fotocopi ayah 95% ya mbak :D

    ReplyDelete
  13. Saya juga butuh nursing room kalo sudah pegal keliling ngitari mall, hehe.. sambil nyusui atau ganti popok anak bisa sekalian meluruskan kaki...

    ReplyDelete
  14. Andin udah gede yaaa, ayoo diajak kopdar, dimana ya tempat kopdar yang ada nursing roomnya hehehe.

    ReplyDelete
  15. Iya mbak Esti setuju. Bagi ibu-ibu yang punya bayi memang nursing room sangat diperlukan tapi tempatnya juga harus memadai dan nyaman, bukan asal-asalan saja... :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^