Social Icons

9 Oct 2015

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pada Sandwich

Sandwich Blueband Untuk Vegetarian
Sandwich Vegetarian

Penganan makanan roti lapis yang disebut dengan istilah sandwich tampaknya semakin banyak digemari orang. Salah satu faktor yang menyebabkannya mungkin karena kepraktisan proses pembuatan penganan tersebut sehingga lebih cepat untuk dihidangkan. Roti lapis meskipun tergolong makanan cepat saji namun memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Sebuah roti lapis biasanya terdiri dari roti gandum yang diisi oleh isian menyehatkan seperti selada, irisan tomat, telur rebus, keju, dan lain sebagainya.

Untuk sebuah sandwich yang terdiri dari roti gandum dan komposisi filling atau isian seperti yang disebutkan di atas memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi kaya manfaat yang tersimpan di dalamnnya seperti :


1.  Roti Gandum


     Roti gandum pada roti lapis merupakan sumber energi utama berkat kandungan 80 kalori di dalamnya. Selain kalori pada roti gandum juga tersimpan vitamin B, serat, zat besi, magnesium, dan folat. Vitamin B yang terkandung dalam roti gandum memiliki manfaat untuk mendorong metabolism energi. Sedangkan kandungan zat besinya membantu dan mensuplai oksigen dalam tubuh yang dapat berefek pada kesegaran tubuh. Untuk seratnya berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

2.  Keju



Dalam keju mengandung beberapa gizi dan nutrisi penting seperti protein, lemak, vitamin A, vitamin B 12, vitamin D, kalsium, dan folat, dan kalori. Fosfor, kalsium, kalori, serta vitamin D memiliki manfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan gigi maupun tulang. Kandungan folatnya penting dalam proses metabolism zat gizi yang baik untuk tubuh.

3.  Selada

Jenis sayuran hijau memang telah terbukti banyak memiliki nilai manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi. Pada selada yang terdapat pada roti lapis terkandung kadar kalori sebanyak 5 kalori. Selain kalori selada juga kaya akan kandungan serat, kalium, vitamin C, beta karoten, folat, dan zat antioksidan. Serat berpengaruh besar dalam menjaga kesehatan pencernaan sehingga dapat membantu untuk terhindar dari serangan sembelit.

4.   4.  Telur

Telur seperti yang telah diketahui banyak orang merupakan sumber protein tinggi yang dapat digunakan tubuh untuk suplai energi, meningkatkan imunitas, serta membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Selain protein dalam telur juga terkandung vitamin A, vitamin B, vitamin D, asam amino essensial, zat besi serta seng.

5.   5.  Tomat

Tomat merupakan sumber vitamin C, betakaroten, kalium, kalori, serta likopen. Kandungan likopen dalam tomat terbilang tinggi yang berfungsi sebagai anti oksidan untuk menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh.


Artikel Terikait: Sumber:http://www.blueband.co.id/cerita/nikmatnya-sandwich-ala-vegetarian-untuk-sarapan-pagi/

3 comments:

  1. Aku dulu bingung antara sandwich sama burger *maklum ndeso
    tapi rasanya mirip2 beda dikit dan sama-sama kenyang
    *jadi inget punya roti gandum bingung mau expired diapain

    ReplyDelete
  2. inget pertama makan nyicip sandwich pas SMA.., dibawain sama bapakku..
    sampai takjub lho roti sama sayur aja bisa enak banget he..he.., maklumlah orang desa he..he..

    ReplyDelete
  3. Ahaha...jadi inget waktu hamil anak pertama. Selama berbulan-bulan makan sandwich. Seringnya isi keju atau telur, plus tomat dan selada. Nasi?Jauh-jauh deh :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^