Social Icons

24 Sep 2015

Kenali Gejala Penyakit Diabetes Sejak Dini

Apa itu penyakit diabetes? Diabetes adalah penyakit yang timbul karena kadar glukosa dalam darah yang berlebihan sehingga menyebabkan insulin dalam tubuh tidak bekerja dengan baik. Penyakit diabetes atau lebih sering dikenal dengan kencing manis ini memiliki 2 tipe, yaitu diabetes tipe 1 disebabkan karena tubuh tidak mampu menghasilkan insulin dan diabetes tipe 2 disebabkan karena onsulin mengalami resistance atau insulin yang dihasilkan kadang bekerjak ada yang tidak. Walau memiliki 2 tipe namun diabetes yang sering menyerang adalah diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 biasanya menyerang orang tua namun pada masa sekarang sudah sering dialami oleh anak muda berumur 20- 25 tahun. Oleh karena itu mengenali gejala penyakitdiabetes sejak dini sangat dianjurkan.

Penyakit tidak menular, salah satunya penyakit diabetes, merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit yang disebabkan oleh malfungsi dari hormon insulin ini telah merenggut banyak nyawa, sementara usia penderita penyakit ini semakin lama telah mencapai usia dewasa tua (45 tahun ke atas). Telah diketahui pula bahwa penyakit turunan ini tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikendalikan. Oleh sebab itu, mengenal gejala penyakit diabetes sejak dini dapat meningkatkan kesadaran akan perlunya pengendalian berkelanjutan untuk penyakit ini.


Begitu banyaknya gelaja awal penyakit diabetes ini sehingga kita perlu mengenal secara baik agar tidak terlambat. Berikut beberapa gejala penyakit diabetes adalah mati rasa atau kesemutan di tangan mau pun kaki, lebih sering buang air kecil, berat badan meningkat padahal nafsu makan bertambah, penglihatan mulai kabur atau buram yang bisa menyebabkan kebutaan permanen jika gula darah tetap tinggi, proses pemulihan luka yang lambat dan gangguan pada gusi yang sangat rentan dialami oleh penderita diabetes. Begitu banyaknya gejala penyakit diabetes bisa membantu kita untuk mengenali lebih awal dan menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

Beberapa gejala penyakit diabetes yang bersifat klasik sulit ditentukan sebagai gejala positif diabetes, misalnya saja sering buang air kecil, sering merasa haus, sering merasa lapar, mudah lelah, danpada diabetes tipe tertentu dapat menyebabkan penurunan berat badan. Setelah dalam jangka waktu tertentu gejala penyakit diabetes tersebut tidak ditangani, maka akan muncul gejala yang lebih kompleks seperti sering mengalami kesemutan, gangguan pada mata, kardiovaskuler, ginjal, bahkan gangguan sistem saraf. Gejala yang tampak secara langsung misalnya gelapnya kulit sekitar leher dan luka yang sulit sembuh.

Gejala penyakit diabetes juga dapat secara spesifik muncul pada wanita, misalnya munculnya keputihan secara berulang, bahkan menyebabkan infeksi karena kelembaban vagina yang cukup tinggi, aliran darah yang tidak lancar karena adanya gangguna hormonal, terganggunya sistem reproduksi, dan kadar kolesterol yang tinggi, bahkan melebihi pria.

Jika seseorang memiliki keturunan penyakit diabetes dan telah mengalami gejala awal, maka segera periksa kadar gula darah dalam tubuh. Menghindari hal-hal yang dapat memicu peningkatan gula darah merupakan jalan terbaik untuk mengendalikan penyakit diabetes.

5 comments:

  1. Iya harus jaga pola makan, yang manis manis memang enak, tapi buntutnya kurang enak...

    ReplyDelete
  2. Semoga kita selalu menjaga kesehatan ya Mbak Esti sehinggga terhindar dari diabetes. Bahkan sekarang usia pengidap semakin muda, katanya Mbak :)

    ReplyDelete
  3. Tetangga ada bberapa yg diabetes. Kasihan. Krn sll berobat. Harus makan obat terus tiap hari. Mgkin krn levelnya sudah tinggi kalik, ya.

    ReplyDelete
  4. penyakit diabetes memang sangat mengerikan, jika tidak segera di atasi

    ReplyDelete
  5. Semoga kita di jauhkan dari penyakit ini amin.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^