Social Icons

25 Sep 2015

Menghemat Biaya Pernikahan


Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar pernikahan impian Anda bisa tercipta tanpa harus mengeluarkan biaya “wah”.

Rumah Pun Bisa!

Menggelar pernikahan tidak harus di tempat yang mewah. Rumah sendiri pun bisa disulap menjadi tempat acara yang indah tergantung bagaimana Anda mendekorasinya. Dengan menggelar pernikahan di rumah, Anda bisa menghemat biaya.  

Gedung Tidak Harus Mewah dan Strategis

Kalaupun terpaksa menggelar pernikahan di gedung, pilihannya tidak selalu pada gedung yang berlokasi strategis dan mewah. Anda bisa pula memilih gedung yang tidak disewakan secara komersial seperti balai warga atau gedung olahraga di sekitar rumah Anda. Perlu diingat, tujuan diadakannya acara pernikahan di gedung adalah agar semua tamu yang diundang bisa masuk dan mengikuti acara. Selain itu agar kedua calon mempelai tidak terlalu repot dan susah menyiapkan tempat.  Sebaiknya pilih waktu pelaksanaannya pada siang hari, mengingat biaya akan menjadi relatif lebih murah dalam hal penyediaan listrik.

Menyewa, Bukan Membeli Pakaian Pengantin

Akan lebih menghemat jika Anda memilih menyewa baju pengantin. Namun jika keputusan Anda ingin membeli baju pengantin (baik gaun, kebaya, jas atau beskap), sebaiknya pilih dari bahan yang tidak terlalu mahal namun tetap terlihat bagus dan elegan. Selain itu, pilih model yang bisa dipakai lagi untuk kesempatan lain. Demikian pula dengan aksesoris pengantin seperti sepatu, perhiasan, kain, dan sebagainya. Anda pun bisa memakai atau meminjam perlengkapan pernikahan dari ibu atau mertua Anda. Misalnya gaun atau kebaya pengantin yang pernah mereka pakai.

Membatasi Jumlah Tamu

Membatasi jumlah tamu akan mengurangi biaya pernikahan. Pilih dengan baik siapa saja yang akan Anda undang. Mulailah dari yang terdekat seperti keluarga, teman, hingga relasi dan rekan kerja Anda.  

Makanan yang Bervariasi

Tidak perlu banyak-banyak memesan makanan. Yang penting bervariasi. Daripada terlalu banyak menaruh makanan di meja, lebih baik menyiapkan tempat makanan secara terpisah dengan menu yang berbeda dan dalam jumlah banyak. Selain mengurangi antrian, para tamu yang datang juga tidak akan merasakan kehabisan makanan karena bervariasinya makanan.

Undangan dan Suvenir yang Personal

Anda bisa mendesain sendiri undangan di komputer kemudian menyerahkan ke percetakan dan dicetak dengan kertas yang tidak terlalu mahal. Demikian pula dengan suvenir yang bisa Anda buat beberapa bulan sebelumnya. Misalnya kipas, potpourri, notes dan masih banyak lagi.  

MC dan Entertainment

Meminta teman, keluarga atau kerabat Anda untuk menjadi MC di hari pernikahan bisa mengurangi biaya. Anda bisa juga meminta bantuan mereka untuk menyumbang tenaga. Misalnya jika ada teman yang pandai menari atau menyanyi, mintalah ia untuk menari atau menyanyi di hari pernikahan Anda.

Foto dan Video

Pernikahan adalah momen yang paling berharga. Karena itu, dibutuhkan seorang fotografer dan videografer untuk merekam hari istimewa ini. Minta teman yang memiliki peralatan lengkap dan berpengalaman dalam bidang fotografi dan videografi untuk menjadi fotografer dari seluruh acara pernikahan.

Wedding Organizer

Agar praktis, Anda bisa memanfaatkan jasa wedding organizer. Pertimbangannya, wedding organizer tidak hanya membantu pada saat hari H-nya saja, tapi juga membantu menyiapkannya jauh-jauh hari. Memang ada tambahan biaya, tapi kalau pekerjaan yang mereka lakukan banyak membantu Anda, tidak menjadi soal. Dan bukan tidak mungkin dari keseluruhan total biaya yang Anda keluarkan justru Anda bisa menghematnya, mulai dari hemat biaya mondar-mandir pesan pernak-pernik pernikahan, sampai dengan biaya yang tidak terlihat seperti hemat tenaga, waktu dan fisik Anda.

Ambil Sistem Paket

Sebagian dari Anda mungkin merencanakan pernikahan dengan anggaran terbatas. Artinya Anda tidak mau pusing-pusing menghitung biaya yang harus dikeluarkan tiap item, seperti undangan, dekorasi, gedung, katering dan sebagainya. Daripada pusing memilih undangan, suvenir, fotografer, menu, dan sebagainya, lebih baik pilih paket yang mencakup keseluruhan. Bahkan, adapula paket pernikahan yang juga mencakup bulan madu. Anda bisa lebih hemat tak hanya dari segi biaya, tapi juga tenaga dan waktu.

2 comments:

  1. HuUm, dokumentasi penting bgttt.
    Btw, di sini WO masih jarang. :D

    ReplyDelete
  2. tapi kadang sistem paket banyak kurangnya..yang ada nambah item..tapi emang hemat sih ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^