Social Icons

16 Sep 2015

Cara Mengajukan KPR agar Cepat Disetujui Pihak Bank


Bagi Anda yang ingin memiliki rumah idaman dengan budget yang terbatas mungkin KPR bisa menjadi pilihan yang tepat. KPR atau kredit pemilikan rumah ini bisa digunakan karena mengingat harga rumah yang terus meningkat sehingga tidak memungkinkan untuk membelinya secara langsung. Namun, pada dasarnya pengajuan KPR ke bank juga harus disertai kemampuan finansial yang cukup memadai agar dapat dengan mudah disetujui oleh bank. Banyak kasus yang terjadi orang yang memaksakan untuk mengajukan kredit tetapi tidak didukung oleh kemampuan finansial yang cukup dan akhirnya pihak bank menolak untuk menyetujuinya. Berikut ini akan dijelaskan cara mengajukan KPR agar dengan mudah disetujui oleh pihak bank dan akhirnya dapat segera memiliki rumah idaman.


Cara mengajukan KPR memang tidak praktis dan harus melewati beberapa tahap. Pada dasarnya suatu bank akan menerapkan beberapa syarat yang harus dipatuhi oleh setiap pemohon KPR dan salah satu syaratnya adalah melengkapi dokumen yang terkait dengan peforma finansial. Beberapa persyaratan lainnya adalah rekening koran. Maksudnya bank akan melihat pada catatan rekening tabungan sebagai bukti terhadap penghasilan masuk serta aliran keuangan di setiap bulannya. Catatan penting lainnya seperti simpanlah uang gaji tunai di bank yang akan dituju sebagai pengajuan KPR karena mengajukan kredit di bank di mana Anda memiliki rekening tersebut nantinya akan lebih mudah. Setelah itu lengkapilah beberapa dokumen pribadi yang dibutuhkan seperti fotocopy KTP dan KK, NPWP, buku nikah, slip gaji, surat keterangan bekerja bagi yang pegawai, serta rekening koran tabungan 3 bulan terakhir.

Tak hanya berhenti di situ saja, ada beberapa dokumen lagi yang harus dilengkapi sebagai syarat pengajuan KPR yakni dokumen rumah yang akan dibeli. Beberapa dokumen tersebut seperti salinan izin mendirikan bangunan (IMB), salinan sertifikat tanah, dan salinan surat tanda jadi dari pihak pengembang maupun penjual rumah yang menyetujui penjualan rumah tersebut. Cara mengajukan KPR memang lumayan mudah terutama di bank BTN. Mengajukan KPR melalui bank BTN rasanya lebih mudah dibandingkan dengan bank lainnya karena bank BTN tidak mempermasalahkan track record calon nasabah terhadap pembayaran kartu kredit di bank lainnya. Untuk itu, pengajuan KPR di bank BTN memang menjadi cara yang tepat untuk segera memiliki rumah idaman.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^