Social Icons

28 Jun 2015

Mencicipi Wedang Ronde Asli Salatiga

Salatiga itu kota kecil dan jaraknya dekat dengan Semarang, jadi terkadang kantor mengadakan kegiatan di salah satu hotel di sana. Jadi ya saya sering bolak balik Semarang - Salatiga. Walau kota kecil, Salatiga ini surga makanan enak lho, mulai sate kambing, sate ayam, beragam cemilan sampai aneka wedang.

Yang tidak boleh terlewat ketika melewati atau singgah di Salatiga adalah wedang ronde. Ada loh satu jalan dimana kalau sore hari sepanjang jalan itu penuh dengan penjual wedang ronde, jadi sampai berjejer-jejer gitu. Tapi jangan tanya nama jalannya ya, saya cuma tahu tempatnya tapi gak ngeh itu di jalan mana hehe Kalau sampai sana tinggal pilih saja mau menikmati wedang di mana semuanya dijamin enak kok. 

Lalu, apa istimewanya wedang ronde Salatiga ini? Bukannya wedang ronde sama semua ya? Saya tidak bisa menjelaskan secara komposisi bumbu ya, kalau dilihat dari penampakannya sama kok seperti wedang ronde biasa yang kita temui di tempat lain. Isinya ya cuma kacang, kolang-kaling, agar-agar dan bulatan rondenya. Cuma ya itu rasanya beda banget sama tempat lain. Bikin nagih banget. Jahenya kerasa tapi gak terlalu tajam, jadi tetap hangat di badan. Kuah jahenya cenderung bening, kan ada wedang ronde yang kuahnya agak keruh kan ya. 


Wedang ronde Salatiga
Wedang ronde emang cocok dinikmati saat sore atau malam hari, pas cuaca dingin apalagi, nikmat banget. Jadi mungkin memang bukan hanya wedang rondenya yang enak tapi suasana dan cuaca yang mendukung. Salatiga kan kotanya berhawa sejuk apalagi kalau malam hari, waduh dingin banget, enak kan cari yang hangat-hangat gitu. Biasanya sih sambil lesehan di warung tenda kalau mau menikmati di malam hari. Ditemani dengan gorengan hangat, wah tambah nikmat tuh.

Kalau pas batuk atau flu juga sangat membantu dalam proses penyembuhan lho kalau mengonsumsi wedang ronde. Jahenya bisa menghangatkan badan yang emang lagi meriang dangdut. Seger rasanya. 

Kalau di Salatiga sempatkan mampir ya untuk menikmati wedang ronde yang nikmat ini.

3 comments:

  1. Bner nih...ga semua wedang ronde enak... yg aku suka kalo jahe ttp terasa, tp ga nyengat, dan ada rasa manis... prnh tuh minum wedang ronde yg jahenya strong bgt trs rada pahit pula.. -__-..

    ReplyDelete
  2. boleh dicoba nih, kapan kpan mampir ke salatiga, buat nyicipin wedang rondenya

    ReplyDelete
  3. Wedangnya maknyus. Cocok sama udara dingin Salatiga ya, mba.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^